Menjadi Lebih Dermawan Di bulan Ramadhan Seperti Rasulullah!

0
2029
Menjadi Lebih Dermawan Dibulan Ramadhan Seperti Rasulullah!

Bersihkan Harta – Menjadi lebih dermawan di bulan ramadhan ini ternyata sudah Rasulullah contohkan lho sobat Cahayaislam!

Salah satu dari amalan-amalan yang terbuka sangat lebar untuk kita jalani adalah amalan shodaqoh.

Amalan yang satu ini dan berbagi kepada orang yang membutuhkan.

Lebih Dermawan Di bulan Ramadhan Seperti Rasulullah!

Di bulan Ramadhan ini tentu saja kita sebagai muslim harus bisa memanfaatkan banyak ladang amalan yang terbuka lebar didepan mata kita.

Banyak sekali target-target yang bisa kita raih saat bulan Ramadhan ini, seperti yang telah kita ulas di dalam beberapa artikel amalan-amalan bulan ramadhan sebelumnya.

Dalam salah satu hadits riwayat Bukhori pernah menjelaskan bahwasanya Rasulullah adalah orang yang sangat dermawan di hari-hari biasa, dan ketika bulan Ramadhan, kedermawanan Beliau semakin bertambah dan menjadi-jadi:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ

Di kisahkan oleh Ibn `Abbas: Nabi (saw) adalah yang paling dermawan dari semua orang, dan Ia gunakan untuk menjadi lebih murah hati di bulan Ramadhan ketika Jibril bertemu dengannya.

Jibril biasa bertemu dengannya setiap malam selama Ramadhan untuk membaca Al-Qur’an bersamanya. Rasulullah (ﷺ) dulu lebih dermawan daripada angin kencang. [1]

Sobat Cahayaislam bisa memetik pelajaran dari hadits contoh baik yang Rasulullah lakukan tersebut seharusnya kita bisa menjadi lebih dermawan di bulan ramadhan ini.

Menjadi lebih senang berbagi di bulan yang penuh rahmat ini memiliki banyak manfaat lho!

Dalam beberapa ceramah tentang bersedekah pada bulan ramadhan yang telah tim Cahayaislam ikuti, ternyata banyak sekali keajaiban sedekah loh.

Di bulan ramadhan yang seharusnya lebih memacu kita untuk mengepolkan amalan yang satu ini.

Menggunakan Janji Allah untuk Melipat-gandakan pahala di Bulan Ramadhan

 كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Abu Huraira (ra dengan dia) melaporkan Rasulullah (ﷺ) mengatakan: Setiap (kebaikan) anak Adam akan di lipatgandakan, satu kebaikan menerima sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat pahala.

Allah Ta’ala berfirman: Kecuali puasa, karena puasa itu di lakukan untuk-Ku dan Aku akan memberinya pahala, karena seseorang meninggalkan nafsu dan makanannya karena-Ku.

Ada dua kebahagiaan bagi orang yang berpuasa, kegembiraan ketika berbuka, dan kegembiraan ketika bertemu Tuhannya, dan nafas (orang yang berpuasa) lebih manis di sisi Allah daripada aroma kesturi. [2]

Menjadi lebih dermawan di bulan ramadhan adalah ide yang sangat brilian. Mengingat janji Allah tentang di lipatgandakannya pahala atas amal ibadah yang kita lakukan dibulan yang penuh rahmat ini.

Kapan lagi bisa mendapatkan pahala yang lebih dari yang kita berikan/shodaqohkan kalau tidak selain di bulan ramadhan?

Waktu Ramadhan adalah waktu penuh kemuliaan, jadi jangan sampai kita rugi karena melewati bulan Ramadhan ini dengan hanya mendapatkan pahala yang biasa-biasa saja.

Kolaborasi Puasa & Shodaqoh: jalan cepat menuju surga

Dalam hadits riwayat Tirmidzi, rasulullah pernah bercerita tentang sebuah kediaman indah yang di ibaratkan dengan kamar-kamar di dalamnya yang transparan.

Hadits tersebut disebutkan bahwa rumah-rumah tersebut di berikan untuk 4 golongan, yaitu

(1) orang yang selalu memperbaiki ucapan dan perkataannya

(2) Orang yang memberi makan atau bershodaqoh,

(3) Orang yang gemar menahan lapar (berpuasa),

(4) Orang yang berdoa di kala manusia sedang tidur (shalat tahajud dan doa malam).

Dalam hadits tersebut kita bisa petik bahwasanya dengan Puasa & bershodaqoh/ menjadi lebih dermawan ketika kita berpuasa, Allah menjanjikan kediaman yang indah di Surga itu untuk kita.

Gabungan Shodaqoh & Puasa: Pengampunan Allah dan Jauhnya Api Neraka

Dalam Sunnah-sunnahnya, rasulullah seringkali memberikan gambaran atau kiasan dari beberapa hal termasuk amalan-amalan. Suatu ketika, Rasulullah pernah bersabda bahwasanya puasa di ibaratkan perisai, karena fungsinya yang menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan duniawi.

Selain itu, Rasulullah juga menggambarkan shodaqoh sebagai air yang berguna memadamkan api yang berkobar. Api di sini bisa juga api neraka atau dosa dan kesalahan.

Dengan gambaran tersebut, kita bisa tarik kesimpulan bahwa :

Dengan menggabungkan keduanya (shodaqoh & Puasa) kita bisa mendapatkan pengampunan Allah dan manfaat jauhnya api neraka.

Menyempurnakan dan menutupi kesalahan-kesalahan di Bulan Puasa

Menurut beberapa penjelasan para ulama, dengan bershodaqoh dan Menjadi lebih dermawan di bulan ramadhan juga berfungsi sebagai penyempurna atau menutupi kesalahan-kesalahan yang kita lakukan pada bulan Puasa.

Seperti layaknya zakat fitrah yang wajib untuk “meresmikan” puasa kita.

Shodaqoh bisa juga memiliki faidah untuk memperbaiki kemaslahatan di bulan suci ini.

Nah, itulah beberapa keajaiban sedekah di bulan ramadhan! Di maksimalkan ya!

Catatan Kaki

[1] H.R. Sahih Bukhori no. 3554

[2] HR Sahih Muslim no. 1151e

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY