Mengagungkan Allah SWT dengan Tunduk pada PerintahNya; Bukti Ketaatan

0
53
mengagungkan Allah SWT dengan tunduk pada perintahNya

Mengagungkan Allah SWT dengan tunduk pada perintahNya – Sobat Cahaya Islam, mengagungkan Allah SWT dengan tunduk pada perintahNya merupakan sebuah bentuk ketaatan dan keimanan seorang mukmin.

Umat Islam memiliki kewajiban untuk selalu mengagungkan asma Allah dan taat kepada perintahNya. Hal ini selalu dicontohkan oleh baginda Rasul dalam berbagai kegiatan yang beliau laksanakan. 

Bentuk Taat dan Mengagungkan Allah SWT dengan Tunduk Pada PerintahNya

Allah SWT memiliki nama yang baik dalam Asmaul Husna, salah satunya adalah Al Azim yang artinya ialah Maha Agung. Keagungan Allah SWT harus kita yakini sebagai bentuk ketaatan dan keimanan sebagaimana tertuang dalam QS Al Hajj ayat 32 berikut ini,

ذٰلِكَ وَمَنْ يُّعَظِّمْ شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ فَاِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوْبِ

Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya hal itu timbul dari ketakwaan hati.” (Q.S Al Hajj:32)

Mengagungkan Allah SWT dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Tidak Lalai dalam Melaksanakan Ibadah

Salah satu bentuk ketaatan umat yaitu mengagungkan Allah SWT dengan tunduk pada perintahNya. Salah satu perintah Allah yang wajib ditatati yaitu tidak lalai dalam melaksanakan ibadah.

Jangan menunda sholat karena sholat adalah media umat Islam untuk berkomunikasi langsung denga Allah. Tunaikan ibadah puasa dibulan Ramadhan dan berzakat dengan ikhlas sebagai bentuk kepatuhan kepada Allah SWT.

2. Selalu Menjalankan Perintah dan Menjauhi LaranganNya

mengagungkan Allah SWT dengan tunduk pada perintahNya

Kepatuhan terhadap perintah Allah dapat dilakukan dalam berbagai aspek. Memiliki sopan santun yang baik, berbakti kepada orangtua, menjaga kualitas ibadah dan senantiasa menghindari perilaku kaum munafik adalah beberapa contohnya.

Syaikh Abdul Aziz bin Baz ra menafsirkan makna agama Islam sebagai,

الاستسلام لله بالتوحيد، والانقياد له بالطاعة، إذلالا وخضوعا

“Berserah diri kepada Allah dengan mentauhidkan-Nya, dan taat serta patuh kepada-Nya, dengan penuh ketundukan dan perendahan diri.”

Islam dimaknai sebagai sebuah ketaatan dan kepatuhan, mentauhidkan Allah dengan menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Hal ini juga tersirat dalam QS Ali Imran ayat 19.

إنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ

“Sesungguhnya agama yang benar di sisi Allah adalah Islam.” [QS. Al Imran: 19].

Allah menegaskan bahwa jika seseorang sudah menjadi  bagian dari Islam, makai a wajib untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya sesuai dengan makna Islam itu sendiri.

3. Selalu Menjaga Akhlak Mulia

Sikap mengagungkan Allah SWT dengan tunduk pada perintahNya ditunjukkan dengan senantiasa menjaga akhlak mulia. Kelak, amalan ini merupakan amalan yang timbangannya paling berat di hari akhir.

Akhlak mulia yang harus dijaga oleh umat Islam yaitu diantaranya yaitu sifat jujur, ikhlas, amanah, bertanggung jawab, menjaga sopan santun dan berbakti kepada orangtua. Dengan menjaga perilaku baik, maka seseorang telah menjaga keimanannya.

4. Mempelajari dan Mengamalkan Al-Quran

Salah satu perintah Allah yang harus dijalani adalah gemar membaca AL Quran dan mengamalkan isinya. Al Quran merupakan pedoman hidup sehingga mempelajarinya merupakan suatu amalan yang sangat baik.

Tidak hanya membacanya saja, namun umat Islam diperintahkan untuk mengamalkan isinya dalam berbagai aspek kehidupan.

5. Bersyukur dan Bertasbih

HIndari sifat kufur nikmat atau ingkar dari nikmat yang telah Allah berikan. Ini merupakan salah satu wujud mengagungkan Allah SWT dengan tunduk pada perintahNya. Ucapkanlah kalimah tasbih “Subhanallah” atau Maha Suci Allah sebagai bentuk pengakuan atas kesempurnaan dan keagungan Allah SWT.

Sobat Cahaya Islami, Allah SWT yang memiliki nama Al Azim dalam untaian Asmaul Husna sangat mencintai umat yang senantiasa patuh kepadaNya. Cara mengagungkan Allah SWT dnegan tunduk pada perintahNya merupakan salah satu bentuk ketaatan dan keimanan sebagai umat Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY