Amal Tidak Ada Gunanya Tanpa Ilmu, Ini Alasannya Dalam Islam

0
19
Amal Tidak Ada Gunanya 1

Amal tidak ada gunanya – Dalam sebuah hadist dari Abu Bakar Ash Shiddiq dikatakan bahwasanya tanpa ilmu amal tidak ada gunanya, sedangkan ilmu tanpa amal adalah hal yang sia-sia. Ini artinya, ilmu dan amal keduanya saling berkaitan. Sehingga amal harus diimbangi dengan ilmu, dan ilmu pun juga harus diimbangi dengan adanya amal. Banyak orang mungkin beranggapan bahwa dalam hidup kita hanya perlu memperbanyak amalan. Padahal ilmu juga tidak kalah pentingnya lho.

Amal Tidak Ada Gunanya 1

Amal merupakan bekal yang akan dibawa hingga kehidupan akhirat nanti. Itu sebabnya, setiap muslim tentu dianjurkan untuk memperbanyak amal kebaikan. Islam juga menganjurkan untuk kaum muslimin menuntut ilmu setinggi-tingginya. Itu artinya, ilmu juga tidak kalah penting. Bagaimanapun, ilmu juga termasuk salah satu bekal yang berguna bahkan hingga setelah meninggal sekalipun. Maka dari itu, ilmu termasuk sesuatu yang akan berguna bahkan sampai kapanpun.

Amal Tidak Ada Gunanya Tanpa Ilmu, Ini Beberapa Alasannya Dalam Islam

Amal Tidak Ada Gunanya 2

Amal tidak ada gunanya tanpa Ilmu, ini yang dikatakan oleh Abu Bakar Ash Shiddiq dalam salah satu hadistnya. Ini menegaskan bahwa ilmu adalah sesuatu yang penting dan juga mengimbangi amal. Oleh karena itu sobat CahayaIslam, untuk mengamalkan sesuatu juga perlu adanya ilmu atau pengetahuan. Inilah kenapa islam meminta kaum muslimin untuk menuntut ilmu. Seperti yang dituliskan dalam ayat Al Quran.

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Ayat ini menerangkan bahwasanya Allah akan mengangkat derajat golongan orang yang menuntut ilmu lebih tinggi dibandingkan yang tidak menuntut ilmu. Dengan memiliki bekal ilmu, maka segala amalan bisa menjadi lebih berarti lho sobat CahayaIslam. Apa alasannya amal tidak berguna tanpa adanya ilmu? Yuk simak beberapa hal ini.

Ilmu Jadikan Amal Lebih Berarti

Amal Tidak Ada Gunanya 3

Dengan bekal ilmu, maka kaum muslimin bisa melakukan amalan yang berarti. Ini karena ilmu memberikan lebih banyak pengetahuan mengenai amalan mana yang seharusnya dilakukan dan yang tidak. Sehingga ilmu bisa membantu kita untuk memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Sehingga amal bisa menjadi lebih berguna dengan adanya bekal ilmu pengetahuan.

Ilmu Mengangkat Derajat Muslimin

Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya ilmu ini akan mengangkat derajat kaum muslimin. Sehingga kita mendapatkan derajat yang lebih tinggi dengan adanya ilmu. Itulah juga yang menjadikan segala amal lebih berguna. Tanpa adanya ilmu, maka amalan yang kita lakukan juga tidak akan berarti. Itu sebabnya, mari kita menuntut ilmu setinggi-tingginya untuk mencapai amalan terbaik.

Amal tidak ada gunanya – tanpa adanya ilmu. Maka untuk mengimbangi amal yang kita lakukan, maka bekal ilmu sangatlah penting. Semoga Allah SWT mengangkat derajat orang-orang yang senantiasa memperbanyak ilmu dan juga amalan dalam hidupnya ya. Dan semoga sobat CahayaIslam termasuk golongan didalamnya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Mujadilah Ayat 11

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY