Jauhi 5 Penghambat Rezeki Ini Jika Ingin Kaya

0
380
Penghambat-Rezeki

Penghambat Rezeki – Setiap orang pasti ingin mendapatkan rezeki yang melimpah dan berkah. Namun, banyak orang yang tidak menyadari bahwa seretnya rezeki akibat mereka sendiri. Oleh karena itu, sobat Cahaya Islam harus tahu apa saja hal yang dapat menghambat rezeki. Dengan begitu, kita bisa menjauhi perkara-perkara tersebut.

Perbuatan Dosa Sebagai Penghambat Dosa

Salah satu penghalang rezeki yang pernah Rasulullah sebutkan adalah berbuat dosa. Hal ini seperti keterangan yang ada dalam hadits dari Tsauban berikut ini:

 وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِالذَّنْبِ يُصِيبُهُ

“Sesungguhnya seorang hamba akan terhalang rezekinya sebab dosa-dosanya.” (1)

Meski seseorang berusaha sekeras mungkin, tapi jika ia selalu berbuat dosa, maka tak aneh jika rezekinya tetap saja seret. Ada beberapa dosa yang berkaitan langsung dengan mencari uang seperti mencuri, menipu, dan korupsi. Tapi, ada juga dosa yang tidak berkaitan dengan mencari uang seperti judi, mabuk-mabukan, berzina, dll. Sebagai umat Islam, kita harus menjauhi perbuatan-perbuatan dosa tersebut.

Memutus Silaturahim Menghalangi Rezeki

Dalam sebuah hadits, Rasulullah menjelaskan betapa pentingnya silaturahim:

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Barangsiapa ingin diluaskan rezekinya dan ditangguhkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka sambunglah silaturahim.” (2)

Jadi, menyambung silaturahim dapat melapangkan atau meluaskan rezeki. Begitu juga sebaliknya, memutus silaturahim dapat menjadi penghalang datangnya rezeki. Oleh karena itu, sobat Cahaya Islam jangan pernah sekali-kali memutus tali silaturahim, terutama dengan sanak saudara.

Meninggalkan Shalat Bisa Menutup Pintu Rezeki

Salah satu janji Allah bagi orang yang bertaqwa adalah membukakan pintu rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا . وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

“Dan barangsiapa bertaqwa kepada Allah, Dia akan memberikan jalan keluar. Dan Dia akan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (3)

Shalat adalah tanda bukti ketaatan kita kepada Allah. Oleh karena itu, jangan pernah sekali-kali meninggalkan shalat jika ingin rezekinya lancar. Begitu juga sebaliknya, orang yang meninggalkan shalat bukanlah orang yang taat, sehingga kesempatan untuk mendapatkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka semakin menjauh.

Jadi, jika sobat Cahaya Islam ingin rezekinya mudah, maka tinggalkanlah perbuatan dosa, jangan sampai memutus silaturahim, dan jangan pernah meninggalkan shalat. Dengan kata lain, memperbanyak amal saleh, menyambung silaturahim, dan meningkatkan ketaqwaan dapat mempermudah datangnya rezeki.


Referensi:

(1) Sunan Ibnu Majah 4022

(2) Sahih al-Bukhari 5986

(3) Q.S. At-Thalaq Ayat 2-3

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY