Peran Orangtua Muslim dalam Mendidik Anak Sesuai Ajaran Rasulullah, Sudahkah Sesuai Didikanmu?

0
291
peran orangtua Muslim

Peran orangtua Muslim – Dalam agama Islam, peran orangtua Muslim sangat penting dalam mendidik anak-anak mereka. Orangtua Muslim memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa anak-anak mereka tumbuh menjadi individu islami.

Islam mengajarkan bahwa pendidikan anak melibatkan pendekatan yang seimbang antara cinta, pengajaran agama, dan disiplin yang benar. Sebagai orangtua kita harus mengetahui porsi-porsi ini agar bisa mendidik anak sesuai ajaran Islam.

Sobat Cahaya Islam, mendidik anak sesuai ajaran Islam sebelumnya sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau sudah lebih dulu mendidik anak-anaknya dan menjadikan anak-anaknya pribadi yang Islami.

Sebagai umatnya, kita jelas harus mengikuti ajaran-ajaran yang beliau lakukan sebelumnya. Dengan berpegang teguh pada keyakinan Islam dan mencontoh prilaku Rasulullah, diharapkan orangtua bisa mendidik anaknya dengan baik dan benar.

Peran Orangtua Muslim dalam Mendidik Anak Menurut Ajaran Rasulullah

Peran orangtua Muslim sangat diperlukan untuk mendidik anak-anaknya agar menjadi pribadi yang baik dan taat akan perintah Allah. Ada beberapa ajaran Nabi Muhammad SAW yang bisa kita jadikan contoh untuk mendidik anak kita.

1.      Rasulullah Sering Mengajak Anak-Anak Bermain

Ajaran Rasulullah dalam mendidik anak sesuai ajaran Islam mencakup pentingnya interaksi dan perhatian terhadap anak-anak.

Rasulullah sering mengajak anak-anak bermain untuk memperkuat hubungan emosional antara beliau dan anak-anak tersebut.

peran orangtua Muslim

Melalui bermain, Rasulullah memberikan contoh pengasuhan yang hangat, menghargai kebutuhan anak-anak untuk bermain, dan memberikan waktu yang berkualitas untuk mereka.

2.      Membekali Aqidah

Salah satu aspek penting dalam mendidik anak menurut ajaran Islam adalah memperkuat aqidah atau keyakinan mereka terhadap Islam.

Rasulullah menekankan pentingnya memberikan pemahaman yang kuat tentang ajaran agama kepada anak-anak.

Beliau mengajarkan nilai-nilai, kepercayaan, dan prinsip-prinsip Islam secara mendalam sehingga anak-anak dapat memahami dasar-dasar agama dengan baik.

Hal paling mendasar yang harus diajarkan kepada anak adalah mengenal tuhannya. Sebagai orangtua kita harus mengenalkan Allah sebagai Tuhan kita. Mendidik anak untuk beribadah dan hanya menyembah Allah sebagai tuhannya.

وَاِذْ قَالَ لُقْمٰنُ لِابْنِهٖ وَهُوَ يَعِظُهٗ يٰبُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللّٰهِ ۗاِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ

Artinya:

‘Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, “Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.”’ (QS. Al-Luqman:13)

3.      Mendidik Anak Agar Berbakti Pada Orangtua

Ajaran Rasulullah juga menekankan pentingnya berbakti kepada orangtua. Rasulullah memberikan teladan dalam memperlakukan orangtua dengan hormat dan kasih sayang, serta mendorong anak-anak untuk melakukan hal yang serupa.

peran orangtua Muslim

Beliau mengajarkan anak-anak untuk mematuhi perintah dan menjaga hubungan yang baik dengan orangtua mereka. Sebagaimana diajarkan bahwa ketaatan kepada orangtua dianggap sebagai salah satu kewajiban dalam Islam.

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Artinya:

‘Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.’ (QS. Al-Luqman:14)

4.      Mengajarkan Akhlak yang Baik Pada Anak

Rasulullah sangat memperhatikan pembentukan akhlak anak-anak. Beliau mengajarkan pentingnya memiliki akhlak yang baik seperti jujur, sabar, murah hati, sopan, dan menghindari perilaku yang buruk.

Rasulullah memberikan contoh langsung dalam perilaku dan sikapnya sendiri, serta memberikan nasihat dan pengajaran kepada anak-anak. Hal itu dilakukan agar mereka dapat mengembangkan akhlak yang terpuji.

5.      Menjaga Kesehatan dan Lingkungan Anak

Ajaran Rasulullah juga mencakup pedoman tentang menjaga kesehatan dan lingkungan anak-anak. Beliau menekankan pentingnya menjaga kebersihan diri, menjaga kesehatan, dan menjauhkan diri dari perilaku yang merusak tubuh dan jiwa.

Rasulullah juga mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menghormati makhluk hidup lainnya, termasuk hewan dan alam sekitar.

Secara keseluruhan, Rasulullah mengajarkan untuk mendidik anak sesuai ajaran Islam. Ajaran itu mencakup aspek-aspek seperti memberikan perhatian, memperkuat keyakinan agama, mengajarkan ketaatan kepada orangtua, hingga menjaga kesehatan dan lingkungannya.

Semua ini bertujuan untuk membentuk pribadi yang seimbang, berakhlak mulia, dan memiliki kecintaan yang kuat terhadap agama dan lingkungan sekitar.

Peran orangtua Muslim sangat dibutuhkan oleh seorang anak. Sebab, apa yang orangtua ajarkan sejak kecil, akan menjadi bekal untuk anak tersebut hingga dewasa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY