Bahaya Bullying Menurut Pendapat Islam

0
232
Bahaya Bullying 1

Bahaya bullying – Bullying merupakan fenomena yang kian marak terjadi di sekitar kita. Bully atau yang seringkali dikenal dengan perundungan termasuk tindakan yang tidak dibenarkan. Dampaknya bukan hanya menyakiti orang lain, namun bahkan bisa lebih parah dari itu. Gangguan mental, keinginan bunuh diri, dan juga trauma bisa dialami oleh seseorang yang mengalami tindakan bully.

Banyaknya kasus bullying tentu saja membuat sebuah keprihatinan bagi kita semua. Apabila dilihat dari perspektif islam, tentu saja melakukan tindakan bully sangat dilarang oleh Allah SWT. Bahkan ini bisa masuk dalam kategori perbuatan zalim atau dosa besar tentu saja. Selain itu, tindakan bully ternyata berdampak besar dan berbahaya lho sobat CahayaIslam.

Bahaya Bullying Menurut Pendapat Islam, Ini Diantaranya!

Bahaya Bullying 2

Bahaya bullying tentunya tidak main-main. Kita bisa melihat banyaknya contoh kasus bully yang berakhir dengan korban trauma, bahkan hingga bunuh diri. Ini sudah termasuk dalam perbuatan keji dan dosa besar tentunya. Dalam ayat Al Quran sendiri juga telah menegaskan tentang hukum berbuat seperti membully, mengolok-ngolok atau menghina orang lain.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ ۖ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ ۚ وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

Ayat ini sudah menggambarkan bagaimana perbuatan seperti bully ini sungguh keji sehingga diharamkan dalam islam. Tindakan ini bukan hanya termasuk dalam perbuatan yang keji namun juga zalim. Sehingga Allah membenci golongan orang yang suka berbuat merendahkan orang lain, membully atau apapun yang menzalimi orang lain.

Lalu apa bahaya bullying menurut pendapat dalam islam?

Bahaya Bullying 3

Menyebabkan Sifat Angkuh dan Sombong

Bullying dapat menyebabkan sifat angkuh dan juga sombong bagi pelakunya. Hal ini karena seseorang yang suka menindas, mengolok-olok atau merundung orang lain biasanya merasa lebih baik dibandingkan orang lain. Tentu saja ini akan menimbulkan sifat-sifat buruk yang menjadikan pelaku tindakan bully menjadi jauh dari ajaran islam. Naudzubillah.

Membuat Kesulitan dan Kesusahan Bagi Orang Lain

Kita tahu bahwa menyebabkan kesusahan dan kesulitan bagi orang lain sama halnya berbuat zalim. Itulah kenapa Allah melarang kaum muslimin untuk berbuat yang menyimpang dari ajaran islam agar tidak menyebabkan kezaliman. Bahaya dari tindakan bully adalah dapat membuat orang lain kesusahan sehingga karenanya pelaku bully akan mendapat dosa besar.

Bahaya bullying – ternyata bukan hanya berdampak pada pelaku bully saja namun juga kepada orang yang menjadi korban tindakan bullying ini. Itu sebabnya, Allah melarang dengan tegas bagi kaum muslimin untuk berbuat demikian seperti yang tertuang dalam ayat Al Quran.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hujurat Ayat 11

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY