Doa Niat Puasa Ramadhan dan Berbuka Sesuai Sunnah Rasulullah

0
90

Doa Niat Puasa Ramadhan – Puasa Ramadhan hukumnya wajib dikerjakan oleh umat muslim. Umat muslim yang memenuhi syarat wajib puasa harus melaksanakan rukun Islam ke 3 ini. Jika tidak mengerjakan ibadah puasa ramadhan, maka hukumnya dosa.

Di bulan ramadhan, Allah Ta’ala melipatgandakan segala bentuk ibadah; sunnah maupun wajib dan amal sholih. Sungguh sangat rugi sekali apabila Sobat Cahaya Islam tidak melakukan amalan ibadah ramadhan.

Bagi yang akan melaksanakan puasa ramadhan, seseorang harus niat dulu. Sebab niat adalah syarat sah puasa. Bagi siapa saja yang tidak niat maka puasanya bisa menjadi tidak sah. Niat artinya memiliki kesungguhan ingin berpuasa. Jika tidak ada niat, kemungkinan tidak puasa sampai waktu maghrib. Di sinilah pentingnya sebuah niat.

Doa niat puasa bisa kita lafalkan maupun cukup di dalam hati. Niat puasa bisa dilakukan setelah shalat tarawih, sebelum sahur,  dan sebelum terbit fajar. Penting sekali untuk niat terlebih dahulu sebelum melakukan ibadah. Sesuai dengan hadist Rasulullah SAW.

Sesungguhnya semua amalan itu terjadi dengan niat, dan setiap orang mendapatkan apa yang dia niatkan. [HR. Bukhâri, no. 1; Muslim, no. 1907]

Niat sebenarnya tidak harus dilafadzkan secara lisan, sobat Cahaya Islam bisa niat puasa ramadhan dalam hati. Asalkan kita memang benar-benar niat berpuasa Lillahi Ta’ala. Insya Allah jika sudah niat maka puasa yang akan dijalani akan lancar.

Kita bisa melafadzkan doa niat puasa ramadhan. Dengan melafalkan doa niat berpuasa kita lebih mantap dalam menjalani puasa sehari penuh. Tidak menjadi suatu masalah sebenarnya apakah niat itu harus dilafalkan atau cukup di dalam hati saja.

Doa Niat Puasa Ramadhan

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta’aala.

Doa niat puasa ramadhan di atas bisa anda baca di waktu setelah tarawih pada malam hari, sebelum atau setelah sahur. Dengan membaca doa niat puasa Ramadhan maka seseorang yang akan akan sungguh-sungguh melaksanakan puasa dari terbit fajar sampai tenggelam matahari.

Doa Berbuka Puasa

Saat waktu berbuka puasa tiba hendaknya Seorang muslim harus membaca doa terlebih dahulu. Saat saat mulai menyantap atau minum menu buka puasa kita bisa terlebih dahulu membaca basmalah.

Setelah membaca basmalah kita meneguk tiga kali tegukan air minum, setelah itu bacalah doa berikut ini sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: “dzahabad-dhamau wabtallatil uruqu wa tsbatal ajru insyaallah” (HR. Abu Daud no. 2357)

Doa diatas adalah doa berbuka puasa sesuai sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Dengan membaca doa berbuka, puasa akan membuat puasa kita semakin bernilai pahala dan barokah.

Membaca doa niat buka puasa dan doa buka puasa baik dalam hati maupun lisan sudah berpahala. Oleh karena itu, sobat Cahaya Islam sebelum melakukan puasa maka dianjurkan untuk niat terlebih dahulu. Jika kita niat, maka kita dapat menahan nafsu dari terbit matahari sampai tenggelam matahari.

Begitu juga dengan doa buka puasa, Rasulullah sudah mencontohkan bahwa saat berbuka beliau membaca doa. Meskipun ada versi lain doa buka puasa, sobat Cahaya Islam bisa membaca doa itu digabung dengan doa buka puasa dari Rasulullah SAW. Semoga kita semua tetap semangat berpuasa dan memperbanyak amalan ibadah di bulan suci ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!