Selain Memberikan Ucapan Selamat Menikah, Ini Adab yang Benar Saat Menghadiri Pernikahan

0
35
ucapan selamat menikah

Ucapan selamat menikah – Pernikahan adalah acara yang sakral dan penting bagi semua umat beragama. Tak heran jika banyak orang yang memberikan ucapan selamat menikah kepada mempelai. Ucapan tersebut berisi perkataan yang baik untuk mempelai pengantin.

Selain itu, ucapan selamat dalam pernikahan biasanya diiringi dengan doa dan harapan yang baik. Tujuannya tentu agar tercapai kebahagiaan dan keberkahan dalam pernikahan itu. Para pengantin juga merasakan kebahagiaan tersendiri saat mendapat ucapan selamat.

Pentingnya Memberikan Ucapan Selamat Menikah

Sobat Cahaya Islam, dalam ajaran islam pernikahan merupakan bagian dari ibadah manusia kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, ucapan kepada pengantin sebaiknya dalam bentuk harapan dan doa yang baik.

Sebagai tamu yang datang, Sobat hendaknya mengucapkan selamat dengan hati penuh keikhlasan. Harapannya agar ucapan tersebut dikabulkan oleh Allah SWT kepada kedua mempelai.

ucapan selamat menikah

Banyak sekali contoh ucapan selamat menikah yang di dalamnya juga berisi doa-doa terbaik untuk mempelai. Beberapa contoh tersebut di antaranya:

1.      “Selamat dan doa terbaik untuk kesempatan pernikahanmu.”

2.      “Semoga Allah SWT memberikan keberkahan kepadamu, dan semoga Allah mempersatukan kalian dalam kebaikan.”

3.      “Selamat menikah, semoga Allah SWT memberikan kebijaksanaan untuk menjalankan fase baru dalam kehidupan ini.”

Adab dalam Menghadiri Pernikahan

Sobat, selain mengetahui ucapan selamat menikah yang baik, hendaknya Sobat juga memahami seperti apa adab dalam menghadiri acara pernikahan. Jangan sampai Sobat tidak asal-asalan menghadiri pernikahan, padahal itu adalah momen yang sakral bagi pengantin.

Berikut ada pembahasan seputar adab menghadiri pernikahan yang sebaiknya Sobat terapkan:

1. Memenuhi Undangannya

Ketika mendapat undangan pernikahan, Sobat wajib memenuhi undangannya. Sebab wajib hukumnya bagi seseorang memenuhi undangan. Pasalnya Nabi Muhammad SAW pernah bersabda,

 إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيْمَةِ فَلْيَأْتِهَا

“Jika salah seorang diantara kalian diundang menghadiri acara walimah, maka datangilah” (HR. Bukhari no. 5173).

Bahkan mereka yang tengah berpuasa pun juga tetap wajib memenuhi undangan walimah itu.

2. Mendoakan Keberkahan untuk Pengantin

Sejalan dengan ucapan selamat dalam menikah, Sobat juga hendaknya mendoakan keberkahan untuk pengantin pria ataupun wanita. Islam mengajarkan umatnya untuk saling mendoakan kebaikan kepada pengantin yang berbahagia.

ucapan selamat menikah

Salah satu contoh doanya yakni,

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Abu Dawud no. 2130).

3. Mendoakan Orang yang Sudah Mengundang

Selain pengantin, Sobat juga hendaknya mendoakan mereka yang mengundang apabila selesai makan. Mengingat mereka berarti telah memberikan Sobat makan dan minum di dalam pestanya.

Salah satu contoh doanya yaitu,

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku” (HR. Muslim no. 2055).

Sobat Cahaya Islam, itulah pembahasan seputar ucapan selamat menikah dan adab ketika mendatangi pernikahan. Semoga saja Sobat memahami pembahasan tersebut dan menerapkannya sesuai ajaran islam. Wallahu’alam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY