Jamur Enoki Sebabkan Penyakit, Islam Anjurkan Konsumsi Makanan Bergizi dan Halal

0
106
Jamur Enoki Sebabkan Penyakit dan Ini Anjuran Dalam Islam

Jamur Enoki – Dalam kehidupan sehari-hari, makanan yang kita konsumsi akan sangat berpengaruh pada kesehatan kita. Itu sebabnya, sangat penting memperhatikan apa saja yang kita makan. Agar tidak mendatangkan penyakit nantinya. Enoki merupakan salah satu jamur yang sebelumnya dikatakan mengandung banyak manfaat. Namun baru-baru ini, justru diminta untuk ditarik dan dimusnahkan karena dianggap menjadi penyebab penyakit. Himbauan ini disampaikan oleh Badan Ketahanan Pangan dan Kementrian Pertanian.

Jamur Enoki Sebabkan Penyakit dan Islam Anjurkan Konsumsi Makanan Bergizi

Jamur yang satu ini merupakan jamur yang diimpor dari Korea Selatan. Bahkan sebelumnya jamur ini banyak beredar di Indonesia karena dianggap memiliki banyak manfaat. Namun kabar yang terdengar beberapa waktu lalu atas Kejadian Luar Biasa di AS, Australia dan juga Kanada. Ini membuat pengujian terhadap enoki dilakukan. Dan terbukti bahwa jamur ini mengandung bakteri Listeria monocytogenes dan dapat menyebabkan penyakit listeriosis. Bukan hanya menyebabkan sakit, namun bisa menyebabkan hingga kematian.

Jamur Enoki Sebabkan Penyakit, Begini Anjuran Islam Dalam Mengkonsumsi Makanan

Jamur Enoki Sebabkan Penyakit dan Begini Konsumsi Makanan Menurut Islam

Jamur Enoki baru-baru ini menjadi perbincangan hangat karena dinyatakan menyebabkan penyakit. Sehingga harus ditarik dan dimusnahkan agar tidak beredar di Indonesia. Dalam hal kesehatan, makanan memang memiliki peran penting. Itulah kenapa kita harus selektif dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Begitu juga dalam agama islam, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan juga halal. Makan secara berlebihan apalagi mengkonsumsi makanan yang tidak baik bagi tubuh jelas bertentangan dengan ajaran islam.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.(1)

يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا ۖ إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(2)

Beberapa ayat diatas menegaskan bahwa sebagai seorang muslim yang beriman, kita dianjurkan untuk memakan makanan yang baik. Dan tentunya dari rejeki yang baik juga. Dengan begitu, maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit. Itu sebabnya, memilih makanan yang bergizi dan halal harus benar-benar diperhatikan. Makanan yang bisa menjadi sumber penyakit lebih baik dihindari.

Konsumsi Makanan Begizi dan Halal Adalah Pola Hidup Sehat Rasulullah

Jamur Enoki Sebabkan Penyakit dan Begini Pola Hidup Sehat Rasulullah

Tahukah sobat Cahaya Islam? Rasulullah SAW menerapkan pola hidup sehat sehingga terhindar dari penyakit. Pola hidup sehat ini salah satunya dengan selektif dalam memilih makanan. Rasulullah hanya mengkonsumsi makanan yang baik dan juga halal. Makanan yang baik ini bisa diartikan sebagai makanan hasil dari rejeki yang baik dan juga makanan yang bergizi. Tentunya tidak menimbulkan penyakit saat dikonsumsi.Itu sebabnya, kita juga harus mempertimbangkan dengan baik apa saja yang kita makan dan konsumsi.

Jamur enoki – merupakan salah satu makanan yang sudah diklaim menyebabkan penyakit karena mengandung bakteri Listeria monocytogenes. Sebagai seorang muslim, kita harus mengikuti anjuran agama untuk mengkonsumsi makanan yang baik dan bergizi. Bukan yang justru menimbulkan penyakit.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 172

(2) – Surat Al-Mu’minun Ayat 51

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY