Strategi Mengembangkan Kecerdasan Emosional Bagi Remaja Muslim

0
175
mengembangkan kecerdasan emosional

Mengembangkan kecerdasan emosional – Salah satu hal yang penting untuk dipelajari bagi remaja muslim yakni cara mengembangkan kecerdasan emosional di segala aktivitas yang mereka lakukan. Kecerdasan ini penting sebab berkaitan dengan cara merespon dan berperilaku atas segala sesuatu yang terjadi.

Sobat Cahaya Islam, kepiawaian remaja untuk mengembangkan kecerdasan emosional bukan hal yang instan. Tentu saja mereka membutuhkan berbagai pembiasaan agar kecerdasan tersebut bisa ditingkatkan.

Manfaat Mengembangkan Kecerdasan Emosional dalam Kehidupan Remaja

Mengembangkan kecerdasan emosional tentu bukanlah hal yang bisa dilakukan secara instan. Dibutuhkan sinergitas dari berbagai komponen mulai dari keluarga, sekolah maupun lingkungan sekitar.

Kecerdasan emosional yang dibangun sejak dini tentu akan mempermudah perbaikan di sisi lingkungan utamanya di sisi ranah berperilaku.

mengembangkan kecerdasan emosional

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan yakni mewujudkan remaja berkarakter mulia sebab mampu dan piawai dalam mengontrol kondisi diri dan merespon atas segala sesuatu yang dirasa tidak sesuai ekspektasi.

Selain itu, remaja yang memiliki kecerdasan emosional pasti memiliki kepekaan yang tinggi terhadap sekitar sebab jiwa perasanya amatlah tinggi. Hal ini berguna untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang damai dan tidak mudah terpecah belah.

Lantas, bagaimana cara mengembangkan kecerdasan emosional remaja di era yang serba bebas sekarang?

Tips Mengembangkan Kecerdasan Emosional bagi Remaja Muslim

Kecerdasan emosional bisa diwujudkan dengan membiasakan beberapa aktivitas. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Mensuasanakan Pembelajaran Kecerdasan Emosinal di Lingkungan Keluarga

Hal pertama yang bisa dilakukan yakni dengan membiasakan anak – anak untuk bersikap sesuai dengan emosi yang sedang dialami. Nantinya, para orang dewasa memberikan arahan agar mereka tak lagi menggunakan emosi dalam hal negatif.

Situasi seperti ini sangat penting agar anak – anak dapat merasakan bagaimana seharusnya memilih dan memilah emosi yang sesuai.

Akan sangat buruk bila anak – anak langsung didoktrin tanpa memberikan penjelasan serta keteladanan untuk bersikap sesuai dengan emosi yang baik.

Selain itu, mempelajari kecerdasan emosi  juga penting sebagai ilmu dasar. Di sisi lain, meningkatkan keilmuan akan menjadikan para anak – anak tersebut untuk lebih istimewa kedudukannya di hadapan Allah Ta’ala sebagaimana firmanNya dalam surat Al Mujadilah ayat 11 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

2.    Memberikan Keteladanan pada Anak – Anak

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan yakni dengan memberikan keteledanan pada anak – anak. Keteladanan tersebut tidak harus dalam hal yang kompleks, namun bisa sederhana saja. Misal, memberikan contoh sikap sabar dan gigih berjuang dalam berbagai aktivitas yang dilakukan.

mengembangkan kecerdasan emosional

Biasanya kecerdasan emosional tidak bisa disampaikan dalam bentuk teori saja. Namun juga perlu memberikan contoh.

Misal, agar anak – anak tidak terbiasa marah – marah, maka alangkah baiknya bila para orang dewasa memberikan keteladanan berupa sikap ramah dan tegas namun tetap menunjukkan kelembutan sebagai seorang muslim.

Bersikap baik kepada sesama juga bagian dari pembelajaran emosional dan merupakan hal yang wajib menjadi karakteristik umat dan bagian dari menjalankan ibadah. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.

Nah demikianlah ulasan yang berkaitan dengan manfaat dan cara dalam mengembangkan kecerdasan emosional bagi para remaja. Semoga ulasannya bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY