Pembinaan Akhlak Terpuji dalam Islam untuk Penerapan Kehidupan Sehari-Hari

0
631
pembinaan akhlak terpuji

Pembinaan Akhlak Terpuji – Mempunyai akhlak terpuji sejatinya hal yang penting bagi semua orang. Pasalnya, akhlak yang terpuji patut Sobat terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itulah, sangat penting senantiasa melakukan pembinaan akhlak terpuji yang sesuai dalam ajaran islam.

Akhlak adalah perilaku manusia yang sudah melekat kepada diri seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Maka itu, akhlak menjadi hal fundamental terutama dalam pandangan islam. Bahkan Allah mengutus Nabi Muhammad SAW dengan misi menyempurnakan akhlak seluruh umatnya.

Pentingnya Pembinaan Akhlak Terpuji dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam pandangan islam, akhlak terbagi menjadi beberapa jenis tersendiri. Jenis pertama yaitu akhlak manusia kepada tuhannya yakni Allah SWT. Ada juga akhlak seorang manusia kepada masyarakat dan alam di bumi.

Terakhir akhlak seorang manusia pada dirinya sendiri. Penerapan akhlak yang terpuji dan mulia sangat penting dalam semua aspek kehidupan. Terlebih, penentu kemuliaan seseorang adalah kemuliaan akhlaknya.

Sayangnya banyak orang terutama mereka dengan jabatan tinggi yang mengabaikan pentingnya mempunyai akhlak terpuji. Terbukti dari banyaknya manusia dengan sikap egois yang nantinya merugikan banyak orang dimana saja.

Karena keprihatinan itu, penting untuk mulai melakukan pembinaan akhlak terpuji sejak dini agar senantiasa terbawa sampai dewasa kelak.

Cara Pembinaan untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji

Sobat Cahaya Islam, akhlak terpuji menjadi akhlak Islami yang membawa kebaikan dan keuntungan untuk diri sendiri maupun orang lain. Lalu bagaimana cara untuk membina akhlak agar lebih terpuji dan berguna bagi sesama? Terdapat beberapa hal yang bisa Sobat ikuti sebagai upaya pembinaan akhlak terpuji diri sendiri yaitu:

1.       Selalu Berbaik Sangka

Upaya pertama dalam pembinaan demi meningkatkan akhlak yang terpuji adalah dengan berbaik sangka. Sobat bisa memulainya dengan berprasangka baik kepada diri sendiri ataupun kepada orang lain. Manusia yang dalam kondisi putus asa, pada umumnya cenderung berburuk sangka kepada Allah SWT.

pembinaan akhlak terpuji

Ini menjadi sikap yang wajib Sobat hindari dan jangan pernah melakukannya. Mengingat Allah SWT sudah banyak menurunkan Rahmat untuk manusia dan makhluk yang ada di muka bumi. Hal ini sebagaimana yang tertulis dalam Al Quran:

وَسَخَّرَ لَكُم مَّا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ جَمِيعًا مِّنْهُ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.” (Surat Al-Jatsiyah Ayat 13)

2.       Mentaati Syariat Agama

Cara lainnya agar Sobat dapat meningkatkan kualitas akhlak menjadi lebih terpuji adalah dengan menaati syariat agama. Sobat bisa mentaati syariat agama dengan membiasakan diri melakukan berbagai hal yang bermanfaat untuk diri sendiri serta orang lain. Jauhi semua hal yang buruk apalagi bertentangan dengan syariat agama.

Dengan mengikuti syariat agama, maka Sobat akan merasakan kehidupan yang lebih tenang. Tak hanya itu, akan terbentuk sikap dan perilaku yang positif dan bebas dari permusuhan. Apalagi Allah SWT sudah berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ

Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (QS. An-Nisa’ Ayat 59)

3.       Mengingat Sejarah Rasulullah

Membina akhlak menjadi lebih terpuji juga bisa Sobat lakukan dengan mencontoh semua kebiasaan Nabi Muhammad SAW semasa hidup.

pembinaan akhlak terpuji

Mencontoh berbagai perilaku Nabi Muhammad SAW bisa meningkatkan kualitas diri Sobat terutama dalam akhlak terpuji. Mengingat, kehidupan Nabi Muhammad merupakan contoh teladan yang baik.

Dalam Al Quran, Allah berfirman:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan kedatangan hari Kiamat dan dia banyak menyebut Nama Allah.” [Al-Ahzaab/33: 21]

Sobat Cahaya Islam, seperti itu upaya dalam pembinaan akhlak terpuji yang bisa Sobat ikuti. Semoga saja Sobat senantiasa menjadi manusia dengan akhlak terpuji dan menjadi muslim yang taat. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY