Doa Menyembelih Hewan Qurban untuk Keberkahan Ibadah Idul Adha

0
151
doa menyembelih hewan qurban

Doa Menyembelih Hewan Qurban – Di hari raya Idul Adha, banyak sekali orang yang menyembelih hewan qurban untuk tujuan beribadah. Sayangnya masih sedikit orang yang tahu tentang doa menyembelih hewan qurban.

Padahal, doa ini sangatlah berguna untuk keberkahan penyembelihan hewan qurban. Jika Sobat belum tahu bacaan doanya bisa simak informasi di  bawah ini.

Keutamaan Doa Menyembelih Hewan Qurban

Hari Raya Idul Adha jelas identik dengan ibadah menyembelih hewan qurban. Bahkan masyarakat cenderung lebih familiar dengan istilah Hari Qurban daripada Hari Idul Adha.

Berkurban dengan hewan yang sudah islam tetapkan merupakan salah satu ibadah yang begitu dianjurkan. Bahkan hukumnya adalah sunah muakkad bagi setiap muslim, baligh, berakal, serta mampu berkurban.

Seseorang yang akan menyembelih hewan kurban, ada baiknya berdoa. Terlebih, ada beberapa bacaan doa menyembelih hewan qurban yang bisa dibacakan ketika eksekusi berlangsung.

Doa tersebut sangat berguna untuk mendatangkan keberkahan bagi hewan kurban yang dipotong. Apalagi, islam sangat menganjurkan untuk menyebut nama Allah SWT ketika memotong hewan apapun.

Dengan membaca doa, maka hewan yang disembelih akan menjadi halal dan penuh berkah. Bahkan doa tersebut juga bisa mendatangkan pahala bagi orang yang membacanya sebelum menyembelih.

Bacaan Doa Saat Menyembelih Hewan Qurban

Sobat Cahaya Islam, bagi Sobat yang belum tahu bacaan doa menyembelih hewan qurban tidak perlu khawatir. Berikut ini ada kumpulan doa yang bisa Sobat baca baik sebelum atau ketika menyembelih hewan qurban:

1.       Doa Menyembelih Hewan Qurban dari Nabi Muhammad SAW

Supaya ibadah qurban Sobat mempunyai makna yang sempurna, hendaknya membaca doa ketika penyembelihan berlangsung. Pertama ada doa yang Nabi Muhammad ajarkan kepada umatnya.

doa menyembelih hewan qurban

Doa tersebut bisa menjadi penyemangat bagi Sobat untuk meluruskan niat ketika berqurban. Ketika hendak menyembelih qurban, Nabi Muhammad SAW mensunnahkan untuk membaca doa yang tertuang dalam hadits:

  وَيَبْرُكُ فِي سَوَادٍ, وَيَنْظُرُ فِي سَوَادٍ; لِيُضَحِّيَ بِهِ, فَقَالَ: “اِشْحَذِي اَلْمُدْيَةَ” , ثُمَّ أَخَذَهَا, فَأَضْجَعَهُ, ثُمَّ ذَبَحَهُ, وَقَالَ: “بِسْمِ اَللَّهِ, اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ, وَمِنْ أُمّةِ مُحَمَّدٍ” –

Nabi pernah memerintahkan agar diambilkan gibas (domba jantan) bertanduk, kuku dan perutnya hitam dan sekeliling matanya hitam. Lalu gibas tersebut dibawa ke hadapan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk dijadikan kurban. Beliau pun bersabda, “Asahlah dengan batu pengasah.” Kemudian ‘Aisyah mengasahnya dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaringkan hewan tersebut lalu menyembelihnya. Saat menyembelih, beliau mengucapkan, “Bismillah, Allahumma taqobbal min Muhammad wa aali Muhammad, wa min ummati Muhammad (Artinya: dengan menyebut nama Allah, Ya Allah terimalah kurban ini dari Muhammad, keluarga Muhammad dan umat Muhammad).” (HR. Muslim no. 1967)

2.       Doa Menyembelih Qurban dari Jumhur Ulama

Mayoritas ulama mengatakan bisa juga menggunakan bacaan yang berada dalam ayat:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Ya Rabb kami, terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. Al Baqarah: 127).

3.       Doa Menyembelih Qurban untuk Orang Lain

Ketika Sobat menyembelih hewan qurban untuk orang lain, maka bisa membaca doa berikut ini:

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ مِنْكَ وَ إِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنْ …..

Bismillah Wallahu Akbar, Allahumma minka wa ilaika, Fataqabbal min … (sebut nama shahibul qurban)

[artinya: Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar, Ya Allah, qurban ini dari-Mu dan untuk-Mu, terimalah qurban …] (Sumber: Kifayah Al-Akhyar) 

Bacaan doa tersebut bisa Sobat ucapkan dengan keikhlasan demi mencapai Ridha Allah SWT. Ini sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi:

لَنۡ یَّنَالَ اللّٰہَ لُحُوۡمُہَا وَ لَا دِمَآؤُہَا وَ لٰکِنۡ یَّنَالُہُ التَّقۡوٰی مِنۡکُمۡ ؕ کَذٰلِکَ سَخَّرَہَا لَکُمۡ لِتُکَبِّرُوا اللّٰہَ عَلٰی مَا ہَدٰىکُمۡ ؕ وَ بَشِّرِ الۡمُحۡسِنِیۡنَ

Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah, telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan, berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Hajj ayat 37).

Adab Saat Menyembelih Hewan Qurban

doa menyembelih hewan qurban

Tak hanya membaca doa, terdapat adab-adab yang perlu Sobat perhatikan ketika menyembelih binatang qurban. Berikut ini ada beberapa adab yang bisa Sobat lakukan saat menyembelih hewan qurban:

·         Membuat hewan qurban nyaman dan memperlakukan dengan lembut supaya tetap tenang

·         Tidak bersikap kasar apalagi menyakiti hewan qurban

·         Merebahkan hewan qurban secara perlahan dan berhati-hati

·         Mengasah pisau sebelum menggunakannya dan tidak mengasah pisau tepat di hadapan hewan qurban

·         Jangan membaringkan hewan di sisi kiri

·         Mengucapkan takbir sebelum menyembelih

·         Menghadapkan hewan kurban ke arah kiblat

·         Memperhatikan 3 saluran yakni saluran makan, pernapasan, dan darah ketika menyembelih

·         Melakukan penyembelihan hewan qurban maksimal 3 kali iris

Itulah pembahasan tentang doa menyembelih hewan qurban yang perlu Sobat perhatikan. Semoga saja, di bulan Idul Adha ini, Sobat semua mendapat keberkahan dari Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY