Pandangan Islam Tentang Vegan dan Gaya Hidupnya?

0
56
Pandangan Islam Tentang Vegan dan Gaya Hidupnya

Pandangan islam tentang vegan – Ceritanya ada salah satu temen SMA salah satu tim cahayaislam yang kemarin sempet masuk tv di reality show gitu. Saat melihat acara tersebut, agak pangling sih karena dulu orangnya agak gemuk. Pas di acara reality show di salah satu stasiun televisi itu, dia terlihat sangat langsing. Pas kita kontak orangnya buat nanya nanya, ternyata dia bilang yang membuat dia berubah 180 derajat adalah gaya hidup dia: VEGANISME

Kronologi nya dia ikutan tren di tiktok. Setelah udah jalan, kemudian dia ikutan komunitas lokal. Penasaran soal itu, tim Cahayaislam lalu nyoba riset koneksinya dengan ajaran islam nih. Jadi kita nyari tahu data, ajaran dan pandangan Islam tentang veganisme dan gaya hidupnya. Termasuk mempelajarinya supaya bisa dilihat dari beberapa perspektif, termasuk ajaran Al-Quran, hadits, serta prinsip-prinsip etika dan kesehatan dalam Islam. Tim Cahaya islam udah nemu beberapa poin yang relatif.

Allah Kasih Kita Kebebasan Memilih Makanan dalam Islam, Yang Penting Halal Aja

Kalo kata beberapa alim ulama yang udah kita minta pendapatnya sih nggak masalah ya. Dalam ajaran kita, Islam memberikan kebebasan kepada umatnya dalam memilih jenis makanan selama makanan tersebut halal (Boleh) dan thayyib (baik). Nggak ada tuh kewajiban dalam Islam yang mengharuskan umatnya untuk mengonsumsi produk hewani. Oleh karena itu, memilih menjadi vegan adalah pilihan yang sah selama makanan yang dikonsumsi halal dan bergizi.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُوا۟ مِمَّا فِى ٱلْأَرْضِ حَلَٰلًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا۟ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيْطَٰنِ ۚ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Allah berfirman dalam Al-Quran, “Hai manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (Surah Al-Baqarah: 168)

Ayat ini jelas banget nunjukin soal pentingnya memilih makanan yang halal dan baik, tanpa membatasi jenis makanan tertentu.

Pandangan islam Tentang Vegan: Apakah Gaya Hidup ini Sesuai Prinsip Kesehatan dan Kebersihan?

Pertimbangan lain kalo kita diskusi soal gaya hidup veganisme ini adalah kesadaran bahwa tubuh / jasmani kita ini adalah amanah dari Allah. Jadi penting untuk menjaga amanah itu, yaitu untuk tetap sehat dan fit. Islam sangat mendorong umatnya untuk menjaga kesehatan tubuh emang. Jika gaya hidup vegan dianggap lebih sehat dan sesuai dengan kebutuhan individu, maka hal ini sesuai dengan prinsip menjaga kesehatan dalam Islam. Perlu jadi catatan disini ya, lebih baik sobat konsultasi lebih lanjut soal ini ke dokter spesialis gizi dan obrolin juga apakah ada efek tertentu yang akan bersinggungan dengan penyakit bawaan sobat.

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، وَابْنُ، نُمَيْرٍ قَالاَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِدْرِيسَ، عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ عُثْمَانَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ، عَنِ الأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ الْمُؤْمِنُ الْقَوِيُّ خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنَ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيفِ وَفِي كُلٍّ خَيْرٌ احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ وَإِنْ أَصَابَكَ شَىْءٌ فَلاَ تَقُلْ لَوْ أَنِّي فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَذَا ‏.‏ وَلَكِنْ قُلْ قَدَرُ اللَّهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ فَإِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ ‏”‏ ‏.‏

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah, dan pada keduanya terdapat kebaikan.” (HR. Muslim). Ini menunjukkan pentingnya menjaga kesehatan dan kekuatan fisik.

