Hikmah Cobaan Hidup yang Perlu Ditafakuri agar Menjadi Insan Lebih Baik

0
57
hikmah cobaan hidup

Hikmah Cobaan Hidup – Setiap seseorang tentu akan mengalami cobaan hidup. Sayangnya, masih sedikit yang bisa mengambil hikmah cobaan hidup itu sendiri. Bahkan tidak sedikit yang malah menjauhi petunjuk Allah SWT karena berpikir semua ibadah yang dilakukannya hanya kesia-siaan semata.

Sebagai manusia, kita harus menyadari bahwa setiap cobaan merupakan hal umum yang akan menimpa manusia saat hidup di dunia. Dari cobaan itulah kesabaran, ketaqwaan, dan keimanan manusia bisa terlihat.

Sekilas Tentang Cobaan Hidup

Sering merasa memiliki cobaan hidup yang teramat berat? Pada dasarnya, seluruh manusia yang ada di muka bumi ini diuji dengan berbagai hal dalam hidupnya. Salah satu manfaat dari cobaan hidup adalah untuk menguji keimanan manusia. Dalilnya ada dalam QS. Al – Ankabut ayat 2-3 berikut:

أَحَسِبَ ٱلنَّاسُ أَن يُتْرَكُوٓا۟ أَن يَقُولُوٓا۟ ءَامَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ

2. Terjemah: “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?”

وَلَقَدْ فَتَنَّا ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ ۖ فَلَيَعْلَمَنَّ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ صَدَقُوا۟ وَلَيَعْلَمَنَّ ٱلْكَٰذِبِينَ

3. Terjemah: “Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta”.

Meskipun Allah SWT menimpakan cobaan hidup kepada seluruh hambanya, tetapi kadarnya tidak akan melebihi kemampuan masing-masing umat manusia. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 285 sebagai berikut:

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Terjemah: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Macam-Macam Hikmah Cobaan Hidup

Bukan untuk membebani manusia, cobaan hidup sejatinya ada untuk membuat manusia menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, Sahabat Cahaya Islam perlu tahu apa sebenarnya hikmah cobaan hidup, yaitu sebagai berikut:

1. Menghapus Dosa

Siapa sangka, cobaan hidup ternyata dapat menghapus dosa. Dengan catatan orang yang mendapatkan cobaan ikhlas menghadapinya dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

hikmah cobaan hidup

2. Diangkat Derajatnya

Pasti Sahabat Cahaya Islam sudah sering mendengar bahwa orang yang mendapatkan ujian akan diangkat derajatnya. Hal itu memang benar dan telah dijelaskan dalam QS. al-Mujadalah ayat 11 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ ۝١١

Lafadz latin: yâ ayyuhalladzîna âmanû idzâ qîla lakum tafassaḫû fil-majâlisi fafsaḫû yafsaḫillâhu lakum, wa idzâ qîlansyuzû fansyuzû yarfa‘illâhulladzîna âmanû mingkum walladzîna ûtul-‘ilma darajât, wallâhu bimâ ta‘malûna khabîr

Terjemah: Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Apabila dikatakan, “Berdirilah,” (kamu) berdirilah. Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

3. Mendapat Petunjuk

Ketika mendapatkan cobaan, tentu saja seseorang akan mencari cara untuk keluar dari cobaan yang sedang dihadapi. Dari hal itu, Allah SWT memberikan petunjuk kepada hamba-Nya dengan berbagai cara meski dari hal sederhana sekalipun.

hikmah cobaan hidup

Itulah hikmah cobaan hidup yang perlu diresapi agar selalu dapat bersyukur menjalani cobaan-cobaan kehidupan. Ketika seseorang menyadari semua cobaan yang muncul selalu ada hikmahnya, pasti keinginan untuk bunuh diri semakin sedikit.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY