Hari Perawat Nasional, Simak Peran Perawat menurut Islam

0
133
Hari Perawat Nasional

Hari Perawat Nasional – Rabu kemarin (17/3) diperingati sebagai Hari Perawat Nasional. Sudah setahun lebih sejak virus Covid-19 masuk ke Indonesia. Tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus Covid ini. Tidak sedikit juga dokter dan perawat yang gugur di medan perang melawan virus Covid-19.

Sejarah Hari Perawat Nasional dimulai sekitar tahun 1974. Pada saat itu dibentuk organisasi profesi perawat. Dengan nama Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), organisasi perawat di Indonesia yang bermacam-macam nama itu melebur menjadi satu. Sehingga, di tahun 2021 ini organisasi PPNI merayakan hari jadi yang ke-47.

 “Perawat Tangguh, Indonesia Bebas Covid-19 dan Masyarakat Sehat” adalah tema yang diusung pada peringatan Hari Perawat Nasional tahun ini. Dalam postingan di akun pribadi milik Presiden Joko Widodo, beliau mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah perawat lakukan setahun kebelakang.

Pemberian vaksin massal di tahap awal juga diberikan kepada perawat dan segenap tenaga kesehatan lainnya. Selain untuk melindungi mereka yang telah mengorbankan tenaga, waktu, bahkan nyawa, hal tersebut juga dilakukan sebagai bentuk rasa terima kasih karena telah berjuang membantu segala proses selama pandemi Covid-19 di Indonesia.

Sobat Cahaya Islam, melalui Hari Perawat Nasional kita dapat mengingat kembali bagaimana perjuangan mereka menghadapai pandemi Covid-19 ini. Tentu saja kita patut mengucapkan terima kasih atas dedikasi tak terhingga yang telah mereka lakukan. Selanjutnya, kita akan membahas bagaimana peran perawat menurut Islam.

Hari Perawat Nasional dan Bagaimana Peran Perawat menurut Islam

Sebagaimana yang kita pahami dalam artikel kali ini. Indonesia memperingati Hari Perawat Nasional setiap tanggal 17 Maret. Sebagai pengingat bagi kita bahwa perawat termasuk orang yang paling berjasa dalam bidang kesehatan di samping dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Mereka merawat pasien dengan baik.

Sobat Cahaya Islam, kita dapat mengetahui peran perawat menurut pandangan Islam. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui peran perawat dalam sudut pandang Islam:

1.      Merawat Pasien

Perawat adalah orang yang merawat pasien dengan sepenuh hati, tenaga, bahkan nyawa. Terutama saat pandemi seperti ini. Mereka rela seharian mengenakan alat pelindung diri demi melindungi diri sendiri dan pasien lain. Pada pasien diabetes perawat sangat berjasa dalam proses penyembuhan pasien diabetes.

Maka dari itu, kita patut menghargai perjuangan mereka dalam merawat pasien. Melalui peringatan Hari Perawat Nasional, peran perawat terlihat nyata bahwa kita patut memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang tidak bisa dibalas dengan hal mengagumkan lainnya.

Hari Perawat Nasional

2.      Merelakan Waktu Mereka

Selain berperan penting dalam proses penyembuhan pasien, seorang perawat sering merelakan waktu untuk diri mereka sendiri. Bahkan, beberapa perawat akan lebih senang menghabiskan waktu untuk merawat dan menjaga pasien. Oleh sebab itu, mereka menjadi tameng terdepan dalam penanganan kasus pandemi Covid-19.

Dalam Al-Quran Allah berfirman sebagai berikut:

“…dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu…” (Q.S. Al-Qashash Ayat 77)

Hari Perawat Nasional

Nah, dari momen Hari Perawat Nasional, semoga perawat di belahan Indonesia mana saja tetap diberikan kesehatan dan kekuatan untuk merawat pasien yang sakit. Mari kita ucapkan rasa terima kasih kita kepada segenap perawat yang telah berjasa dalam proses penyembuhan pasien.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY