4 Pokok Ajaran Islam yang Wajib Dipahami Umat Muslim

0
398
4 POKOK AJARAN ISLAM

4 Pokok Ajaran Islam – Sebagai umat muslim yang taat, hendaknya Sobat Cahaya Islam memahami ajaran pokok dalam agama Islam. Ajaran pokok ini akan menjadi pondasi dalam segala aspek kehidupan sebagai manusia.  Untuk itu, terdapat 4 pokok ajaran krusial yang harus diimani oleh sobat sekalian.

Kenali 4 Pokok Ajaran Islam

Di bawah ini terdapat empat pokok ajaran agama Islam yang wajib diketahui Sobat Cahaya Islam.

1. Aqidah (Keyakinan)

Aqidah berasal dari bahasa Arab Al-‘aqdu yang memiliki arti kokoh dan kuat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, aqidah diartikan sebagai keyakinan dasar atau pokok kepercayaan yang dimiliki oleh masing-masing individu. Untuk itu, aqidah secara bahasa dapat dimaknai sebagai keyakinan dasar yang bersifat kokoh.

Secara istilah, aqidah diartikan sebagai suatu pedoman yang diyakini oleh masing-masing individu. Dalam hal ini, setiap individu yang meyakininya harus selalalu berpegang teguh dan tidak lalai terhadap aqidah tersebut. Keyakinan ini harus selaras dengan perilaku yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sobat Cahaya Islam tentu saja sudah paham, bahwa aqidah menjadi salah satu pokok ajaran dalam agama Islam. Ada beberapa aspek yang termasuk ke dalam aqidah Islam.  Aspek-aspek tersebut meliputi, keyakinan atas kebesaran Allah, Malaikat, Nabi dan Rasul, kitab suci, hari akhir dan ketetapan Allah SWT (takdir). Aspek-aspek inilah menjadi pondasi yang harus diyakini oleh setiap umat Muslim.

2. Syariat (Hukum)

Salah satu 4 pokok ajaran Islam ialah syariat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), syariat diartikan sebagai “hukum agama yang menetapkan peraturan hidup manusia, hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan manusia dan alam sekitar berdasarkan Alquran dan hadis”.  Syariat berisi norma atau hukum yang dijunjung tinggi dalam agama Islam.

Sebagai muslim yang baik, Sobat Cahaya Islam perlu menaati syariat yang telah ditetapkan dalam agama. Syariat Islam tentu saja disusun sesuai dengan Al-Quran dan Hadits. Syariat akan menuntun umat muslim ea rah kebaikan. Hal tersebut sesui dengan kutipan ayat berikut.

لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا

“Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang.” (QS. Al-Maidah: 48)

3. Akhlak (Perilaku)

4 POKOK AJARAN ISLAM

Akhlak atau perilaku menjadi bagian dari 4 pokok ajaran Islam yang harus dipahami oleh umat muslim. Sobat Cahaya Islam tentu saja telah mengetahui perilaku terpuji dan tidak terpuji yang telah ditetapkan oleh agama Islam. Akhlak atau perilaku yang diterapkan oleh manusia hendaknya selalu menjunjung tinggi aspek aqidah dan syariah.

Allah sangat mencintai hamba-Nya yang berakhlak mulia. Sebagai muslim yang baik, dalam kehidupan sehari-hari hendaknya sobat harus berakhlak mulia (akhlaqul Karimah). Berakhlak mulia tentu saja tidak hanya kepada sesama manusia, tetapi juga di hadapan Allah SWT, dan juga kepada alam semesta. Hal tersebut diperkuat dengan hadits berikut.

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang terbaik akhlaknya.” (HR At- Tirmidzi)

4. Ibadah

Menurut KBBI, ibadah adalah perbuatan untuk menyatakan bakti kepada Allah, yang didasari ketaatan mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Ibadah menjadi bagian dari 4 pokok ajaran Islam yang harus dipahami oleh Sobat Cahaya Islam. Perlusobat ketahui, ibadah dilaksanakan sebagai bentuk ketaqwaan dan ketaatan manusia kepada penciptanya.

Ibadah juga dapat diartikan sebagai bentuk mengesakan Allah SWT. Ibadah dilakukan untuk mendapat keridhoan Allah SWT. Dalam hal ini, ibadah dapat dilaksanakan dengan bentuk doa, dzikir, sholat dan segala perbuatan yang mengingat Allah SWT.

Ibadah dilakukan dengan penuh kesadaran. Ibadah menjadi media yang menjembatani hamba dengan penciptanya. Allah SWT menjanjikan kebaikan dan pahala yang melimpah untuk hamba-Nya yang senantiasa taat beribadah.

Melalui pemaparan terkait 4 pokok ajaran Islam, dapat dipahami bahwa sebagai muslim sejati perlu menanamkan ajaran-ajaran Islam dalam diri. Hal tersebut guna memperkokoh pondasi keimanan. Dengan keimanan yang kokoh, akan mendekatkan sobat kepada hal-hal yang diridhoi Allah SWT. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY