Berilmu Tapi Tidak Beradab, Bagaimana Pandangan Allah pada Manusia Ini?

0
604
Berilmu Tapi Tidak Beradab

Berilmu Tapi Tidak Beradab – Sobat cahaya Islam, Apakah sobat pernah melihat ada seseorang yang berilmu akan tetapi memiliki adab yang sangat kurang? Hal seperti ini memang sangat sering terjadi disekitar kita. Salah satu contoh yang bisa kita temui adalah para koruptor.

Apakah para pejabat yang bekerja di pemerintahan adalah orang-orang yang tidak berilmu? Mereka adalah orang-orang dengan pendidikan yang bagus. Akan tetapi, karena adab yang dimiliki sangat tidak baik sehingga mereka berani memakan uang haram yang merupakan uang rakyat.

Bagaimana Orang Berilmu tapi Tidak Beradab di Hadapan Allah

Sobat Cahaya Islam, perlu Anda ketahui bahwa ilmu merupakan hal ini yang sangat penting. Bahkan Allah selalu memerintahkan hambaNya untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Selain ilmu pengetahuan umum, sebagai manusia yang beriman penting sekali untuk menuntut ilmu agama. Allah akan memuliakan orang-orang yang senantiasa menuntut ilmu apalagi dengan niat untuk mendapatkan ridho dari Allah subhanahuwataala.

“Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia; (demikian pula) para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahaperkasa, Maha-bijaksana.” (QS. Ali Imran; 3:18I).[1]

Ada banyak sekali keutamaan menuntut ilmu diantaranya seperti:

1. Menambah Ketakukan Pada Allah

Keutamaan yang pertama bagi orang yang menuntut ilmu adalah akan semakin merasa takut kepada Allah. Akan tetapi jika orang yang semakin belajar justru semakin tidak takut kepada Allah, berarti ada yang salah dengan hatinya.

2. Dimudahkan Jalan Menuju Surga

Allah juga akan memudahkan orang yang berilmu masuk ke surga. Hal ini karena orang yang berilmu akan lebih mengetahui jalan mana yang harus ditempuh untuk mendapatkan ridho dari Allah. Sedangkan orang yang tidak memiliki ilmu biasanya sulit membedakan mana yang benar dan salah dan hanya mengandalkan pemikiran pribadi yang sering kali salah.

3. Allah Menghendaki Kebaikan

Orang yang menuntut ilmu dan diberi ilmu oleh Allah adalah orang-orang yang dikehendaki kebaikan. Anda tentu sering melihat orang berilmu yang memiliki kehidupan penuh kebahagiaan dan kemuliaan di sisi Allah bahkan di antara manusia.

4. Pahala Jariyah

Keutamaan selanjutnya adalah akan mendapatkan pahala jariyah. Orang yang berilmu sebaiknya mengajarkan ilmu yang dimiliki atau menyebarkan kepada orang lain. Maka hal ini akan menjadi amal jariyah yang akan dipanen di akhirat nanti.

5. Ilmu Menghidupkan Hati

Sobat Cahaya Islam, perlu Anda ketahui juga bahwa dengan ilmu, hati akan lebih hidup. Orang yang mampu memanfaatkan ilmu dengan baik tentu juga akan memiliki hati yang lebih peka karena mendapatkan petunjuk dari Allah.

Ciri Manusia Berilmu tetapi Tidak Beradab

Sekarang Sobat Cahaya Islam sudah mengetahui jika ilmu sebenarnya memiliki kedudukan yang penting. Akan tetapi Allah juga menegaskan bahwa akhlak atau adab berada di atas ilmu. Orang yang berilmu akan tetapi tidak beradab sama saja seperti orang yang tidak memiliki manfaat disisi manusia. Padalah, Allah telah menegaskan jika sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Seperti dalam hadis nabi berikut ini:

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al-Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari no. 5027).[2]

Apabila seseorang memiliki ilmu yang barokah maka akan menunjukkan akhlak yang baik dan mendapatkan keutamaan-keutamaan yang telah disebutkan di atas. Akan tetapi jika ternyata seseorang memiliki ilmu dan justru adabnya terhadap sesama manusia atau bahkan adabnya kepada Allah tidak baik, orang tersebut tentu menjadi orang yang sangat merugi. Ilmu yang dimilikinya hanya sekedar menjadi pengetahuan tanpa diamalkan. Hal ini justru akan memberatkan hisab dan pertanggung jawaban di akhirat kelak.

Dalam surat Al-Isra’ ayat 85 Allah telah berfirman, yang artinya, “Sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit.”[3]

Sobat Cahaya Islam, kesimpulan dari penjelasan di atas adalah akhlak dan adab berada di atas ilmu. Agar menjadi manusia yang mulia di sisi Allah, sebagai umat muslim hendaknya kita memiliki adab yang baik serta ilmu yang bermanfaat. Semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk pada setiap HambaNya yang beriman.

[1] surat Al-Isra’ ayat 85

 [2] HR. Bukhari no. 5027

[3] QS. Ali Imran; 3:18I

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY