Mengajarkan Tanggung Jawab Kepada Anak yang Sesuai Ajaran Islam

0
189
mengajarkan tanggung jawab kepada anak

Mengajarkan tanggung jawab kepada anak – Tanggung jawab adalah keterampilan hidup yang menantang untuk orang tua ajarkan. Karena itu, penting bagi orangtua untuk mulai mengajarkan tanggung jawab kepada anak sejak dini. Semakin awal melatihnya pada anak, maka kian mudah mengandalkan tanggung jawab kepadanya secara alami.

Melatih tanggung jawab kepada anak tak hanya memberikan teori yang mungkin saja membuat anak bingung dan tak tertarik. Ada banyak aktivitas yang bisa Sobat Cahaya Islam gunakan untuk mengajar tanggung jawab kepada anak. Selain itu, orang tua juga bisa menyadarkan kepada anak bahwa tanggung jawab adalah keterampilan yang penting bagi dirinya.

Cara Mengajarkan Tanggung Jawab Kepada Anak yang Benar

Tanggung jawab menjadi hal yang wajib anak-anak pelajari dan bawa sampai dewasa. Dengan begitu, Sobat juga bisa menggali potensi secara penuh dari dalam diri anak-anak. Mempunyai rasa tanggung jawab merupakan kunci kesuksesannya sampai besar nanti.

Saat mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab, Sobat juga harus memberikan contoh yang mudah mereka mengerti. Secara umum, tanggung jawab merupakan sebuah hal yang wajib manusia lakukan. Untuk memudahkan memunculkan rasa tanggung jawab kepada anak, berikut ini cara-cara yang bisa Sobat lakukan:

1.       Menjelaskan Tentang Tanggung Jawab

Kalangan psikolog sering merekomendasikan para orangtua untuk memakai kata tanggung jawab di depan buah hati. Anak-anak yang mendengarkan serta belajar mengidentifikasi kata tersebut sejak kecil akan lebih mudah untuk menerapkannya. Saat Sobat memberikan tugas kepada anak, harap pastikan ia paham bahwa itu merupakan bagian dari tanggung jawab.

2.       Ajarkan Tanggung Jawab Sejak dini

Sobat sebagai orang tua tak dapat mengharapkan tanggung jawab dari anak kalau belum pernah mengajarinya. Menanamkan sikap tanggung jawab pada anak dapat Sobat mulai sedini mungkin. Itu karena tanggung jawab adalah salah satu kebiasaan yang harus dipupuk sejak kecil.

3.       Mengarahkan Anak untuk Tanggung Jawab

Cara mengajarkan tanggung jawab kepada anak berikutnya yaitu dengan mengarahkan kemampuan si kecil dalam menjalankan tanggung jawabnya. Misalnya saja, Sobat bisa memberikan tugas sederhana kepada anak sejak usia lima tahun. Hal tersebut membuat anak merasa dibutuhkan dan terdorong lebih bertanggung jawab lagi kedepannya.

mengajarkan tanggung jawab kepada anak

Tanggung Jawab dalam Ayat Al Quran

Sobat Cahaya Islam, tanggung jawab merupakan sifat yang segala sesuatunya berjalan semestinya kalau memang baik terhadap tanggung jawabnya. Dalam pandangan islam, ada beberapa hal yang berkaitan dengan tanggung jawab antara lain:

1.       Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri

Manusia mempunyai kebebasan bisa memilih, namun ada juga tanggung jawab terhadap pilihannya. Kalau seorang manusia memilih untuk menuju hal yang kurang baik, maka dia akan mendapat hasil kurang baik juga. Tetapi pada setiap pilihan yang manusia pilih, tanggung jawab pun tak akan lepas dari dirinya.

Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam firman Allah SWT:

 كُلُّ نَفْسٍۢ بِمَا كَسَبَتْ رَهِيْنَةٌۙ

Setiap orang bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukannya.” (surat Al Muddassir ayat 38)

2.       Tanggung Jawab Terhadap Keluarga

Sangat penting untuk mendidik anggota keluarga sehingga meningkatkan ilmu iman dan ibadah. Islam pun membahas tentang pentingnya mendidik keluarga dan bertanggung jawab terhadap keluarganya. Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Surat At Tahrim ayat 6) 

mengajarkan tanggung jawab kepada anak

3.       Tanggung Jawab di Akhirat Kelak

Islam juga menyinggung tentang tanggung jawab terhadap dirinya di akhirat kelak. Sebab orang yang bertanggung jawab tak akan pernah lari terhadap konsekuensi atas apa yang ia lakukan. Hal ini sejalan dengan:

كُلُّ نَفْسٍۭ بِمَا كَسَبَتْ رَهِينَةٌ

Artinya: “Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya” (Surat Al-Muddatstsir Ayat 38)

Sobat Cahaya Islam, begitu pentingnya mengajarkan tanggung jawab kepada anak sejak dini. Dengan begitu, kehidupan anak akan lebih terarah dan tidak merugikan orang lain.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY