Habis Ramadhan Ngapain Nih? (Amalan Setelah Ramadhan)

0
678

Setelah berjuang menahan lapar dan haus serta menjauhkan diri dari hal-hal yang membatalkan maupun yang mengurangi pahala puasa kita. Ngebut tadarus Al Quran, ngebosi banyak sodaqoh untuk acara-acara ramadhan, dan begadang di 10 malam terakhir untuk mencari kefadholan lailatul Qadar dibulan Ramadhan sebelumnya. Kini kita telah melewatinya dan menjadikan kita orang-orang yang kembali fitrah. Tentunya yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah habis ramadhan kita ngapain lagi nih? Nah, kita akan menjawabnya dalam artikel kali ini dengan memberikan beberapa amalan setelah ramadhan yang bisa dilakukan.

Puasa 6 hari di Bulan Syawal sama seperti puasa satu tahun!

Dibulan Syawal ini ada satu amalan setelah ramadhan yang hendaknya kita sebagai orang muslim yang beriman kepada Allah dan selalu ingin berlomba dalam mencari kebaikan bisa melaksanakan 6 hari puasa syawal. Keutamaan puasa 6 hari dibulan syawal ini sangat istimewa. Dalam hadits Sahih Muslim dikatakan bahwasanya barang siapa yang dengan karena iman melaksanakan puasa 6 hari dibulan syawal setelah berpuasa bulan Ramadhan, maka pahalanya seperti berpuasa satu tahun penuh.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Puasa syawal yang berjumlah 6 hari ini oleh para ulama disebut sebagai amalan penyempurna seperti layaknya zakat. Beberapa ulama lain juga berpendapat bahwa melaksanakan puasa ini merupakan sebuah usaha kita mempertahankan taufik yang kita dapatkan dari bulan Ramadhan. Adapun untuk melaksanakannya, sobat tidak perlu dalam 6 hari berturut-turut melakukannya. Sobat bisa secara random melaksanakannya, dengan catatan masih di bulan Syawal.

Tetap biasakan Shalat Berjamaah seperti kala Tarawih Bulan Ramadhan

Bila kita benar-benar termasuk orang yang mendapatkan rahmat bulan Ramadhan, maka hendaklah anda tidak merubah kebiasaan-kebiasaan baik bulan Ramadhan, terutama shalat berjamaah. Di Bulan Ramadhan kita terbiasa setiap waktu isya’ berangkat ke masjid untuk melaksanakan kegiatan Shalat Tarawih, dan di pagi harinya anda menyempatkan shalat subuh Berjamaah setelah anda selesai sahur. Nah, tetap biasakan hal itu kedepannya. Usahakan untuk menyempatkan diri shalat berjamaah. Bukankah Shalat berjamaah itu lebih utama seperti yang dijelaskan di hadits Muslim dan Bukhari.

صَلاَةُ الْجَمَاعَة أفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Yang punya hutang puasa kemaren! Langsung dilunasi juga boleh!

Tentunya bagi sobat Cahayaislam muslimah (dan Muslim?) yang memiliki hutang puasa karena beberapa hal, seperti halangan datang bulan, sakit sehingga tidak bisa berpuasa, atau perjalanan jauh bisa kok langsung membayar hutang puasa kemaren. Hutang itu memang seharusnya segera langsung dilunasi agar tidak menjadi beban. Tentunya konsiderasikan dahulu apakah anda sudah selesai puasa 6 hari syawal. Setelah itu, jika waktu memungkinkan boleh kok langsung melunasi hutang puasa anda.

Istiqomah Mempertahankan ritme amalan baik lain Seperti saat Ramadhan!

Amalan setelah ramadhan yang lainnya adalah kontinunya ritme amalan baik anda yang lain seperti saat bulan Ramadhan. Bila dibulan Ramadhan anda tidak segan untuk mengeluarkan banyak uang untuk bershodaqoh, maka lanjutkanlah hal itu. Jika sobat Cahayaislam setiap harinya bisa berdzikir hingga seribu kali hitungan atau bisa khatam 1 juz Al Quran, maka tetap jalani target tersebut. Bukankah amalan baik yang terus menerus dilakukan adalah amalan yang disukai oleh Allah

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!