Apakah Hal-Hal yang Perlu Dijauhi agar Kerukunan Tetap Terjaga?

0
46
hal-hal yang perlu dijauhi agar kerukunan tetap terjaga

Hal-hal yang perlu dijauhi agar kerukunan tetap terjaga – Dalam menciptakan kehidupan yang damai, Sobat Cahaya Islam perlu menjaga tindak tanduk keseharian. Kerukunan akan tetap terjaga apabila kita menghindari beberapa hal yang memicu perpecahan. Jadi apakah hal-hal yang perlu dijauhi agar kerukunan tetap terjaga antar sesama manusia?

Apakah Hal-Hal yang Perlu Dijauhi agar Kerukunan Tetap Terjaga?

Menjaga kerukunan menjadi kewajiban setiap individu, termasuk kita. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang menjadi perilaku kurang baik yang perlu kita jauhi agar kerukunan bisa teteap terjaga.

1.      Intoleransi

Hal pertama yang harus kita jauhi yaitu bersikap intoleransi. Tindakan ini bisa menimbulkan ketidakrukunan sebab tidak memperdulikan orang lain.

Orang yang melakukan tindakan intoleransi tidak memiliki tanggung rasa. Hal tersebut menyebabkan orang lain merasa kurang nyaman atau bahkan menimbulkan pertengkaran antar sesama. Maka tindakan intoleransi ini perlu kita jauhi.

Sebagaimana firman Allah dalam Al Qur’an Surat al-Mumtahanah, nomor surat 60 ayat 8, yaitu:

Berdasarkan ayat tersebut dapat kita simpulkan bahwa Allah memerintahkan umatnya untuk memiliki sikap yang baik dan toleransi terhadap sesama. Apalagi pada bagian akhir ayat tersebut menegaskan bahwa Allah menyukai hambanya yang berbuat adil.

2.      Intimidasi

Selain intoleransi, hal selanjutnya yang perlu kita hindari yaitu bersikap intimidasi. Perilaku intimidasi dapat membuat persatuan dan kesatuan kita terpecah.

Tindakan intimidasi ini yaitu berupa tindakan seseorang menakut-nakuti maupun mengamcam orang lain guna dapat mencapai tujuan atau maksud tertentu.

3.      Sombong

Perilaku yang sering kali menjadi pemicu ketidakrukunan yaitu sombong. Sebab seseorang yang memiliki sifat ini akan merasa paling benar dan tinggi derajatnya dari orang lainnya. Suka memandang orang lain secara sebelah mata.

4.      Tidak Saling Menghormati

Sifat saling menghormati antar sesame sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Apabila salah satu dari Sobat Cahaya Islam tidak memiliki rasa saling menghormati, kedamaian itu akan terganggu. Maka dari itu sifat tidak saling menghormati menjadi hal yang perlu kita jauhi.

Sebagaimana firman Allah dalam Al Qur’an Surat al-Hujurat, nomor surat 49 ayat 13, yaitu:

Ayat di atas secara singkat menjelaskan tentang bagaimana keragaman manusia. Mulai dari keragaman suku, budaya dan lain sebagainya. Terjadinya keberagaman tersebut tentu atas kehendak Allah, sebab Allah yang menciptakan kita.

Penjelasan selanjutnya mengenai perintah untuk saling mengenal antar sesama manusia. Jika kita dalami lebih lanjut, pada ayat ini Allah menegaskan bahwa tidak ada perbedaan pandangan bagi Allah kecuali hambanya yang paling bertaqwa padaNya maka ialah yang paling mulia.

Jadi berdasarkan ayat tersebut, kita semua wajib untuk saling menghormati. Menghargai setia perbedaan dan keberagaman yang ada.

5.      Egois

Kerukunan akan tercipta apabila kita saling peduli dan tidak egois. Egois menjadi salah satu hal yang perlu kita jauhi. Perilaku ini cenderung hanya mementingkan kepentingannya sendiri. Orang yang egois tidak akan menghiraukan kepentingan orang lain.

Kini Anda sudah mengetahui apakah hal-hal yang perlu dijauhi agar kerukunan tetap terjaga dan tidak terpecah belah. Semoga Sobat Cahaya Islam bisa senantiasa terhindar dari 7 hal di atas, sehingga kerukunan tetap terjaga.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY