Menjadi Tetangga yang Baik Ditengah Kehidupan Sosial yang Carut Marut

0
364
Menjadi Tetangga yang Baik Ditengah Kehidupan Sosial yang Carut Marut

Menjadi tetangga yang baik – Beberapa waktu yang lalu ketika tim cahaya islam sedang asyik scroll sosial media. Ada sebuah video trending yang ditonton oleh banyak orang. Tentang seorang tetangga yang ngecor akses jalan tetangganya. Konteksnya adalah tentang sengketa tanah. Dan masih buanyak lagi beberapa video yang sama, dimana hubungan antar tetangga menjadi bersitegang.

Menjaga Kedamaian antar Tetangga adalah Bagian dari Keimanan

حَدَّثَنَا عَاصِمُ بْنُ عَلِيٍّ، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ سَعِيدٍ، عَنْ أَبِي شُرَيْحٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏”‏ وَاللَّهِ لاَ يُؤْمِنُ، وَاللَّهِ لاَ يُؤْمِنُ، وَاللَّهِ لاَ يُؤْمِنُ ‏”‏‏.‏ قِيلَ وَمَنْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ ‏”‏ الَّذِي لاَ يَأْمَنُ جَارُهُ بَوَايِقَهُ ‏”‏‏.‏ تَابَعَهُ شَبَابَةُ وَأَسَدُ بْنُ مُوسَى‏.‏ وَقَالَ حُمَيْدُ بْنُ الأَسْوَدِ وَعُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ وَأَبُو بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ وَشُعَيْبُ بْنُ إِسْحَاقَ عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ،‏.

Secara singkat, Hadits Bukhari 6016 diatas menjelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda: Bahwasanya tidak beriman seseorang, bila tetangganya merasa ketakutan dan merasa rugi karena tindakan buruk dirinya.

Pada dasarnya, menjadi tetangga yang baik terlepas dari apapun polemik dan masalah di dalamnya adalah penting dalam membangun hubungan dan kehidupan harmonis dengan tetangga-tetangga Anda. Jika Anda ingin menjadi tetangga yang baik terhadap tetangga Anda. Oleh karena itu, tim cahaya islam sudah mempersiapkan beberapa tips yang bisa sobat cahayaislam ikuti:

Bertegur sapa dan berkomunikasi dengan ramah, Cara Paling Sederhana untuk Menjadi Tetangga yang Baik

Jalinlah hubungan yang baik dengan tetangga Anda dengan bertegur sapa yang ramah dan sopan. Jika memungkinkan, ajak mereka untuk berbincang dan saling berbagi informasi tentang budaya dan tradisi masing-masing. Berbincanglah tentang beberapa isu terkini, atau tanyakan keadaan keluarga dan anak anaknya. Perlihatkan bahwa kita peduli dengan mereka. Meskipun mungkin hanya sebatas basa basi biasa.

Anda juga bisa bertegur sapa di waktu tertentu dengan lebih intens. Dalam situasi ini contohnya, Jika ada perayaan agama yang dirayakan oleh tetangga Anda, luangkan waktu untuk menyampaikan ucapan selamat atau bahkan mengunjungi mereka untuk memberikan hadiah atau makanan yang sesuai dengan perayaan tersebut. Hal ini akan menunjukkan penghargaan Anda terhadap budaya dan agama mereka.

Di lain sisi, kuncinya adalah menjaga keramahan dan sikap saling peduli Jika tetangga sobat cahayaislam memiliki kebutuhan khusus atau sedang menghadapi tantangan dalam hidup mereka, berikan dukungan dan bantuan yang mungkin Anda berikan. Menunjukkan sikap peduli dan perhatian dapat membuat mereka merasa dihargai dan diterima sebagai bagian dari komunitas.

Menjadi Tetangga yang Baik dengan Bersikap Inklusif Namun Tetap Menghormati privasi mereka

Jika ada acara komunitas atau kegiatan di sekitar lingkungan Anda, ajaklah tetangga sobat cahayaislam untuk ikut serta. Ini akan membantu memperkuat ikatan sosial dan menciptakan kebersamaan di antara warga sekitar.

Dalam hal ini, pula sama seperti Anda bersikap inklusif, and perlu juga menghormati privasi tetangga-tetangga Anda. Jangan mencampuri urusan pribadi mereka kecuali jika mereka meminta bantuan atau berbagi informasi dengan Anda secara sukarela.

***

Ingatlah bahwa setiap individu adalah unik, termasuk tetangga Anda. Yang terpenting adalah menjalin hubungan saling menghormati, saling peduli, dan saling mendukung dalam lingkungan yang harmonis dan damai. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY