Hati – Hati, Ini Dia Waktu Terlarang Shalat Dhuha!

0
77
Waktu Terlarang Sholat Dhuha

Waktu terlarang shalat dhuha – Shalat dhuha merupakan salah satu shalat sunnah yang dapat melengkapi shalat wajib. Ketika waktu shalat dhuha termasuk waktu sholat yang istimewa. Namun, ternyata terdapat waktu terlarang shalat dhuha.

Dalam menjalankan shalat dhuha banyak sekali hikmat yang dapat kita peroleh. Sementara itu, ketika waktu sholat dhuha inilah termasuk waktu yang pas untuk berdoa dalam hal rezeki. Banyak yang mengatakan bahwa dengan melaksanakan sholat dhuha rezeki kita akan lancar.

Walaupun, hukum dari sholat dhuha termasuk ke dalam shalat sunnah. Namun, pada kenyataan shalat dhuha harus kita laksanakan pada waktu yang tepat. Tentu, dengan hati yang ikhlas juga.

Tujuannya supaya Allah SWT menerima shalat yang kita lakukan tersebut secara sah dan menganggapnya sebagai pahala.

Rasulullah SAW pun menghimbau para sahabatnya untuk melaksanakan sholat dhuha. Sebab itulah, umat Islam juga perlu rutin untuk mengamalkannya. Seperti halnya yang terdapat pada Riwayat Abu Dawud:

عَنْ نُعَيْمِ بْنِ هَمَّارٍ الْغَطَفَانِىِّ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ ».

Artinya:

Dari Nu’aim bin Hammar Al Ghothofaniy, beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR .Abu Dawud).

Kapan Waktu Terlarang Sholat Dhuha?

Sementara itu, banyak sumber yang mengatakan bahwa, terkadang seseorang masih bingung kapan harus melaksanakan shalat dhuha. Seperti halnya waktu sarapan, shalat dhuha ini kita laksanakan pada pagi hari sampai sebelum datangnya adzan dzuhur.

Namun, perlu anda ingat jangan sampai melaksanakan shalat dhuha pada waktu-waktu yang haram atau terlarang. Lalu, kapan saja waktu terlarang sholat dhuha tersebut?

Batas jam shalat dhuha adalah ketika sesudah shubuh hingga matahari terbit yakni, sekitar pukul 06.00-07.30 pagi.

Waktu terlarang shalat dhuha yang selanjutnya ialah ketika memasuki dzuhur sampai tergelincirnya matahari atau sekitar pada pukul 11.30-12.15 siang.

Waktu – waktu tersebut termasuk waktu yang haram untuk menjalankan ibadah shalat dhuha berdasarkan ketentuan larangan dari Rasulullah ﷺ.

Hadist Rasulullah tentang Waktu Terlarang Shalat Dhuha

Berikut ini merupakan hadis-hadis Rasulullah SAW yang memperlihatkan waktu-waktu terlarang untuk melaksanakan shalat dhuha.

  • Ibnu Abbas berkata, “Datanglah orang-orang yang diridhai dan ia ridha kepada mereka yaitu Umar, ia berkata bahwasanya Nabi ﷺ melarang shalat sesudah shubuh hingga matahari bersinar, dan sesudah ashar hingga matahari terbenam,” (HR. Bukhari).
  • Dari Zaid bin Arqam, bahwa ia tengah nampak orang-orang mengerjakan shalat dhuha (pada waktu yang belum begitu siang), maka beliau berkata, “Ingatlah, sesungguhnya mereka telah mengetahui bahwa shalat dhuha pada selain saat-saat seperti itu adalah lebih utama.  Sesungguhnya Rasulullah ﷺ bersabda, “Shalatnya orang-orang yang kembali kepada Allah adalah pada waktu anak-anak unta sudah bangun dari pembaringannya karena tersengat panasnya matahari,” (HR. Muslim).
  • Dari Ibnu Umar berkata, “Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Apabila sinar matahari terbit maka akhirkanlah (jangan melakukan) shalat hingga matahari tinggi. Dan apabila sinar matahari terbenam, maka akhirkanlah (jangan melakukan) shalat hingga matahari terbenam’,” (HR. Bukhari).

Alasan Waktu Tersebut Menjadi Terlarang Untuk Sholat Dhuha

Tak hanya itu saja, salah satu alasan kenapa kedua waktu tersebut termasuk ke dalam waktu yang diharamkan untuk melaksanakan shalat dhuha adalah karena adanya setan yang senatiasa mengikuti waktu-waktu tersebut.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Matahari terbit dengan diikuti setan. Pada waktu mulai terbit, matahari berada dekat dengan setan, dan ketika telah mulai meninggi berpisah darinya. Pada waktu matahari berada tepat di tengah-tengah langit, ia kembali dekat dengan setan, dan ketika telah zawal (condong ke arah barat) ia berpisah darinya. Pada waktu hampir terbenam, ia dekat dengan setan, dan setelah terbenam ia berpisah lagi darinya,” (HR. Nasa’i).

Maka, dari itu perlunya untuk mengetahui waktu yang tepat untuk sholat dhuha. Jangan sampai ibadah yang kita jalani menjadi hal yang sia-sia dan menimbulkan dosa, karena sholat di waktu yang tidak tepat. Faktanya, terdapat beberapa waktu yang terlarang untuk menjalankan ibadah sholat dhuha.

Itulah waktu-waktu yang dilarang dalam melaksanakan shalat dhuha. Kita butuh untuk memperhatikan hal ini. Jangan sampai ibadah kita menjadi tidak berguna hanya karena salah waktu dalam menjalankan ibadah shalat.

Alangkah baiknya berhati-hatilah dalam melaksanakan shalat sunnah, walaupun bernilai ibadah, tapi juga bisa menjadi petaka apabila melakukan kesalahan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY