Asnawi Mangkualam Jeonnam Dragons Dipercaya Jadi Pelatih, Ini Cara Jaga Kepercayaan

0
270
Asnawi Mangkualam Jeonnam Dragons

Asnawi Mangkualam Jeonnam Dragons – Dunia sepak bola Indonesia tengah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini terlihat dari salah satu pemainnya yakni Asnawi Mangkualam Jeonnam Dragons.

Asnawi Mangkualam berhasil bergabung dengan klub Korea Selatan yakni Jeonnam Dragons. Prestasinya di negara tersebut pun menarik perhatian banyak orang.

Prestasi Asnawi Mangkualam Jeonnam Dragons di Korea Selatan

Sejatinya, Asnawi Mangkualam Jeonnam Dragons merupakan kapten Timnas Indonesia. Menariknya, Asnawi kini menjadi pelatih di Korsel alias Korea Selatan.

Memang sesudah berperan sebagai juru taktik dadakan, bek kanan klub Jeonnam Dragons itu menuai sorotan di sosial media. Bahkan kini Asnawi pun menjadi pelatih dadakan di klubnya yakni Jeonnam Dragons.

Dalam hal tersebut, pemain berusia 23 tahun ini menjadi mentor untuk pemain muda dalam kegiatan Football Clinic Little Dragons 2023. Rupanya Jeonnam Dragons yang menginisiasi kegiatan tersebut.

Momen itu pun berada dalam postingan Jeonnam Dragons di Instagram resminya beberapa waktu lalu. Dalam postingan itu, tampak Asnawi tengah berada di depan sejumlah anak yang menjadi peserta.

Asnawi pun berdiri di sana untuk memberikan arahan atau pelatihan. Tak hanya itu, Asnawi juga tampak ikut melatih anak kecil bersama klub Jeonnam Dragons.

Menjaga Kepercayaan dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, prestasi Asnawi Mangkualam Jeonnam Dragons dipercaya menjadi pelatih patut mendapat apresiasi. Mengingat tak semua orang mendapatkan kepercayaan tersebut.

Karena itulah, sudah sepatutnya Asnawi bisa menjaga kepercayaan menjadi pelatih dadakan. Terlebih, agama islam mengajarkan untuk umatnya senantiasa menjaga kepercayaan.

Mengingat kepercayaan merupakan aspek utama dan sebuah fondasi dalam kehidupan beragama. Oleh sebab itu, menjaga kepercayaan dalam islam sangat penting demi membangun serta mempertahankan hubungan.

Hubungan tersebut pun mencakup hubungan dengan sesama manusia ataupun kepada Allah SWT. Dalam Al Quran, Allah memerintahkan hambanya untuk beriman dan tak boleh ingkar janji.

Cara Menjaga Kepercayaan dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, kepercayaan bisa Sobat peliharan dengan bermacam cara. Adapun cara untuk menjaga kepercayaan yang benar dalam islam yakni:

1.       Senantiasa Mengikuti Perintah Allah SWT

Al Quran dan Hadits adalah dua sumber utama tentang cara hidup yang benar serta menjaga kepercayaan dalam islam. Oleh karenanya, Sobat perlu mengikuti segala perintah yang Allah SWT dan Rasulullah sampaikan.

Asnawi Mangkualam Jeonnam Dragons

Dengan demikian, Sobat bisa menjaga kepercayaan yang diberikan kepada diri sendiri. Hal ini sejalan dengan: 

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَطِيْـعُوا اللّٰهَ وَاَ طِيْـعُوا الرَّسُوْلَ وَاُ ولِى الْاَ مْرِ مِنْكُمْ  ۚ فَاِ نْ تَنَا زَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَا لرَّسُوْلِ اِنْ كُنْـتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِا للّٰهِ وَا لْيَـوْمِ الْاٰ خِرِ  ۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan ulil amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (Sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu, lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (Al-Qur’an Surah An-Nisaa’ Ayat 59)

2.       Selalu Menjaga Kejujuran

Kejujuran juga merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kepercayaan. Sobat perlu senantiasa jujur dalam segala hal yang sudah dilakukan.

Asnawi Mangkualam Jeonnam Dragons

Selain itu, Sobat juga harus terus berusaha untuk tak menipu orang lain. Allah SWT berfirman:

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barang siapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar. (QS. Al Ahzab: 70-71). 

3.       Terus Menjaga Niat

Niat merupakan aspek penting dalam menjaga kepercayaan menurut islam. Nabi Muhammad SAW bersabda:

إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُولِهِ فهِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُوْلِهِ ومَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُها أو امرأةٍ يَنْكِحُهَا فهِجْرَتُهُ إلى ما هَاجَرَ إليهِ

“Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.” (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 1 dan Muslim, no. 1907]

Sobat harus terus berusaha untuk melakukan apapun dengan niat yang baik dan tulis. Dengan begitu, kepercayaan yang Sobat emban akan senantiasa terjaga dengan baik.

Sobat Cahaya Islam, itulah poin penting yang bisa Sobat lakukan untuk menjaga kepercayaan. Semoga saja karir Asnawi Mangkualam Jeonnam Dragons semakin cemerlang.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY