Macam-macam Contoh Akhlak Mahmudah Wajib Diterapkan

0
1063
akhlak mahmudah

Akhlak Mahmudah – Untuk menjadi pribadi lebih baik dari hari ke hari, tentu sobat cahaya Islam dapat memulainya dari memperbaiki akhlak. Di mana apa yang kita lakukan tentu saja harus berdasarkan apakah perbuatan tersebut baik atau buruk karena berpengaruh terhadap jalan hidup yang nantinya kita jalani.

Dengan memahami apa saja macam-macam contoh akhlak mahmudah yang tentu harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dipastikan akan membuat kita terbiasa berbuat baik.

Macam-macam Akhlak Mahmudah

Tidak sulit untuk kita memperbaiki diri dengan terus menerapkan akhlak terpuji agar jadi terbiasa dan akan sulit jika tidak melakukannya. Di dalam kehidupan kita sehari-hari, akan ada banyak contoh akhlak yang kita dapati, termasuk akhlak terpuji atau akhlak mahmudah, seperti I bawah ini :

1.      Haya’ (Malu)

Haya’ dapat diartikan malu yang mana menjadi salah satu dari 99 cabang keimanan. Maksud dari kata “malu” disini yaitu mempunyai sifat malu melakukan keburukan terhadap orang lain ataupun diri sendiri. Orang yang punya sifat haya bukan hanya melalui perasaan hatinya saja, melainkan juga akan ditunjukkan terhadap perbuatan dan perkataannya.

2.      Afwu (Pemaaf)

Pemaaf menjadi akhlak terpuji yang begitu dianjurkan untuk diterapkan ketika berhubungan sosial. Sebab memaafkan kesalahan dan kekhilafan orang lain merupakan suatu hal yang berat kita dilakukan.  

Maka dari itu, ketika sobat Cahaya Islam mampu memaafkan setiap kesalahan yang dilakukan orang lain. Tentu akan lebih baik dibandingkan ketika kita meminta maaf terhadap kesalahan sendiri. Dengan menerapkan sifat ini akan menjadikan diri kita pribadi lebih baik dan dapat menjalani hidup dengan tenang tanpa ada dendam.

3.      Ta’awun (Saling Menolong)

Manusia adalah mahluk sosial yang mana akan selalu  menuntut untuk saling memerlukan satu sama lainnya. Inilah kengapa manusia juga disebut dengan istilah “homo sapien”, yang artinya tak bisa menjalani hidup tanpa adanya manusia lain di sekitar. Dari sinilah saling menolong atau saling membantu sangat diperlukan menjadi contoh akhlak mahmudah yang sangat mudah untuk kita terapkan di kehidupan sehari-hari.

4.      Sabar

Sifat sabar merupakan sifat yang tabah ketika menghadapi segala bentuk masalah, ujian dan cobaan hidup yang menimpa. Yang mana sifat sabar sangat berat untuk sobat cahaya Islam jalani, kecuali bagi orang yang mempunyai pondasi hati yang kuat, sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Baqarah ayat 45:

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’,

5.      Mendahulukan Orang Lain

Ajaran dalam agama islam menyerukan untuk selalu mendahulukan keperluan orang lain dibandingkan dengan kepentingan diri kita sendiri.

Dalam urusan yang berhubungan dengan sosial tanpa harus memandang orang tersebut. Seperti firman Allah SWT yang menceritakan kaum Anshor dan kaum Muhajirin terkandung dalam QS. Al-Hasyr ayat 9, yaitu:

“Dan mereka (kaum Anshor) mengutamakan (orang-orang muhajirin), atas diri mereka sendiri, Sekalipun mereka dalam kesusahan. dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka Itulah orang orang yang beruntung.”

6.      Tadarru’ (Rendah Hati)

Bagi orang yang mempunyai akhlak rendah hati pastinya akan selalu mampu untuk menghargai apapun yang ada pada diri orang lain. Tidak merasa jauh lebih baik dibandingkan dengan orang lain, dan tak suka menyombongkan yang dimiliki.

Marilah kita terus memperbaiki diri dengan menerapkan beberapa contoh akhlak mahmudah disetiap hari yang kita jalani yang nantinya lama-kelaman akan menjadi terbiasa kita terapkan dan akan mendatangkan kenyamanan diri.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY