Lakukan Amalan Turun Hujan Agar Berkah

0
273
Amalan turun hujan

Amalan turun hujan – Hujan yang turun bisa menjadi berkah bagi kita, jika mengamalkan sesuai dengan anjuran Rasulullah. Ada beberapa amalan turun hujan yang dapat kita baca disaat hujan turun. Tapi, terkadang seringkali kita lalai mengamalkannya padahal jika kita selalu mengamalkannya tentu hujan tersebut akan menjadi berkah bagi kita.

4 Amalan Turun Hujan

Banyak sekali keberkahan yang dapat kita ambil dalam ajaran Rasulullah, termasuk ketika turun hujan. Jika sobat cahaya Islam mengamalkan beberapa amalan rasulullah disaat hujan turun, maka ada keberkahan yang bisa kita rasakan. Adapun amalan yang dapat kita amalkan setiap turun hujan yang telah diajarkan Rasulullah, di antaranya yaitu:

1.      Berwudhu Menggunakan Air Hujan

Amalan yang dianjurkan Rasulullah kepada kita disaat hujan turun yaitu dengan berwudhu menggunakan air hujan yang turun. Mungkin sobat cahaya Islam merasa heran mendengar amalan ini, sebab biasanya berwudhu menggunakan air kran ataupun air mengalir.

Amalan turun hujan

Tapi, Nabi Muhammad justru menganjurkan untuk berwudhu air hujan sebagaimana sabda beliau yang disampaikan Ibnu Qudamah: ”Dianjurkan untuk berwudhu dengan air hujan apabila airnya mengalir deras.” (Al Mughni, 2/295).

2.      Berdoa Ketika Turun Hujan

Dengan berdoa disaat turun hujan menjadi waktu yang sangat mustajabnya doa. Dengan begitu, pada waktu turun hujan maka sobat cahaya Islam sangat dianjurkan memperbanyak berdoa.

Tak ada ruginya jika kita berdoa disaat turun hujan, yang mana setiap kebaikan yang kita lakukan akan selalu mendapatkan ganjaran yang baik pula.

3.      Bersyukur Ketika Turun Hujan

Jika kita bersyukur ketika turun hujan yang kita anggap sebagai bentuk rezeki dari Allah yang diturunkan kepada seluruh makhluk-Nya. Baik dari manusia, tumbuhan, hewan, maupun tanah. Untuk itu, sobat cahaya Islam sangat dianjurkan senantisa bersyukur dikala hujan turun, dengan cara berdoa.

Amalan turun hujan

4.      Jangan Mencela Hujan

Banyak sekali di antara kita yang mecela hujan ketika turun hujan karena dianggap menghambat kegiatan dan aktivitas kita yang pada akhirnya harus tertunda. Contohnya tak bisa datang kesebuah acara, bahkan hal kecil yaitu jemuran yang tidak bisa kering.

Secara tak langsung sobat cahaya Islam telah menyayangkan turunnya hujan. Sebenarnya ini adalah keberkahan yang tiada duanya. Rasulullah SAW memberi nasehat agar tidak menjadikan suatu makhluk yang tak bisa berbuat apa-apa untuk dijadikan kambing hitam.

Di saat tidak mendapat sesuatu yang kurang kita sukai. Contohnya beliau melarang mencela angin dan waktu, karena keduanya tidak bisa berbuat apa-apa.

5.      Mengambil Berkah Air Hujan

Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat begitu senang ketika turun hujan, sebab di dalamnya ada banyak sekali keberkahan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Qaaf ayat 9, yaitu:

Artinya: “Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.

Darin ayat ini, sobat cahaya Islam bisa simpulkan betapa banyaknya berkah yang bisa kita rasakan dengan turunnya hujan. Syukuri atas rezeki yang diturunkan oleh Allah kepada mahkluk-Nya dengan cara berdoa dan mengamalkan amalan lain untuk mendapatkan keberkahan dari turun hujan tersebut.

Di saat turun hujan jangan lupa untuk mengamalkan banyak hal yang telah dianjurkan oleh Rasulullah, karena kita akan mendapatkan keberkahan dari turunnua hujan tersebut. Dengan senantiasa mengamalkan amalan turun hujan, berarti kita akan selalu mendapat berkah dan rahmat yang Allah berikan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY