Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023: 3 Konsep Pelestarian Lingkungan Menurut Islam

0
365
Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 – Di dunia banyak sekali peringatan yang berguna untuk menyadarkan manusia akan lingkungan hidup. Salah satunya yaitu Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023.

Sesuai dengan namanya, hari tersebut ada untuk menyadarkan banyak orang tentang pentingnya lingkungan hidup. Apalagi, keadaan bumi semakin memprihatinkan akibat keserakahan manusia.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023

Sebagai informasi, Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 atau World Environment Day rutin diperingati setiap tanggal 5 Juni. Peringatan tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1972 silam.

Pihak yang menetapkan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia mulai hadir yaitu PBB ketika Konferensi Stockholm. Di setiap tahunnya, banyak orang merayakan HLH dengan tema berbeda-beda.

Di tahun 2023 ini, perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengusung tema berupa Beat Plastic Pollution. Adapun ini merupakan seruan untuk bertindak agar menangani sampah plastik.

Selain itu, tema tersebut juga merupakan seruan untuk mencari solusi tentang polusi plastik. Di momen Peringatan HLH tahun 2023 ini, KLHK atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengisi dengan bermacam kegiatan.

Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 sejatinya patut didukung oleh banyak pihak. Bukan tanpa sebab, isu yang berkembang di dunia baru-baru ini berkaitan dengan kerusakan alam yang cukup tinggi.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Tak sedikit manusia yang justru merusak SDA di bumi untuk kepentingan pribadi maupun kelompok tertentu. Padahal islam adalah agama yang mengajarkan manusia untuk menjaga bumi dan melestarikan sumber daya di dalamnya.

Allah SWT juga sudah memperingatkan manusia agar tidak berbuat kerusakan di bumi, apalagi sampai membuatnya tak layak menjadi tempat tinggal.

Konsep Pelestarian Lingkungan Menurut Islam

Sobat Cahaya Islam, sejatinya ada 3 konsep praktik konservasi alam di dalam islam yang bisa menghindari pengrusakan alam. Berikut ini ada penjelasan konsep tersebut menurut Fachruddin M Mangunjaya dalam bukunya yang berjudul Konservasi Alam dalam Islam:

1.       Ilhya Al Mawat

Konsep pertama ada Ilhya Al Mawat yaitu mengelola lahan produktif yang sudah terlantar. Melalui cara tersebut, memungkinkan adanya manfaat baik untuk satwa hidup, manusia, serta lingkungan di bumi.

Di dalam islam, Ilhya Al Mawat hukumnya boleh. Hal ini tertuang dalam sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

 “Barangsiapa yang menghidupkan (menggarap) tanah yang mati (tidak bertuan), maka tanah itu menjadi miliknya.”[Diriwayatkan oleh Ahmad, no. 14226 dan at-Tirmidzi, no. 1379. Hadits ini termasuk hadits shahih]

2.       Hima’

Berikutnya ada konsep Hima’ yaitu kawasan yang dilindungi oleh aparat penegak hukum serta pemerintah. Konsep tersebut bisa pihak terkait jalankan atas dasar syariat untuk melestarikan kehidupan liar dan hutan.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Nabi Muhammad SAW juga pernah mencagarkan daerah sekitar Madinah sebagai Hima’. Saat itu hima’ berguna untuk melindungi padang rumput, lembah, dan tumbuhan di dalamnya.

Rasulullah SAW bersada:

لا حمي إلالله و لر سو له

“Tidak ada hima’ kecuali milik Allah dan Rasulnya” (Riwayat Al-Bukhar no. 2197)

3.       Harim

Terakhir ada Harim yaitu lahan atau daerah yang berisi sumber air dan harus berada dalam perlindungan. Bentuk harim bisa berupa mata air, sumur, ngarai, sungai, dan masih banyak lagi.

Alasan disebut harim karena terdapat larangan untuk pemakaian pribadi selain demi kepentingan umum. Karena itulah, perlunya perlindungan karena sumber air merupakan kebutuhan semua orang.

Allah sudah memperingatkan manusia untuk tidak merusak bumi. Sebaliknya, manusia perlu menjaga, melestarikan, serta melindungi bumi supaya kembali ke jalan yang benar.

Hal ini sejalan dengan:

ظَهَرَ ٱلۡفَسَادُ فِي ٱلۡبَرِّ وَٱلۡبَحۡرِ بِمَا كَسَبَتۡ أَيۡدِي ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعۡضَ ٱلَّذِي عَمِلُواْ لَعَلَّهُمۡ يَرۡجِعُونَ

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (Q.S Ar Rum ayat 41)

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa konsep pelestarian lingkungan yang penting untuk Sobat ketahui. Semoga saja dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, manusia tidak lagi merusak alam berlebihan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY