Keutamaan Bersikap Jujur Dalam Pandangan Islam

0
270
Keutamaan Bersikap Jujur 2

Keutamaan bersikap jujur Jujur termasuk dalam perbuatan terpuji. Dalam kehidupan sehari-hari, kita diajarkan tentang bagaimana untuk bersikap jujur. Kejujuran sendiri bisa dalam banyak hal, mulai dari perkataan hingga perbuatan. Tentu saja orang-orang yang jujur akan mendapatkan banyak keberkahan dan juga kebaikan dalam hidup.

Dalam islam, jujur adalah salah satu sifat yang sangat Allah sukai. Itulah kenapa Allah menganjurkan kaum muslimin untuk senantiasa berbuat jujur. Bukan hanya pahala sebagai ganjarannya, namun ada hal-hal baik lainnya yang Allah berikan untuk golongan orang yang jujur. Lalu bagaimana keutamaan jujur dalam pandangan islam?

Keutamaan Bersikap Jujur Dalam Pandangan Islam

Keutamaan Bersikap Jujur 1

Keutamaan bersikap jujur dalam pandangan islam sendiri tertuang dalam ayat Al Quran. Itu sebabnya, jujur adalah sifat yang penting untuk ditanamkan dalam diri kita sendiri. Jujur pun bisa diterapkan dalam berbagai situasi, mulai dari jujur saat memberikan informasi, jujur ketika berucap, jujur ketika diberikan amanah serta kejujuran lainnya yang dapat kaum muslimin lakukan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,

Ayat ini menggambarkan bagaimana Allah menganjurkan kaum muslimin untuk berkata yang jujur dan benar. Itu berarti kejujuran adalah hal penting dalam hidup sebagai bekal untuk keberkahan. Namun sayangnya, berbuat jujur bukanlah hal mudah.

Lalu apa keutamaan jujur menurut pandangan islam?

Keutamaan Bersikap Jujur 3

Diharamkan dari Neraka

Salah satu keutamaan dari bersikap jujur adalah diharamkan dari neraka. Hal ini tertulis dalam hadist Rasulullah SAW dimana orang yang selalu jujur dalam perkataan dan perbuatan maka haram untuk masuk neraka. Orang yang jujur tentunya akan mengedepankan kebaikan serta kebenaran, itu sebabnya golongan orang-orang seperti ini nyaris tidak pernah bermaksiat ataupun menyimpang dari ajaran islam.

Hati Menjadi Tenang

Orang yang berbuat jujur dalam hidupnya, maka akan senantiasa merasa tenang. Hati maupun hidup akan sama-sama merasa tenang karena apa yang disampaikan, yang dilakukan adalah berdasarkan kebenaran. Sehingga tidak ada satupun yang perlu dikhawatirkan jika kita berbuat kebaikan dan sesuai dengan ajaran islam.

Membawa Kebaikan Dalam Hidup

Siapapun yang berbuat kebaikan, sudah pasti akan mendatangkan kebaikan lainnya tentu saja. Itu sebabnya, orang yang menjunjung kejujuran juga akan mendapatkan banyak kebaikan lainnya. Sehingga hidupnya lebih berkah dan juga mendapatkan rahmat-Nya.

Termasuk Orang Yang Beruntung

Allah tidak pernah lupa untuk memberikan keberuntungan kepada orang-orang yang taat dan beriman kepada-Nya. Begitupun dengan orang yang mau bersikap jujur. Selain karena untuk kebaikan diri sendiri juga karena mengetahui bahwa ketidakjujuran adalah sesuatu yang Allah benci. Maka orang-orang yang menjunjung tinggi kejujuran akan mendapatkan keberuntungan.

Keutamaan bersikap jujur – Dalam islam sendiri ada banyak keutamaan bagi orang yang senantiasa menjunjung tinggi kejujuran. Sehingga, itu sebabnya Allah menjanjikan kebaikan, keberuntungan dan keberkahan bagi kaum muslimin yang jujur. Semoga kita pun termasuk orang yang senantiasa menjunjung tinggi kejujuran ya sobat CahayaIslam agar kelak mendapat hidup yang selamat dan beruntung.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ahzab Ayat 70

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY