DDD Challenge Viral, Ini Pandangan Islam Tentang Masturbasi

0
103
DDD challenge

DDD Challenge – Memasuki bulan Desember, banyak orang yang membicarakan tentang DDD Challenge. Bahkan istilah tersebut menjadi viral di sosial media terutama tiktok.

DDD atau singkatan dari Destroy D*ck December merupakan tantangan yang orang lakukan mulai tanggal 1 Desember. Adapun saat itu para pria melakukan masturbasi sampai satu bulan penuh.

Pada dasarnya challenge ini menyusul tren pada bulan November sebelumnya yaitu NNN alias No Not November. Untuk challenge tersebut justru mengajak pria agar tidak masturbasi sama sekali sampai sebulan penuh.

Kalau dalam kacamata medis, masturbasi dalam tantangan DDD tidak mendatangkan dampak bahaya signifikan. Tetapi kalau seseorang melakukannya terlalu banyak, pada sejumlah kasus bisa berdampak terhadap fisik sampai mental.

Masturbasi yang terlalu sering membuat kemaluan pria menjadi berkurang sensitivitasnya ketika berhubungan seks. Selain itu pada beberapa kasus, pria yang kecanduan membuatnya semakin sering melakukan masturbasi.

Kondisi tersebut dapat memicu gangguan pada kegiatan sehari-hari. Karena itulah pada dasarnya DDD challenge adalah tantangan yang kontroversial.

Pandangan Islam Terhadap Masturbasi Dalam DDD Challenge

Seperti yang sudah Sobat Cahaya Islam ketahui, dampak tantangan DDD dari sisi medis tergolong membahayakan. Lantas bagaimana pandangan islam terhadap masturbasi dalam tantangan tersebut?

Berdasarkan dalil Al Qur’an dan Hadits, jelas masturbasi seperti yang dilakukan dalam DDD challenge adalah haram. Onani atau masturbasi yang seorang laki-laki atau perempuan biasanya mereka lakukan dengan memainkan alat kelamin.

Para ulama pun sepakat bahwa hal tersebut adalah tindakan yang merusak unsur etika dan tak pantas seorang muslim lakukan. Ibnu Katsir Rahimahullah menuturkan bahwa Imam Syafi’I dan mereka yang sependapat dengannya sudah ber dalil pengharaman onani menggunakan tangan dengan ayat ini:

والذين هم لفروجهم حافظون . إلا على أزواجهم أو ما ملكت أيمانهم فإنهم غير ملومين . فمن ابتغى وراء ذلك فأولئك هم العادون ) 4-6 سورة المؤمنون

“dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. QS. Al-Mukminun: 5-7

Sementara itu ada juga pendapat para ulama mazhab Hanafi. Adapun pendapat mereka sama yang menyebut onani atau masturbasi pada dasarnya haram.

Tetapi mereka memperbolehkan dalam kondisi tertentu. Di mana kondisi tersebut membuat seseorang bisa saja terjerumus dalam tindakan keharaman yang justru lebih besar.

Untuk dasar hukumnya, mereka mengikuti sebuah kaidah fiqih di dalam Syarh Al Qawaid al Zarqa oleh Ahmad bin Muhammad Al Zarqa. Adapun kaidah itu menyebut bahwa:

Zarqâ bahwa idzâ ta’âradla mafsadatâni rû’iya a’dhamuhumâ dlirâran bi irtikâbi akhaffihimâ

Kaidah tersebut berarti, “Kalau bertentangan dalam dua bahaya, maka dipinggirkan bahaya yang lebih besar dan melaksanakan bahaya lebih ringan.”

Cara agar Terhindar Masturbasi

Sementara itu ada solusi tersendiri bagi orang yang sudah terjerumus ke hal itu. Di bawah ini ada beberapa cara dan nasehat agar bisa terlepas dari kebiasaan masturbasi:

1.       Menunaikan Perintah Allah dan Menjauhi Larangannya

Bagi umat muslim yang beriman, tentu seharusnya bisa melepaskan diri dari kebiasaan buruk tersebut. Adapun caranya yakni dengan menunaikan perintah Allah dan perlu menjauhi larangannya.

DDD challenge
Muslim men praying during Ramadan

2.       Menikah

Solusi terbaik agar bisa menjauhi hal tersebut adalah dengan menikah. Menikah juga termasuk sebagai realisasi dari wasiat Nabi Muhammad SAW kepada para pemuda.

DDD challenge

3.       Menyibukan Diri Dengan Mengingat Akhirat

Sobat Cahaya Islam juga bisa terhindar dari masturbasi dengan selalu menyibukan diri untuk mengingat akhirat. Sebab jika mengikuti rasa was was akan menjurus ke perbuatan itu dan menjadi kebiasaan sampai sulit terlepas darinya.

Demikian pandangan islam terhadap masturbasi dalam DDD challenge yang kini menjadi tren di sosial media.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY