Aktris Shannen Doherty Idap Kanker Payudara, Begini Ikhtiar Mencegahnya dalam Islam

0
207
aktris Shannen Doherty

Aktris Shannen Doherty – Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit yang membahayakan semua orang terutama kaum wanita. Malangnya aktris Shannen Doherty mengidap penyakit mematikan tersebut.

Karena itulah banyak sekali dukungan agar sang aktris sekaligus ikon era 90an Hollywood ini bisa sembuh. Tak jarang doa juga mengalir demi kesembuhan sang aktris agar bisa melawan penyakitnya.

Penyakit Kanker Payudara Aktris Shannen Doherty

Pada tanggal 7 Juni lalu, aktris Shannen Doherty mengungkap fakta mengejutkan tentang penyakit yang ia alami. Bagaimana tidak, ia mengungkapkan penyakit kanker payudara yang dia alami telah menyebar ke bagian otak.

Pada tanggal 5 Januari, Shannen Doherty menyebut hasil CT Scan dirinya menunjukkan ada metastasis di otaknya. Ia membeberkan fakta tersebut lewat postingan di akun Instagram pribadinya yakni @thesando.

Sekedar informasi, metastasis otak merupakan kondisi ketika kanker yang bermula dari sebuah area seperti payudara kemudian menyebar ke bagian otak. Adapun otak merupakan salah satu kasus umum metastasis penyakit kanker payudara.

Dokter pertama kali mendiagnosa penyakit kanker payudara pada Doherty di tahun 2015 lalu. Tepat di tahun 2016, kanker itu sudah menyebar ke bagian kelenjar getah bening.

Kemudian di tahun  2020, ia mengumumkan tumornya sudah kembali ke stadium 4.

Penyakit Kanker dalam Islam

Sobat Cahaya Islam penyakit kanker payudara yang aktris Shannen Doherty idap bisa menjangkit siapa saja. Pasalnya belum ada informasi lebih lanjut tentang penularan atau apa yang menjadi awalan penyakit tersebut.

Dalam islam, Sobat bisa menganggap penyakit kanker adalah salah satu ujian dalam hidup. Tak hanya itu, Sobat juga dapat menganggap bahwa penyakit seperti ini merupakan momen penggugur dosa.

Pasalnya belum ada obat yang menghilangkan penyakit kanker sampai 100 persen. Walaupun begitu, Sobat bisa mengupayakan untuk pencegahan agar tidak terkena penyakit kanker.

Ikhtiar Mencegah Penyakit Kanker Payudara dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, meskipun belum ada obatnya, Sobat bisa berikhtiar untuk mencegah terkena penyakit kanker payudara. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Sobat lakukan agar terhindar dari penyakit kanker dalam islam:

1.       Berdoa kepada Allah

Bentuk ikhtiar pertama yang bisa Sobat lakukan untuk terhindar dari penyakit kanker payudara adalah dengan berdoa. Doa merupakan senjata terampuh bagi orang mukmin.

aktris Shannen Doherty

Dengan berdoa, Sobat bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon untuk dijauhkan dari penyakit berbahaya seperti kanker payudara. Nabi Muhammad mengajarkan banyak sekali doa untuk terhindar dari penyakit berbahaya.

Salah satu doanya yakni:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ

“Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra dan keburukan segala macam penyakit.” (HR. Abu Daud, no. 1554; Ahmad, 3: 192, dari Anas radhiyallahu ‘anhu)

2.       Menjaga Pola Hidup Sehat dan Bersih

Tak hanya berdoa, Sobat juga bisa berikhtiar dengan menjaga pola hidup agar senantiasa bersih dan sehat. Apalagi islam begitu memperhatikan kebersihan dan kesehatan semua umatnya.

Allah SWT pun mencintai orang yang suka menjaga kebersihan dan kesucian. Hal ini sejalan dengan:

 إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya:  “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat, dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” ( Q.S al-Baqarah ayat 222)

3.       Menjaga Pola Makan Senantiasa Sehat

Menurut dokter, sebagian besar penyakit berasal dari konsumsi makanan. Tak heran jika Al Quran menekankan supaya umatnya serius tentang menjaga makanan.

aktris Shannen Doherty

Hal ini tertuang dalam:

فَلْيَنْظُرِ الْاِنْسَانُ اِلٰى طَعَامِهٖٓ ۙ

Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya.” (QS. ‘Abasa Ayat 24)

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa bentuk ikhtiar agar Sobat terhindar dari penyakit mematikan seperti kanker payudara. Semoga saja aktris Shannen Doherty diberi kesembuhan atas penyakitnya tersebut.

                                                                                                                                   

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY