Rezeki Mentahan dan Rezeki Mateng Emang Ada ?

0
21
rezeki mentahan

Ceramah agama – Kalo misalnya kita tanya pada sobat cahayaislam semuanya: sebenernya definisi rezeki itu apa sih? – Tentu pastinya bakalan banyak penjelasan yang muncul dari setiap orang. Dan hal itu tetap saja sah sah saja. Lalu pertanyaan selanjutnya apakah ada rezeki mentahan dan rezeki mateng? sudah tahukah sobat mengenai hal tersebut?

Ada yang memiliki pemikiran bahwa rezeki adalah berupa uang yang kita miliki. Jadi semakin banyak kita memiliki uang, berarti semakin banyak rezeki yang kita dapatkan. Ada pula yang berpikiran bahwa rezeki lebih dari uang dan bahkan tidak bisa dibeli dengan uang. Seperti contohnya kesehatan, keluarga, kebahagiaan, cinta dan sejenisnya.

 إِلَّا عِبَادَ اللَّهِ الْمُخْلَصِينَ

tetapi hamba-hamba Allah yang dibersihkan (dari dosa). [1]

أُولَٰئِكَ لَهُمْ رِزْقٌ مَعْلُومٌ

 Mereka itu memperoleh rezeki yang tertentu, [2]

Konsep rezeki mentahan dan rezeki mateng?

Ada lagi yang seru lho. Beberapa waktu yang lalu tim cahayaislam sempat ngobrol dengan salah satu pengusaha muslim yang ada di Jawa Barat. Beliau memiliki beberapa unit usaha yang sustain dan sudah menghasilkan uang dengan baik. Nah konon ceritanya dia dulu mulai awal bisnis di titik terendah kemudian merangkak menuju puncak.

Kami benar benar terpana dengan apa yang beliau katakan tentang Rezeki dari Allah itu ada dua: yakni rezeki mentahan dan rezeki mateng. Gimana tuh? check dis out:

Rezeki Mateng adalah segala sesuatu yang bersifat baik terjadi kepada kita

Definisi rezeki mateng menurutnya adalah rezeki yang berupa hal kontan bersifat baik terjadi kepada kita. Termasuk uang, keluarga yang bahagia dan tenteram, Bisnis yang lancar dan sebagainya. Maksudnya mateng disini adalah kita sudah langsung mendapatkan kebaikan dari jenis rezeki ini. Tidak sulit untuk kita bisa bersyukur kepada Allah dari rezeki mateng ini. Beda dengan rezeki mentah:

Rezeki mentah adalah hal buruk yang terjadi kepada kita?

Lho kok hal buruk disebutnya rezeki juga sih? Harusnya cobaan dong?! (Kira kira itu respon kita saat itu. Lalu kenapa hal buruk dianggap rezeki mentah oleh beliau? – Ibaratnya kalo makanan berupa sup hangat dianggap Mateng. Kalo kubis, kol, kentang, wortel yang belum diolah jadi sup hangat itulah Mentahannya. 

***

Dari hal hal buruk kita bisa belajar suatu hal berharga. Dari cobaan kita bisa memetik dan mengambil hikmah. Dari peristiwa kurang mengenakkan kita bisa tumbuh menjadi diri yang lebih baik dan lebih kuat. Itulah esensi dari Rezeki mentah yang dimaksud disini.

Anggap saja hal hal buruk yang terjadi dalam hidup kita sebagai bahan mentah yang harus kita olah menjadi sup hangat. Kita bisa belajar sabar dari peristiwa peristiwa yang seharusnya membuat kita marah. Kita bisa belajar mengasihi dari hal yang membuat kita jengkel atau orang yang menyakiti hati kita. Maka dari itu, hal burukpun merupakan rezeki dari Allah. Yang pada intinya Semua yang diberikan olehNya adalah anugerah. – Semoga bermanfaat.


Catatan Kaki

[1] Q.S. As – Saffat (37) ayat 40

[2] Q.S. As – Saffat (37) ayat 41

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!