Pengertian Akhlak Mazmumah Beserta Contoh dan Doa Menghindarinya

0
800
Akhlak mazmumah

Akhlak Mazmumah – Akhlak terdiri dari dua kategori, yaitu mahmudah dan mazmumah. Akhlak buruk yang harus sobat cahaya Islam hindari yaitu akhlak mazmumah.

Yaitu bentuk perbuatan yang bisa mendatangkan kemudhorotan untuk diri sendiri bahkan orang lain, dan bisa membahayakan iman hingga mendatangkan dosa. Untuk itu, akhlak wajib untuk dijauhi agar tidak merugikan diri sendiri hingga orang lain.

Arti Akhlak Mazmumah dan Contohnya

Akhlak merupakan sekumpulan perilaku yang dimiliki dan melahirkan perbuatan yang baik maupun buruk. Untuk akhlak buruk disebut dengan akhlak mazmumah. Jika perbuatan ini selalu dilakukan bukan hanya akan merugikan diri sendiri melainkan juga merugikan orang lain.

Inilah yang jadi alasan dimana sobat cahaya Islam wajib memahaminya agar dapat menjauhinya sesuai dengan QS Al-An’am ayat 151 yaitu:

Artinya “Katakanlah: “Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu Yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezki kepadamu dan kepada mereka, dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar[518]”. demikian itu yang diperintahkan kepadamu supaya kamu memahami(nya). [518] Maksudnya yang dibenarkan oleh syara’ seperti qishash membunuh orang murtad, rajam dan sebagainya.

1.      Berdusta

Kadang kala banyak sobat cahaya Islam tak sadari telah melakukan kebongongan, tentu ini masuk dalam kategori akhlak mazmumah yang pastinya sangat dibenci oleh Allah SWT.

Dusta adalah perilaku yang tidak boleh terus menerus kita lakukan, terus berusahalah untuk menghindarinya karena akan berdampak buruk terhadap diri sendiri terlebih jika diketahui oleh orang lain. Tentu tak akan mendapatkan kepercayaan orang lain.

2.      Mabuk-mabukan

Selain berdusta, masih ada banyak contoh akhlak mazmumah yang wajib sobat cahaya Islam ketahui dan jauhi agar dapat membuat hidup yang dijalani akan jauh lebih baik. Salah satu perbuatan tercela lainnya yaitu dengan mabuk-mabukan.

Akhlak mazmumah

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa segala yang memabukan dilarang oleh agama Islam sesuai yang ada dalam hadits riwayat Muslim: “Setiap yang memabukkan itu khamar, sedangkan khamar itu haram”. (H.R Muslim). Sehingga siapapun yang mendekatinya sudah pasti akan dibenci oleh Allah SWT.

3.      Dengki

Sifat ini juga termasuk dalam kategori akhlak mazmumah, yang mana timbulnya rasa tidak suka dengan apa yang dimiliki atau kebahagiaan orang lain.

Perilaku ini tentunya dapat mendatangkan kemudhoratan bagi pelakunya dan tentu sobat cahaya Islam harus selalu membentengi diri agar tak mudah dengki dengan hidup orang lain dan selalu bersyukur atas apapun yang kita miliki.

4.      Aniaya

Menganiaya orang lain juga merupakan perbuatan tercela yang tentu saja mendatangkan kerugian pada diri sendiri dan orang lain. Akhlak mazmumah ini biasanya tak dapat dikendalikan oleh orang yang memiliki perangai buruk, akibat dari rasa dengki ataupun mabuk-mabukan dan tentu kita harus membentengi diri untuk tetap sabar dan tak boleh menyakiti orang lain.

5.      Doa Agar Terhindari Dari Akhlak Mazmumah

Segala bentuk tindakan tercela tentu ingin kita hindari, namun jalan hidup di depan tak ada yang tahu. Inilah kenapa kita selalu senantiasa memohon perlindungan dari Allah SWT agar terhindar dari hal-hal buruk yang kita lakukan.

Akhlak mazmumah

Tak ada salahnya kita juga membaca doa yang disarankan oleh Rasulullah SAW untuk terus berlindung dari akhlak mazmumah, yaitu:

“Allahumma inni a’udzu bika min munkarotil akhlaqi wal a’mali wal ahwa’i”.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari akhlak, perbuatan dan hawa nafsu tercela”. Dengan doa ini, sobat cahaya Islam bisa melindungi diri dari perbuatan yang merugikan.Tak ada salahnya untuk terus mengingatkan diri tentang hal-hal yang dapat merugikan agar dapat menjauhinya.

Jauhkan diri kita dari akhlak mazmumah, karena perbuatan buruk tentu akan menimbulkan hasil yang buruk dan tentu sangat merugikan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY