Review Buku Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI): Alternatif Sukses Menyusui di Lingkungan Kerja

0
64
Buku Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI)
Happy muslim mother holding adorable little baby daughter wearing hijab in her arms on white bed in bedroom. Arab young mom wearing a head scarf, and she's sitting on the bed while holding her baby.

Buku Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI) – Menjadi ibu pekerja harus tetap memberikan kebutuhan ASI bagi bayi di sela kesibukan bekerjanya. Hal tersebut karena ASI menjadi suplemen terbaik bagi kehidupan setiap bayi yang dilahirkan. Buku Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI) : Alternatif Sukses Menyusui di Lingkungan Kerja memudahkan para bunda yang akan menyesuaikan fase menyusui pada lingkungan kerja.

Tujuan dan Manfaat Hadirnya Buku Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI) : Alternatif Sukses Menyusui di Lingkungan Kerja

Buku KP-ASI disusun tidak lain untuk kepentingan para ibu menyusui yang harus bekerja. Menjadi ibu menyusui dalam lingkungan kerja tentunya memerlukan penanganan dan perhatian lebih. Penyusunan buku ini memiliki tujuan dan manfaat yang krusial bagi para ibu menyusui. Berikut pemaparan tujuan dan manfaat dari penyusunan buku KP-ASI.

1.      Tujuan Buku Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI)

Ibu menyusui di lingkungan kerja merupakan salah satu golongan prioritas yang harus diperhatikan. Hal tersebut karena penyaluran ASI pada bayi di waktu ibu sedang bekerja menjadi sebuah permasalahan yang sering diabaikan. Hal ini krusial bagi dua kehidupan manusia (ibu dan anak), karena penyaluran ASI akan berdampak bagi siklus perkembangan bayi.

Buku KP-ASI disusun sesuai dengan pengetahuan dasar seputar ASI eksklusif. Penyusunan dan penerbitan buku KP-ASI ini menjadi wawasan atau pusat informasi bagi para ibu yang berada di tahap menyusui di lingkungan kerja. Penerbitan buku KP-ASI juga bertujuan untuk mendukung dan memotivasi para ibu untuk melaksanakan tugasnya tanpa hambatan.

Buku Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI) : Alternatif Sukses Menyusui di Lingkungan Kerja juga bertujuan mengedukasi tenaga kesehatan dan ibu menyusui di sekitar. Buku ini dapat meghapus faktor-faktor yang mengakibatkan rendahnya cakupan ASI. Faktor tersebut seperti halnya kurangnya konselor ASI dan minimnya kampanye terkait pemberian ASI pada bayi.

Bagi para tenaga kesehatan, hal ini tak kalah krusial dilakukan.  Melalui buku ini menjadikan pedoman para tenaga kesehatan untuk bertugas secara tepat. Tak hanya itu, terbukanya wawasan para ibu menyusui dapat memudahkan proses penyuluhan program. Hal ini juga meenjadikan program KP-ASI akan berjalan lancar dan saling kooperatif

2.      Manfaat Buku Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI)

Selain memiliki tujuan yang penting, buku ini juga memiliki manfaat yang tak kalah penting. Manfaat dari isi yang telah dipaparkan dalam buku ini sangatlah beragam. Berikut beberapa manfaat yang didapat dari terbitnya buku Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI) : Alternatif Sukses Menyusui di Lingkungan Kerja.

a.      Memudahkan Pemberian ASI Esklusif pada Bayi

Edukasi yang didapat oleh para bunda dalam buku ini memiliki manfaat yang besar. Buku ini menjelaskan strategi menyusui saat berkerja, cara mengantisipasi masalah saat menyusui, dan masih banyak lagi. Dengan pengetahuan dan wawasan yang bertambah akan membuka pikiran dan memudahkan proses menyusui hingga bayi berusia 24 bulan.

b.      Kebutuhan ASI pada Bayi Tercukupi

Buku ini membahas segala permasalahan yang berorientasi pada kecukupan ASI pada bayi. Manfaat lain dari buku ini yakni memastikan bahwa para bayi tetap mendapatkan ASI esklusif hingga usianya cukup. Apabila bayi mendapat ASI yang cukup, maka pertumbuhan dan perkembangannya akan lebih lancar.

c.       Memudahkan Para Ibu untuk Bekerja

Di dalam buku ini juga dijelaskan bahwa dukungan yang diberikan pada para ibu menyusui dilakukan dengan memberdayakan masyarakat lingkungan kerja. Dengan dukungan sesama wanita di tempat kerja jelas akan memotivasi para ibu, sehingga kegiatan menyusui dan tuntutan pekerjaan akan tetap mudah dilakukan.

Pemaparan di atas menjelaskan bahwa modern ini kaum pekerja wanita memiliki tuntutan pekerjaan sehingga sulit untuk menyalurkan ASI. Buku Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI) : Alternatif Sukses Menyusui di Lingkungan Kerja hadir untuk memberikan solusi dan tindakan yang tepat untuk memudahkan proses penyaluran ASI esklusif dari ibu kepada para bayi.  

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY