Contoh Sikap Menjaga Ukhuwah Islamiyah Dalam Kehidupan Sehari-Hari

0
1494
Menjaga Ukhuwah Islamiyah

Menjaga Ukhuwah Islamiyah – Sebagai seorang Muslim, Sobat Cahaya Islam diharuskan untuk menjaga ukhuwah islamiyah. Seperti yang sering kita dengar, ukhuwah memiliki arti persaudaraan. Sedangkan, ukhuwah Islamiyah diartikan sebagai persaudaraan bersifat keilmuan atau dengan kata lain persaudaraan yang didasari oleh kesamaan agamanya.

Kewajiban Menjaga Ukhuwah Islamiyah

Kewajiban dalam menjaga ukhuwah islamiyah pun sudah termaktub dalam firman Allah surah al Hujurat ayat 10 yang berbunyi:

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ ج وَاتَّقُوْا للهَ لَعَلَّكُمْتُرْحَمُوْنَ (10)

Artinya: “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu, damaikanlah (perbaikilah hubungan antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (Q.S. al Hujurat: 10)

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa kita sebagai seorang Muslim harus menjaga hubungan antar saudara. Perilaku menjaga hubungan antar sesama Muslim pun bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, sebagaimana perilaku di bawah ini.

1.     Menegakkan Sholat 5 Waktu

Menegakkan sholat 5 waktu ini, dikhususkan untuk Sobat Cahaya Islam yang sering melakukan salat jamaah di Masjid atau Musholla. Mengapa demikian? Sebab, dengan melaksanakan shalat jamaah 5 kali di Masjid akan menjalin Silaturahmi antar sesama umat Islam. Hal ini pun bisa mendatangkan rasa cinta dan kesatuan antar umat Muslim.

Menjaga Ukhuwah Islamiyah

2.     Tolong-Menolong

Sebagai sesama Muslim, sebaiknya Sobat Cahaya Islam harus saling tolong-menolong dengan cara membantu dan meringankan beban saudara yang tertimpa musibah. Sebab, saling tolong-menolong yang dilakukan akan memunculkan rasa simpati dan empati antar sesama makhluk hidup.

3.     Menjauhi Perbuatan Maksiat

Salah satu penyebab maksiat antara sesama manusia ialah melakukan maksiat. Hal tersebut juga dijelaskan dalam firman Allah surah al Maidah ayat 91 yang berbunyi:

اِنَّمَا يُرِيْدُ الشَّيْطنُ اَنْ يُوْقِعَ بَيْنَكُمْ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِيْ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللهِ وَعَنِ الصَّلوةِ فَهَلْ اَنْتُمْ مُّنْتَهُوْنَ (91)

Artinya: “Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan salat, maka tidakkah kamu mau berhenti”. (Q.S. al Maidah: 91).

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwasanya Allah swt, melarang perbuatan maksiat berupa meminum minuman keras dan berjudi. Sebab, perbuatan tersebut akan menimbulkan kebencian dan permusuhan di antara sesama Muslim. Tidak hanya itu saja, perbuatan tersebut juga menghalangi Sobat Cahaya Islam untuk mengingat Allah dan melaksanakan shalat.

4.     Menebarkan Salam dan Dilarang Bersikap Acuh

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, bahwasanya orang Islam dianjurkan untuk saling menyapa dengan menebarkan salam. Namun sebaliknya, orang Islam juga dilarang untuk bersikap acuh dan memutus tali persaudaraan antar saudara seiman.

5.     Saling Memaafkan

Salah satu cara untuk menyelesaikan permasalahan supaya menjadi lebih mudah diselesaikan ialah dengan saling memaafkan antar manusia. Dengan saling memaafkan, Sobat Cahaya Islam juga bisa menyelesaikan suatu masalah atau pertikaian yang terjadi. Hal tersebut, juga dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani.

Menjaga Ukhuwah Islamiyah

6.     Mendoakan Dalam Kebaikan

Sebagai seorang Muslim, Sobat Cahaya Islam harus bisa saling memaafkan dan mendoakan kebaikan antar sesama Muslim. Apalagi, saling mendoakan kebaikan antar saudara dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. 

Dalam hadis tersebut dijelaskan, bahwasanya seorang Muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuannya, maka malaikat akan mendoakannya pula. Maka dari itu, jika Sobat Cahaya Islam ingin didoakan para malaikat, sebaiknya mendoakan saudaranya dengan doa yang baik.

Demikian beberapa kegiatan sehari-hari yang bisa Sobat Cahaya Islam lakukan untuk menjaga ukhuwah islamiyah. Perbuatan yang disebutkan tersebut akan membantu Sobat Cahaya Islam untuk menggapai ridho Allah swt.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY