Esensi Lebaran Menurut Rossa, Bagaimana Tradisi Beli Baju Baru Menurut Pandangan Islam?

0
217
Esensi Lebaran Menurut Rossa 1

Esensi lebaran – Penyanyi Rossa mengatakan bahwa ia belum mempersiapkan apa-apa untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi. Tradisi membeli baju baru saat Lebaran pun tidak dilakukan olehnya. Menurut Rossa, esensi dari Lebaran itu sendiri bukanlah membeli baju baru, namun bertemu kembali dengan keluarga. Apalagi pada moment seperti inilah ia bisa berkumpul kembali dengan keluarga.

Esensi Lebaran Menurut Rossa 3

Sudah menjadi suatu tradisi bagi masyarakat Indonesia untuk mempersiapkan baju baru untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Seolah memiliki baju baru ini menjadi suatu keharusan. Namun tentu saja tidak ada hukum semacam itu dalam syariat Islam. Lalu bagaimana pandangan islam tentang membeli baju baru untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri? Simak penjelasannya yuk!

Esensi Lebaran Menurut Rossa, Begini Pandangan Islam Tentang Membeli Baju Baru Lebaran

Esensi Lebaran Menurut Rossa 2

Esensi Lebaran menurut Rossa sendiri bukanlah membeli baju baru. Namun bisa bertemu dan berkumpul dengan keluarga. Terlebih memang di moment Hari Raya Idul Fitri digunakan untuk saling bermaaaf-maafan. Sehingga menjadi waktu yang tepat untuk bertemu dengan semua anggota keluarga. Hanya saja, tradisi membeli baju baru yang sudah lama ada membuat sebagian besar masyarakat mengikuti kebiasaan ini dari tahun ke tahun.

Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Dalam ayat ini berisi tentang bagaimana Allah menganjurkan kaum muslimin untuk bertakbir raya dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Sehingga bisa disimpulkan bahwasanya membeli baju baru bukanlah anjuran dalam merayakan Lebaran. Namun memang dalam islam sendiri dianjurkan untuk berpakaian yang bagus dan bersih.

Lalu bagaimana pandangan islam tentang membeli baju baru untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bagi kaum muslimin? Tentu saja tidak menjadi masalah dan boleh-boleh saja. Namun jika terdapat beberapa hal yang menyimpang dari ajaran islam, maka membeli baju baru mungkin menjadi tidak dianjurkan. Apa saja beberapa poin yang harus dihindari?

Esensi Lebaran Menurut Rossa 1

Berlebihan atau Boros

Dalam ajaran islam, sifat boros atau berlebihan hukumnya adalah dilarang. Itu sebabnya, jika dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri kemudian membuat kita menghambur-hamburkan uang maka ini tentu saja tidak dianjurkan. Jika membeli baju baru, maka belilah sesuai kebutuhan ya sobat CahayaIslam.

Niat Pamer

Poin yang membuat hukum membeli baju baru untuk Lebaran tidak dianjurkan adalah jika untuk niatan pamer. Dalam islam, kaum muslimin dilarang untuk pamer atau sombong. Itu sebabnya, jangan sampai bulan yang suci justru membawa kita pada perbuatan yang menyimpang dari ajaran islam.

Bagaimanapun merayakan Hari Raya Idul Fitri diperbolehkan dalam berbagai cara, selama itu tidak berlebihan dan tidak menyalahi aturan yang ada dalam islam. Begitu juga dengan membeli pakaian baru untuk dikenakan saat Lebaran nanti, ini juga tidak dilarang dalam islam. Yang dilarang jika diniatkan untuk pamer dan dilakukan dengan berlebihan ya sobat CahayaIslam.

Esensi Lebaran – Benar apa yang diutarakan oleh Rossa bahwasanya Lebaran sendiri bukanlah soal beli baju baru. Namun dapat berkumpul dengan keluarga dan tentu saja tetap dalam rangka bersyukur kepada Allah SWT. Semoga kita semua dapat kembali bertemu dengan bulan Ramadhan selanjutnya ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 185

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY