Pengertian Malam Lailatul Qadar, Keistimewaan, Serta Kapan Datangnya

0
572
Pengertian malam lailatul qadar

Pengertian malam lailatul qadar – Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti oleh umat islam, hal ini karena banyak sekali pahala yang didapat dalam bulan ini. Salah satu keistimewaan yang ada dalam bulan ramadhan adalah adanya malam lailatul qadar.

Nah, Sobat Cahaya Islam, apa sebenarnya malam lailatul qadar itu?

Pengertian Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar merupakan malam dimana ayat pertama dalam Al-Qur’an diturunkan kebumi melalui malaikat Jibril dan disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Malam lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Jika dikalkulasikan kedalam tahun maka seribu bulan lebihkurng sama dengan 84 tahun.

Hal ini ijelaskan dalam surah Al-Qadr ayat 1-3 yang berbunyi;

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

Banyak sekali pahala yang akan didapat ketika seseorang Melakukan ibadah pada malam lailatul qadar. Selajutnya apa saja keistiewaan yang ada pada malam lailatul qadar?

Keistimewaan Pada Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan karena hal ini pasti banyak sekali keistimewaan pada malam lalilatul qadar. Berikut keistimewaan yang ada dalam malam lailatul qadar

1. Turunnya Malaikat Ke Bumi

Pada malam lailatul qadar hendanya umat muslim berlomba-lomba untuk melakukan ibadah. Dikarenakan pada malam lailatul qadar para malaikat turun ke bumi untuk mengaminkan setiap doa yang dipanjatkan oleh umat muslim pada malam tersebut.

Pengertian malam lailatul qadar

2. Malam Yang Penuh Berkah

Allah SWT telah menurunkan malam yang sangat diberkahi bagi umat muslim, salah satunya menghapus segala dosa terdahulu umat muslim bagi siapa saja umat muslim yang beribadah pada malam lailatul qadar. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Ad-Dukhan ayat 3-4 yang berbunyi;

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. ) Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan. Sesungguhnya Kami menurunkannya pertama kali dari Lauhul-Mahfuz ke langit dunia sekaligus pada malam yang di berkahi.”

3. Penulisan Takdir Dalam Satu Tahun Di Lauhul Mahfudz

Allah Swt mencatat seluruh takdir dimulai dari rezeki, ajal, dan lainnya selama setahun, yaitu pada malam lailatul qadar. Karena hal ini setiap umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan doa agar mereka mendapat banyak keberkahan pada malam lailatul qadar.

Pengertian malam lailatul qadar

Nah, Sobat Cahaya Islam setelah mengetahui keistimewaan yang ada pada malam lailatul qadar. Pastinya ada yang bertanya kapan waktu malam lailatul qadar itu?

Waktu Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul adar dilaksanakan pada 10 malma terakhir pada bulan ramadhan. Biasanya dilaksanakan pada malam ganjil seperti malam 21, 23, 25, 27, dan 29. Pada waktu itu setiap muslim dianjaurkan untuk melakukan beberapa amalan.

Berikut amalan yang dapat dilakukan pada malam lailatul qadar;

1. Melakukan itikaf dengan bersungguh-sungguh

2. Tidak lupa membaca doa lailatul qadar

3. Mendirikan sholat

4. Memperbanyak sholawat atas Nabi Muhammad SAW agar mendapatkan syafat yang banyak

5. Perbanyak membaca Al-Qur’an

6. Perbanyak dzikir dan juga istighfar, dengan dzikir dapat mendatangkan sholawat dari Allah SWT dan juga malaikat.

7. Tidak lupa juga untuk memperbanyak sedekah.

Nah, Sobat Cahaya Islam setelah mengetahui keistimewaan yang ada dalam malam lailatul qadar, semoga kita dapat mengamalkannya sebaik mungkin. Demikian artikel mengenai malam lailtul qadar. Semoga menjadi bacaan yang bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Aamiin Allahuma Aamiiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY