Sara Wijayanto Akui Pernah Pakai Narkoba, 3 Alasan Narkoba Dilarang Islam

0
176
sara wijayanto

Sara Wijayanto – Istri dari seorang pesulap Demian ini ternyata pernah terjerat narkoba belasan tahun silam. Sara Wijayanto mengaku terpengaruh dengan lingkungannya yang sama-sama memakai narkoba. Banyak teman-temannya memakai narkoba saat itu. Lingkup pergaulan yang buruk membawa pengaruh buruk bagi dirinya.

Dunia selebritis tanah air yang penuh dengan hedonisme dan identik dengan dunia malam membuat banyak selebritis terjerat narkoba. Sudah banyak artis papan atas yang menggunakan barang haram tersebut. Tidak hanya sekali dua kali mereka tertangkap basah memakai narkoba, tapi ada yang berkali-kali. Mereka seakan tidak kapok menggunakan barang haram itu lagi.

sara wijayanto

Sara Wijayanto Pernah Pakai Narkoba, Jangan Ditiru!

Apa yang pernah dialami oleh Sara Wijayanto adalah perbuatan dosa. Dia sendiri dalam pengakuannya tidak ingin lagi memakai barang haram tersebut. Bahkan ia ingin memberikan edukasi tentang bahaya narkoba di kalangan anak muda. Memang, kebanyakan pemakai narkoba justru para generasi muda.

Sobat Cahaya Islam harus tahu tentang bahayanya memakai narkoba dan obat-obatan terlarang. Narkoba menimbulkan efek yang sangat buruk bagi kesehatan jiwa dan tubuh. Oleh karena itu dalam Islam, memakai narkoba adalah haram.

Untuk menghindari pengaruh buruk narkoba, sobat Cahaya Islam harus menjaga pergaulan. Bergaulah dengan teman yang tidak mengajak kepada keburukan. Sebisa mungkin cari teman dan lingkungan yang selalu mengajak kepada kebaikan. Selektif dalam memilih lingkungan pergaulan adalah salah satu cara ampuh untuk menghindari pengaruh narkoba pada diri kita.

Alasan Islam Melarang Narkoba

Islam melarang umatnya mengkonsumsi narkoba. Apakah Sobat Cahaya Islam tahu kenapa? Berikut adalah alasan-alasannya.

1. Memabukkan

Narkoba memiliki efek yang sama dengan khmer (minuman keras). Kedua bisa menyebabkan orang yang mengkonsumsinya tidak sadarkan diri atau mabuk. Semua ulama sepakat bahwa zat apapun yang menyebabkan hilang akal haram untuk dikonsumsi.

Narkoba dan minuman keras adalah benda yang memiliki zat untuk membuat seseorang hilang akalnya. Keduanya memiliki efek buruk bagi penggunanya. Allah dalam salah satu firman-Nya dengan jelas mengatakan menghalalkan apa yang baik buat manusia, dan mengharamkan segala yang buruk untuk manusia.

“(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma’ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka……..” (QS. Al-A’raf ayat 157)

2. Merusak Diri Sendiri

Narkoba apabila dikonsumsi akan merusak seluruh jaringan tubuh penggunanya. Perlahan tapi pasti, tubuh orang yang mengkonsumsi narkoba akan mengalami penurunan imunitas tubuh. Jika imunitas tubuh tidak kuat, tubuh akan mudah terserang penyakit. Itu sama dengan mendzholimi tubuh sendiri.

sara wijayanto

Membiarkan tubuh rusak dan binasa jelas dilarang dalam Islam. Allah menciptakan sistem jaringan tubuh yang hampir mustahil ditiru. Bukannya digunakan untuk beribadah tetapi malah dirusak oleh si pemilik tubuh itu sendiri. Jelas itu termasuk perbuatan yang kufur nikmat. Allah sendiri melarang manusia membunuh dirinya sendiri.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَأْكُلُوٓا۟ أَمْوَٰلَكُم بَيْنَكُم بِٱلْبَٰطِلِ إِلَّآ أَن تَكُونَ تِجَٰرَةً عَن تَرَاضٍ مِّنكُمْ ۚ وَلَا تَقْتُلُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

Arti: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (QS. An-Nisa ayat 29)

3. Narkoba Memberi Dampak Bahaya

Pengedaran dan pemakaian narkoba membuat resah semua kalangan. Termasuk para orang tua yang tidak ingin anaknya salah bergaul hingga sampai mengkonsumsi narkoba. Narkoba adalah musuh yang harus diperangi bersama.

sara wijayanto

Narkoba tidak hanya berdampak pada pemakainya saja. Tetapi bisa berdampak pada kemaslahatan umat. Ketentraman masyarakat menjadi terganggu akibat narkoba. Para pemakai yang sudah kecanduan akan berupaya dengan segala cara agar bisa membeli narkoba. Tak peduli dia mau merampok, membunuh, atau mencuri, yang penting bisa mendapatkan uang.

Sobat Cahaya Islam harus ikut aktif dalam memerangi narkoba. Banyak yang bisa dilakukan, misalnya memberi edukasi tentang bahaya narkoba, selalu aktif dan mendukung setiap kegiatan keagamaan, dsb. Aktif memerangi narkoba merupakan jihad di jalan Allah, sebab termasuk perbuatan amar ma’ruf nahi munkar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY