Urgensitas Mendidik Generasi Muslim Bagi untuk Mewujudkan Keluarga Rabbani

0
262
mendidik generasi muslim

Mendidik generasi muslim – Salah satu hal yang perlu dipelajari dalam kehidupan yakni terkait cara mendidik generasi muslim. Pola pendidikan yang baik di masa depan untuk generasi tentu akan memberikan output output yang baik dan sesuai dengan generasi yang menjadi impian bangsa.

Sobat Cahaya Islam, mendidik generasi muslim tidaklah mudah, sebab ada beberapa hal yang menjadi unsur pendukungnya. Lantas, apa sih urgensitas mendidik generasi muslim bagi umat?

Apa Urgensitas dalam Mendidik Generasi Muslim?

Bagi umat, mendidik generasi muslim bukanlah suatu pilihan melainkan kewajiban yang harus dipenuhi. Sebab dengan mengurus pendidikan mereka, maka upaya tersebut sama halnya dengan mengusahakan kelahiran para penerus bangsa yang baik bagi peradaban di masa depan.

Kewajiban mendidik generasi sebagaimana halnya firman Allah Ta’ala dalam surat At Tahrim ayat 6 terkait pentingnya keluarga menjaga keimanan para anggotanya. Ayatnya yakni sebagai berikut :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Hal ini juga menjadi cerminan akan pentingnya menjaga umat Islam lain melalui ranah pendidikan sebab umat Islam satu tubuh.

Jika salah satu anggota tubuh mengalami kerusakan alias merasakan kebodohan, maka tubuh tersebut tidak akan dapat berjalan sempurna dan malah menghambat aktivitas lainnya.

Malah di era kecanggihan teknologi seperti sekarang, sudah seharusnya pengembangan pendidikan dapat dilakukan dengan mudah. Namun, tentu perkara – perkara yang menghambat pendidikan tidak boleh disepelekan begitu saja.

Ada banyak hal yang menjadi faktor terhambat bahkan merusak generasi untuk tidak menjadi seseorang yang berpendidikan apalagi dalam ranah agama.

Mulai banyak sekumpulan remaja mengekspresikan dirinya menjadi sosok yang bebas sekali. Naudzubillah. Syariat seakan – akan tidak penting dan malah dijadikan bahan candaan.

Lantas, bagaimana wujud peradaban di masa depan bila generasi tidaklah taat syariat? Simak ulasannya di bawah ini terkait cara mendidik generasi muslim.

Cara Mendidik Generasi Muslim bagi Keluarga Rabbani

Untuk mendidik generasi muslim dalam peningkatan sisi keimanannya, maka perlu diusahakan beberapa aktivitas. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Mengajarkan Penggunaan Aqidah dalam Kehidupan

Hal pertama yang menjadi dasar dalam pendidikan generasi yakni pentingnya mendalami aqidah. Islam bukan hanya sekedar agama yang mengajarkan tentang tata cara sholat saja, namun juga terkait bagaimana menggunakan sudut pandang Islam dalam kehidupan.

mendidik generasi muslim

Misalnya, dalam proses jual beli. Tidak ada kebebasan bagi umat untuk menjual sesuatu yang jelas menjadi larangan dalam Islam. Misal, menjual daging babi. Tentu hal tersebut tidak dibenarkan. Kesungguhan umat dalam beraqidah sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Baqarah ayat 208 yakni ;

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.

2.    Senantiasa Memperbanyak Amalan Baik

Hal selanjutnya yakni dengan memberikan keteladan pada generasi untuk memperbanyak amalan baik yang wajib maupun sunnah. Sebab kedua amalan tersebut merupakan amalan yang Allah Ta’ala perintahkan melalui RasulNya.

mendidik generasi muslim

Tentu, meningkatkan keilmuan menjadi bekal utama bagi generasi untuk dapat menjadikan diri lebih baik lagi. Maka tak heran, ada banyak kemuliaan yang umat muslim dapatkan dalam meningkatkan keilmuan. Hal ini sebagaimana penjelasan firman Allag Ta’ala dalam surat Al Mujadilah ayat 11 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan urgensitas dan cara mendidik generasi muslim untuk mewujudkan keluarga rabbani. Semoga ulasan ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY