4 Prinsip Dasar Parenting Islam! Orang Tua Beriman Wajib Tahu

0
418
4 Prinsip Dasar Parenting Islam Orang Tua Beriman Wajib Tahu

Prinsip dasar parenting islam mendidik anak di setiap umur memiliki tantangannya masing masing. Menjadi orang tua untuk anak berumur balita tentu berbeda dengan menjadi orang tua untuk anak remaja dan yang menginjak usia dewasa. Namun, dalam aspek umur yang berbeda – beda itu, tetap parenting islam dengan premis utama nya tetap memegang prinsip dasar yang sama.

Sumber Pengetahuan yang Benar dan Contoh yang Benar dari Orang tua itu sendiri

Sebagai orang tua yang tak ingin anaknya salah jalan. Memberikan pengetahuan yang benar adalah prinsip dasar parenting islam yang utama. Selalu pastikan bahwa pengetahuan yang diberikan kepada anak-anak Anda tentang Islam adalah yang benar dan sesuai dengan ajaran agama. Bimbing mereka untuk mencari ilmu agama dari sumber-sumber yang terpercaya.

Selain mendapatkan sumber yang valid. Kita sebagai orang tua harus pula mencontohkan karakter yang ada dari sumber sumber informasi tersebut. Sebagai orang tua yang baik, kita bisa mengambil referensi dari Al Quran dan Hadits yang merupakan sumber utama orang islam. Seperti yang telah di wasiatkan oleh baginda Rasulullah SAW:

وَعَن مَالك بن أنس مُرْسَلًا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” تَرَكْتُ فِيكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا: كِتَابَ اللَّهِ وَسُنَّةَ رَسُولِهِ «. رَوَاهُ فِي الْمُوَطَّأ

Memberikan Kasih Sayang dan Perhatian yang Seharusnya

Berikan kasih sayang dan perhatian: Tunjukkan kasih sayang dan perhatian kepada anak-anak Anda secara konsisten. Berikan dukungan emosional dan fisik yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Rasakan keberadaan mereka sebagai anugerah Allah.

Kesabaran dan Pengertian adalah Kunci Prinsip Dasar Parenting Islam

Ketika mendidik anak dalam perspektif Islam, kesabaran dan pengertian sangat penting. Terkadang anak-anak akan membuat kesalahan atau kesulitan memahami konsep-konsep agama. Bersikaplah sabar, dan berikan penjelasan yang jelas dan bijaksana. Konsistensi untuk menjalankan sikap sabar dalam mendidik anak adalah hal yang krusial.

Beri Tanggung jawab dan Konsekuensi untuk Menjadi Dewasa – Prinsip Dasar Parenting islam

Beri mereka kebebasan dan tanggung jawab yang seimbang. Berikan anak-anak Anda ruang untuk bereksplorasi dan belajar dari pengalaman mereka sendiri. Namun, pastikan untuk mengatur batasan yang sehat. Yang tentunya pasti sesuai dengan ajaran islam yang baik dan benar. Semoga Bermanfaat ya sobat cahayaislam semuanya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY