Siswa SD Meninggal Dengan Ponsel Masih Menyala di Dekat Telinga, Bagaimana Pendapat Islam Tentang Perkembangan Teknologi?

0
298
Siswa SD Meninggal Dengan Ponsel Masih Menyala 1

Siswa SD meninggal – Seorang siswa Sekolah Dasar ditemukan meninggal dalam keadaan ponsel masih menyala. Diketahui bahkan terdapat luka bakar pada sebagian wajah, dan juga lebam hitam pada bagian dada. Ponsel yang digunakan siswa ini pun berada di dekat telinga atau leher sehingga diduga meninggalnya korban bisa jadi dikarenakan terpapar radiasi panas yang cukup lama menempel di bagian tubuhnya. Namun hal ini juga masih dalam penyelidikan.

Siswa SD Meninggal Dengan Ponsel Masih Menyala 1

Di jaman sekarang ini, perkembangan teknologi memang maju pesat. Hampir semua kalangan dapat menikmati teknologi seperti handphone atau gadget. Tidak ada larangan untuk hal ini, namun tentu saja dalam memanfaatkan teknologi juga harus dengan bijak agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri. Dalam hal ini, islam pun tidak melarang adanya perkembangan teknologi yang mana justru semakin memberikan banyak kemudahan bukan?

Siswa SD Meninggal Dengan Ponsel Masih Menyala, Ini Pendapat Islam Tentang Perkembangan Teknologi

Siswa SD Meninggal Dengan Ponsel Masih Menyala 2

Siswa SD meninggal dengan ponsel dalam keadaan masih menyala dan berada di dekat telinga atau leher korban. Dugaannya korban meninggal karena terpapar radiasi terlalu lama yang berasal dari ponsel pintar yang digunakan. Sobat CahayaIslam, perkembangan jaman melahirkan banyak kemudahan. Salah satunya adalah adanya perkembangan teknologi sebagai sarana komunikasi dan manfaat lainnya.

Dalam islam, Allah telah menjelaskan bagaimana Dia melimpahkan rahmatNya untuk manusia. Artinya, Allah memang memberikan segala manfaat yang ada di bumi ini untuk kita syukuri dan tentu saja manfaatkan dengan bijak. Seperti yang tertulis dalam ayat Al Quran ini.

الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ ۖ فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.

Ayat ini menjelaskan tentang bagaimana Allah menjadikan bumi sebagai hamparan bagi manusia, yang artinya kita dapat memanfaatkan apa yang ada di bumi ini. Termasuk adanya berbagai kemudahan seperti perkembangan teknologi saat ini. Lalu bagaimana pendapat islam mengenai penggunaan teknologi seperti ponsel?

Memilah Mana Yang Baik dan Bermanfaat

Perkembangan teknologi saat ini memberikan banyak kemudahan. Namun meskipun begitu, teknologi ternyata bukan hanya memberi manfaat melainkan juga mudharat. Banyak keburukan yang dapat dengan mudah diakses melalui perkembangan teknologi saat ini. Oleh karena itu, kita harus dapat memilah mana yang baik dan bermanfaat. Serta mana yang perlu dihindari dan menyebabkan kemudharatan.

Tidak Berlebihan

Penggunaan teknologi yang baik adalah secukupnya. Seperti ajaran islam yang mengajarkan kita untuk tidak berlebihan dalam segala hal. Begitu pun saat sobat CahayaIslam memanfaatkan teknologi saat ini, sebaiknya tidak berlebih-lebihan karena tentu saja apapun yang berlebihan tidaklah baik.

Siswa SD meninggal – dengan ponsel yang masih menyala dan terdapat luka bakar. Hal ini diduga sang siswa kelelahan hingga tertidur. Namun ponsel masih menyala sehingga paparan radiasi menyebabkan meninggalnya siswa tersebut. Ini dapat menjadi peringatan bagi kita ya sobat CahayaIslam, agar lebih bijak dalam menggunakan ponsel atau teknologi dengan tidak berlebihan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 22

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY