Jeff Smith Tersandung Narkoba! Tips Bagi Umat Islam untuk Menghindarinya

0
39
Jeff Smith

Jeff Smith – Baru – baru ini, artis fenomenal yang masih membintangi banyak layar kaca diburu dengan kasus sebagai pecandu narkoba, Jeff Smith. Narkoba seakan – akan menjadi momok yang menakutkan bagi deretan artis ternama di Indonesia. Tentu hal ini sangat disayangkan, di balik kepiawaiannya dalam memainkan peran ternyata ada zat yang diharamkan masuk ke dalam tubuh. .

Sobat Cahaya Islam, telah jelas dalam agama manapun bahkan Islam secara spesifik mengharamkan penggunaan narkoba, seperti yang terjadi pada kasus Jeff Smith dan artis lainnya. Par akorban yang menjadi pecandu tidak bisa disalahkan sepenuhnya. Hal ini bisa saja terjadi manakala pelarangan terhadap jual beli haram ini terbilang kurang ketat. Buktinya, sampai sekarang akses membeli barang ini seakan – akan selalu dipermudah.

Apakah Jeff Smith dapat diampuni oleh Allah Ta’ala karena kelalaiannya?

Sebagai seorang muslim, tentunya bagi Jeff Smith sendiri sudah selayaknya memiliki keyakinan kuat bahwa Allah SWT Maha Pengampun. Walaupun demikian, tidak boleh kaum muslimin hanya menyandarkan pada ampunan saja. Seseorang diampuni juga karena terdapat kaidah kausalitas yang dilakukan. Misal, memohon ampun dengan jalan pertaubatan. Tentu hal ini juga harus dilakukan.

Urusan diampuni dosanya atau tidak bukan sebuah hal yang wajib dicari tahu jawabannya. Pasalnya, hal ini menjadi hak preogratif dari Allah SWT kepada hambaNya. Jadi hal yang bisa dilakukan yakni terus melangkah dalam kebaikan, sembari meminta pengampunan dari Allah Ta’ala.

Tips untuk Menghindari Penggunaan Narkoba

1. Bentengi Diri dengan pemahaman yang Kuat

Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya untuk menjaga diri dengan benteng aqidah yang kokoh. Keteguhan dalam berislam dapat senantiasa diupgrade dengan seringnya diri mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjauhi hal – hal yang dilarang oleh Islam.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi :

فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ بَعْدِى فَسَيَرَى اخْتِلاَفًا كَثِيرًا فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِى وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّينَ الرَّاشِدِينَ مِنْ بَعْدِى تَمَسَّكُوا بِهَا وَعَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الأُمُورِ فَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ

“Siapa yang hidup dari kalian setelahku, maka akan melihat perselisihan yang banyak, maka wajib atas kalian untuk mengikuti sunnahku dan sunnah para khulafa’ rasyidin yang mendapatkan petunjuk setelahku, berpegang teguhlah dan gigitlah dengan gigi geraham kalian. Hati-hatilah dari perkara baru dalam agama; karena semua perkara baru adalah bid’ah dan semua kebidahan adalah kesesatan”. [HR. Abu Dâwûd no.4607 dan at-Tirmidzi no.2676]

2. Perbanyak Diskusi dengan Para Ulama’ atau Sahabat Sholih

Selain membentengi aqidah, jangan lupa untuk memperbanyak diskusi dengan para Ustadz. Hal ini untuk menjaga diri agar selalu dapat termotivasi berbuat kebaikan dan senantiasa memprogress diri. Selain itu, memperbanyak diskusi dengan para ustadz juga dapat menjadikan diri lebih selektif lagi dalam memilih lingkungan yang ditempati.

3. Perbanyak Bacaan Islami

Nah, kedua hal diatas juga dapat didukung dengan lebih memperbanyak bacaan Islami. Ada banyak e-book bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang bisa dijadikan alternatif bacaan. Dibandingkan membaca komik maupun nonton drama tak berfaedah lebih baik meningkatkan bacaan Islami.

4. Perbanyak Olahraga dan Manage Pola Makan

Dipilihnya narkoba sebagai alternatif pilihan, bisa jadi karena tubuh membutuhkan asupan energi yang tak biasa. Apalagi sebagai seorang publik figur, mereka harus dituntut tetap prima dan jarang sakit. Maka dari itu, cobalah unuk mengatur waktu olahraga serta memanage pola makan yang baik supaya tak berimbas pada tubuh.

Nah Sobat Cahaya Islam, itu tadi beberapa tips agar diri terhindar dari kasus yang dialami oleh Jeff Smith. Semoga setelah ini tidak lagi ada kabar generasi kebanggaan muslim terjerat oleh hal – hal yang diharamkan dalam Islam. Pun, juga senantiasa mendo’akan semoga kasus semacam ini dapat segera ditangani dengan kebijakan yang super ketat oleh pemerintah terkait peredarannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY