Doa Shalat Tarawih Beserta Tata Cara dan Keutamaannya

0
119
doa shalat tarawih

Doa Shalat Tarawih – Amalan ibadah bulan Ramadhan di malam hari ialah shalat tarawih. Biasanya shalat tarawih dikerjakan secara berjamaah di mushola atau di masjid. Shalat tarawih pertama kali dilakukan oleh Rasulullah pada bulan Ramadhan tahun ke 2 Hijriah. Kadang Rasulullah melaksanakan tarawih di rumah.

Doa shalat tarawih, niat shalat dan tata caranya harus Sobat Cahaya Islam ketahui. Berikut akan kami uraikan penjelasan mengenai doa sholat tarawih, tata cara, dan keutamaannya.

doa shalat tarawih

Tata Cara dan Doa Shalat Tarawih

Shalat tarawih bisa dikerjakan secara sendiri maupun berjamaah. Tetapi shalat tarawih lebih utama jika dilaksanakan secara berjamaah. Shalat tarawih dilakukan pada waktu setelah shalat isya, sebelum shalat witir, hingga waktu fajar.

Dalam pengerjaannya, shalat tarawih dilaksanakan dengan jumlah 8 rakaat atau 20 rakaat. Dilakukan tiap 2 rakaat atau 4 rakaat. Dan ulama telah sepakat bahwa di sela-sela rakaat tersebut disyariatkan untuk duduk istirahat. Seperti arti tarawih secara bahasa yang memiliki makna istirahat.

Mana yang benar 8 rakaat atau 20 rakaat?

Banyak debat mengenai jumlah shalat tarawih yang benar, antara 8 rakaat atau 20 rakaat. Rasulullah dulu mengerjakan tarawih sebanyak 8 rakaat. Sedangkat 20 rakaat dilakukan oleh Umar bin Khatab, seorang khulafaur rasyidin dan sahabat Rasulullah. Sebenarnya soal jumlah shalat tarawih tidak perlu dipertentangkan. Semuanya sah, kalaupun tarawih 20 rakaat tidak ada larangan melakukannya.

Soal sikap mau berapa jumlah rakaat shalat tarawih, Sobat Cahaya Islam perlu tahu dan memahami sabda Rasulullah SAW sebagai berikut:

“Maka wajib bagi kamu berpegang kepada sunnahku dan sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah, dan giggitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama), karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat. (H.R Abu Dawud, no. 4607; Tirmidzi, 2676; ad-Darimi; Ahmad; dan lainnya dari al-‘Irbadh bin Sariyah).

Shalat tarawih memiliki tata cara yang sama seperti shalat sunnah lainnya. Berikut adalah urutan tata cara dan doa shalat tarawih yang benar:

  1. Membaca Niat Shalat Tarawih

Ada tiga jenis niat, dibedakan berdasarkan posisi seseorang dalam melaksanakannya. Pertama, niat jika shalat sendirian: “Usholli sunnatat taroowihi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala”. Kedua, niat jika shalat sebagai makmum saat berjamaah: “Usholli sunnatat taroowihi rak’ataini mustaqbilal qiblati ma’muuman lillahi ta’ala”. Ketiga, niat shalat sketika menjadi imam: “Usholli sunnatat taroowihi rak’ataini mustaqbilal qiblati imamaman lillahi ta’ala.

doa shalat tarawih

  1. Takbiratul Ihram, doa iftitah, surat al-fatihah, surat-surat pendek, ruku’, I’tidal, dst.
  2. Setiap selesai 2 rakaat, diakhiri dengan salam
  3. Setelah shalat tarawih selesai, dilanjutkan dengan shalat witir, biasanya sebanyak 3 rakaat dengan dua salam.

doa shalat tarawih

Keutamaan Shalat tarawih

Banyak keutamaan-keutamaan dari shalat tarawih di tiap malamnya, berikut ini adalah:

  • Mengerjakan shalat tarawih di malam pertama bulan ramadhan maka dosa-dosanya akan diampuni.
  • Allah akan memberikan rizki serta kebaikan dunia dan akhirat kepada yang mengerjakan shalat tarawih.
  • Para malaikat akan bersholawat dan menjaganya di Arsy dan kursin-Nya.
  • Allah akan memberi pahala para syuhada untuk orang-orang yang beramal sholih.
  • Allah akan mengabulkan permintaan dan doa yang dipanjatkan oleh orang-orang yang mengerjakan shalat tarawih.

Itulah doa shalat tarawih, tata cara dan keutamaan-keutamaannya. Sobat Cahaya Islam, jangan sia-siakan ramadhan tahun ini dengan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Tingkatkan amalan-amalan sholih di bulan suci ramadhan.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY