Doa Berbuka Puasa dan Keutamaan Membacanya Sebelum Berbuka

0
87
Doa Berbuka Puasa dan Keutamaan Membacanya

Doa berbuka puasa – Menjalankan ibadah puasa merupakan kewajiban di bulan Ramadhan. Sehingga semua umat muslim wajib untuk melaksanakannya. Puasa sendiri bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga, namun juga menahan hawa nafsu. Termasuk hal-hal yang bisa mengurangi amalan ibadah puasa yang kita jalankan. Puasa ini dijalankan mulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Dan bukan berarti berpuasa membatasi segala aktivitas dan rutinitas yang harus kita lakukan sebagaimana mestinya. Bekerja misalnya.

Doa Berbuka Puasa Yang Dianjurkan Rasulullah

Pada bulan ramadhan, Allah sungguh murah hati untuk melimpahkan pahala dan berkahNya. Hal ini dikarenakan menahan lapar, dahaga serta hawa nafsu bukan hal yang mudah. Apalagi saat berpuasa kita tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Menjalani pekerjaan yang melelahkan sembari menjalankan ibadah puasa akan memberikan pahala yang lebih lho. Oleh karena itu, tetap semangat menjalankan ibadah puasa ini sangat penting. Kesibukan yang kita jalani juga tidak terasa akan membuat waktu begitu cepat berlalu dan tiba waktunya berbuka puasa.

Anjuran Rasulullah Membaca Doa Berbuka Puasa Sebelum Menyantap Makanan

Doa berbuka puasa merupakan doa yang dipanjatkan sebelum mulai berbuka. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, tentu tidak sabar untuk menyantap makanan yang ada. Apalagi setelah menjalankan pekerjaan yang cukup melelahkan. Namun dalam agama islam, Rasulullah menganjurkan kita untuk memanjatkan doa sebelum mulai menyantap hidangan. Karena ini akan membuat puasa yang kita laksanakan lebih berkah.

Doa Berbuka Puasa Untuk Dilafalkan

Bukan hanya saat berpuasa saja, segala sesuatu yang kita lakukan selalu didampingi dengan tuntunan untuk membaca doa terlebih dahulu. Ini mengajarkan kita untuk memulai sesuatu dengan niat baik dan mengakhiri sesuatu juga dengan yang baik. Itulah manfaat dari memanjatkan doa. Selain itu, doa adalah salah satu kekuatan kita untuk memohon ridho dan memohon segala sesuatu pada Allah SWT.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.(1)

Dalam ayat diatas, dijelaskan bahwa Allah memberikan perintah agar kita berdoa. Begitu juga dalam menjalankan ibadah puasa, niat dan doa adalah hal yang dianjurkan untuk dilakukan. Rasulullah telah memberikan tuntunan doa berbuka untuk dilafalkan semua umat muslim yang menjalankan ibadah puasa agar lebih berkah.

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya-allah ta’ala.

Yang artinya: Duhai Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.

Waktu Yang Tepat Untuk Membaca Doa Berbuka Puasa

Doa Berbuka Puasa Sebelum Menyantap Hidangan

Membaca doa untuk berbuka puasa, bahkan saat ini terkadang masih diperbincangkan. Dikarenakan ada pendapat yang mengatakan bahwa membaca doa berbuka yang benar adalah sebelum berbuka atau menyantap makanan. Namun ada juga yang berpendapat bahwa yang benar adalah membaca setelah berbuka atau menyantap makanan.

Doa berbuka puasa – Sobat cahaya islam, terlepas dari kapan seharusnya membaca doa berbuka. Yang terpenting adalah ibadah puasa yang dijalankan dapat mencapai berkah. Adanya tuntunan yang disunahkan Rasulullah, membaca doa berbuka sebelum menyantap makanan juga bukan hal yang keliru untuk dilakukan. Allah Maha Mengetahui apa yang menjadi niat kita.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Mu’min Ayat 60

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!