Kapan Hari Pahlawan Mulai Ditetapkan? Ini Sejarahnya 

0
137

Kapan Hari Pahlawan – Kapan hari pahlawan itu pertama kali diperingati seringkali menjadi pertanyaan. Meski setiap tahun peringatan ini rutin dilakukan, namun tak jarang juga orang belum mengetahui pasti sejarahnya.

Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November. Peringatan ini mengenang peristiwa 10 November 1945, dimana militer Indonesia melawan tentara sekutu yakni Inggris dan Belanda di Surabaya.

Peristiwa itu menewaskan sekitar 6 ribu sampai 16 ribu pejuang Indonesia. Atas perjuangan itu maka 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan sebagaimana tercantum dalam Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Sobat Cahaya Islam, Hari Pahlawan adalah hari penting bagi bangsa Indonesia. Banyak jiwa yang rela berkorban demi memerdekakan tanah airnya dari keserakahan penjajah. Sebagai umat muslim sudah semestinya kita memanjatkan doa untuk para pahlawan. Perilaku ini pun dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

 

5 Cara Menghargai Jasa Pahlawan

Pahlawan adalah orang yang begitu besar jasanya bagi bangsa Indonesia. Mereka membela negara dengan mempertaruhkan nyawanya, bahkan tercatat pada 10 November 1945 sekitar 6000 pahlawan tewas di medan perang.

Untuk itu kita patut menghargai jasa-jasanya. Berikut ini cara menghargai jasa pahlawan

  1. Cinta Tanah Air

Sebagai warga negara yang baik kita tentunya akan menghargai jasa pahlawan. Hal sederhana adalah memiliki cinta untuk tanah air. Contohnya kita memakmurkan negara kita dengan memanfaatkan apa yang dimiliki Indonesia dengan baik dan benar. Serta tidak merusak kekayaan alam Indonesia.

  1. Giat Belajar

Selain memberikan dampak positif bagi diri sendiri, giat belajar juga adalah salah satu bentuk cara kita menghargai jasa pahlawan. Dengan giat belajar kita bisa tahu ilmu dengan luas, terlebih lagi dengan prestasi kita bisa mengharumkan nama Indonesia.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ

Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).” (HR. Muslim no. 2664).

  1. Menghargai Perbedaan

Indonesia terdiri dari beragam macam suku, budaya dan agama. Namun meskipun begitu, sebagai warga yang baik kita perlu menghargai perbedaan. Perbedaanlah yang menyatukan bangsa Indonesia dan menjadi ciri khas di mata dunia. Ini adalah salah satu cara kita menghargai jasa pahlawan.

  1. Mengaplikasikan Nilai Pancasila

Seperti diketahui, Pancasila adalah pedoman bagi bangsa Indonesia. Artinya kita harus mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan. Mengikuti nilai-nilai Pancasila bisa menjadikan bangsa Indonesia tetap rukun. Hal ini juga dijadikan sebagai cara untuk meneruskan perjuangan pahlawan terdahulu.

  1. Bangga Pakai Produk Lokal

Di jaman saat ini Indonesia disinggahi banyak produk asing. Namun sebagai warga negara yang baik, kita perlu membiasakan diri mencintai produk lokal.

Dengan menggunakan produk lokal, kita sama dengan mendukung perekonomian rakyat Indonesia. Ini adalah salah satu cara yang saat ini sulit dilakukan, namun harus dibiasakan sejak saat ini.

Demikianlah sejarah kapan Hari Pahlawan mulai ditetapkan dan bagaimana doa untuk dipanjatkan kepada para pahlawan. Serta cara menghargai jasa pahlawan yang bisa dilakukan di kehidupan sehari-hari. Semoga pahlawan banga Indonesia yang telah gugur ditempatkan di sisi Allah SWT, Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY