Dorce: Seorang Transgender Indonesia, Pandangan Islam Tentang Transgender

0
83
dorce

Dorce – Dorce Gamalama yang biasa dipanggil dengan Dorce merupakan seorang transgender asal Indonesia. Ia juga sekaligus merupakan seorang artis terkenal Indonesia. Dorce dulunya adalah seorang laki-laki, tapi kemudian ia memutuskan untuk operasi kelamin menjadi perempuan.

Di Indonesia banyak publik figur yang ternyata dulunya berjenis kelamin laki-laki, kemudian berganti kelamin menjadi laki-laki. Yang paling fenomenal dan kontroversial saat ini tentunya adalah Lucinta Luna. Sebelum menjadi perempuan, dia dulunya adalah pria bernama Fatah.

dorce

Cukup banyak orang yang berganti kelamin dari yang dulunya laki-laki menjadi perempuan, ataupun sebaliknya. Banyak perdebatan mengenai boleh tidaknya seseorang mengubah jenis kelaminnya. Adu argumen mengenai transgender semakin meruncing. Dalam berpendapat hendaknya sobat Cahaya Islam memiliki rujukan.

Al-Quran dan hadist sudah cukup menjadi rujukan untuk menyelesaikan tentang masalah pelik seperti Transgender, LGBT, atau sejenisnya. Islam adalah satu-satunya agama yang mengatur seluruh kehidupan manusia. Termasuk di dalamnya terdapat hukum-hukum atau aturan kehidupan.

Dorce Adalah Seorang Transgender, Bagaimana Hukum Islam Mengenai Transgender?

Menjadi seorang trangender berarti orang tersebut telah mengubah bentuk tubuh hingga alat kelaminnya menjadi jenis kelamin yang berbeda dari sebelumnya. Contoh laki-laki menjadi perempuan, perempuan menjadi laki-laki.

Operasi ganti kelamin sudah lama terjadi, khususnya di negara-negara barat. Alasan mereka operasi ganti kelamin atau menjadi transgender adalah mereka tidak betah dengan jenis kelamin mereka. Mereka merasa telah terjebak dalam tubuh yang tidak sesuai dengan kondisi psikis mereka.

Kondisi psikisnya perempuan, tapi secara biologis adalah seorang laki-laki. Karena itulah mereka mengubah dirinya menjadi seseorang dengan tubuh biologis yang baru.

dorce

Operasi Ganti Kelamin Haram Dalam Islam

Operasi kelamin yang dilakukan oleh para transgender dalam Islam hukumnya haram. Maka bika dilakukan orang tersebut akan berdosa. Haram hukumnya sebab bertentang dengan syariat Islam yang tercantum dalam Al-Quran maupun Hadist. Berikut adalah penjelasan beserta dalil-dalilnya:

1. Mengubah Ciptaan Allah

Allah menciptakan laki-laki dan perempuan. Seseorang yang sejak lahir berjenis kelamin laki-laki atau perempuan, maka itu adalah kehendak Allah. Itu adalah ciptaan Allah yang asli dan tidak boleh dirubah.

Operasi ganti kelamin jelas menyalahi kodrat Allah. Sebab itu termasuk perbuatan yang mengubah ciptaanNya. Allah melalui firman_nya melarang keras perbuatan semacam itu.

وَلَأُضِلَّنَّهُمْ وَلَأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَءَامُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ ءَاذَانَ ٱلْأَنْعَٰمِ وَلَءَامُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ ٱللَّهِ ۚ وَمَن يَتَّخِذِ ٱلشَّيْطَٰنَ وَلِيًّا مِّن دُونِ ٱللَّهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُّبِينًا

Arti: “Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka meubahnya”. Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.” (QS. An-Nisa ayat 119-120)

Firman Allah di atas mengandung makna bahwa mengubah ciptaan Allah adalah perbuatan yang dilarang. Termasuk hal yang sia-sia perbuatan operasi ganti kelamin. Organ yang tidak terpakai selebihnya akan dibuang. Padahal Allah sudah menciptaakan itu untuknya, Operasi ganti kelamin juga perbuatan yang dilakukan hanya untuk menuruti hawa nafsu.

dorce

2. Allah Tahu Yang Terbaik

Ridho lah dengan segala keputusan Allah. Setiap keputusan Allah bagi hidup kita adalah yang terbaik bagi Allah dan kita. Sedangkan keputusan kita belum tentu diridhoi oleh Allah. Allah Maha Tahu segalanya. Bisa jadi yang kita benci adalah yang terbaik bagi kita. Dan apa yang kita sukai bisa menjadi keburukan bagi kita. Terlahir baik sebagi laki-laki atau perempuan adalah keputusan Allah. Keputusan Allah adalah yang terbaik dari pada keputusan kita.

Melihat dalil di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa mengubah jenis kelamin dengan cara operasi termasuk sesuatu yang diharamkan oleh Islam. Ikutlah menyuarakan kebenaran meskipun besar resikonya. Insyaallah, kita akan ditinggikan derajat oleh-Nya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!