Pandangan islam Tentang Vegan: Poin Plus Kalo Soal Etika dan Perlakuan terhadap Hewan

Pertama, yang perlu kita kasih garis bawahi disini adalah islam nggak melarang mengkonsumsi binatang. Bahkan kita ada ibadah Qurban setahun sekali saat idul adha. Di ayat ayat Al Quran juga banyak yang udah jelasin bahwa Allah menurunkan hewan sebagai berkah untuk manusia nikmati (dikonsumsi atau diambil hasil darinya). Namun di sisi lain, Islam menekankan perlakuan baik terhadap hewan. Dalam banyak hadits, Nabi Muhammad SAW mengajarkan untuk memperlakukan hewan dengan kasih sayang dan tidak menyakiti mereka. Dalam satu hadits riwayat Tirmidzi kita bisa maktub: Barangsiapa menyayangi makhluk di bumi, maka ia akan disayangi oleh yang di langit. Yang jelas ini termasuk makhluk Allah yakni hewan.

Bahkan dalam praktik Qurban, islam juga mengajarkan cara penyembelihan hewan yang baik dan penuh kasih sayang (halal), yang mengurangi penderitaan hewan. Namun, jika seseorang memilih untuk tidak mengonsumsi produk hewani sama sekali sebagai bentuk kasih sayang terhadap hewan, hal ini juga dapat dipandang sebagai usaha untuk meminimalkan penderitaan hewan. Tergantung perspektif individu lah intinya.

Kadang muncul pertanyaan nih: Karena orang vegan kan ga makan makanan dari hewan, kalo pas acara Qurban gimana tuh? – Well, Dalam acara-acara sosial dan ibadah kolektif seperti kurban (Idul Adha), umat Islam emang biasanya berbagi daging hewan. Seorang vegan dapat tetap ikut berpartisipasi dalam semangat berbagi dan kebersamaan meskipun tidak mengonsumsi daging. Misalnya aja nih dengan berpartisipasi dalam distribusi makanan atau membantu orang yang membutuhkan dengan cara lain.

islam Agama yang Ajarkan Moderasi dan Keseimbangan

Pada dasarnya veganisme itu sendiri adalah gaya hidup. Bahkan beberapa orang menganggapnya seni kehidupan. Ada banyak alasan orang kemudian mengadopsi itu. Beberapa orang mungkin hanya sekedar pengen nyobain, ada yang memang mengambil jalan itu karena empati. Ada pula yang memang mencari jalan sehat lewat lifestyle itu. Dalam hal ini, Islam mengajarkan prinsip keseimbangan dan moderasi dalam segala hal, termasuk dalam pola makan. Meskipun menjadi vegan tidak bertentangan dengan ajaran Islam, penting untuk memastikan bahwa pola makan tersebut tetap seimbang dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ الْحِمْصِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَرْبٍ، حَدَّثَتْنِي أُمِّي، عَنْ أُمِّهَا، أَنَّهَا سَمِعَتِ الْمِقْدَامَ بْنَ مَعْدِيكَرِبَ، يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ يَقُولُ ‏ “‏ مَا مَلأَ آدَمِيٌّ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ حَسْبُ الآدَمِيِّ لُقَيْمَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ فَإِنْ غَلَبَتِ الآدَمِيَّ نَفْسُهُ فَثُلُثٌ لِلطَّعَامِ وَثُلُثٌ لِلشَّرَابِ وَثُلُثٌ لِلنَّفَسِ ‏”

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tidaklah anak cucu Adam memenuhi wadah yang lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan untuk menegakkan punggungnya. Jika ia harus melakukannya, maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga untuk nafasnya.” (HR. Ibn Majjah 3349).

***

Last but Not Least. Dari perspektif Islam, gaya hidup vegan dapat kita orang muslim terima. Selama makanan yang konsumsi halal dan memenuhi kebutuhan nutrisi individu. Veganisme juga sejalan dengan prinsip-prinsip Islam tentang menjaga kesehatan, etika dalam perlakuan terhadap hewan, dan kebersihan. Islam menghargai kebebasan individu dalam memilih makanan dan menekankan keseimbangan serta moderasi. Selama praktik veganisme kita laksanakan dengan niat yang baik dan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar Islam. Gaya hidup ini dapat dianggap selaras dengan ajaran agama. Semoga Bermanfaat ya!

Catatan Khusus: Ingat mungkin perlu konsultasi dengan dokter spesialis tertentu dan ahli gizi untuk mengetahui apakah baik melakukan ini. Sobat mungkin bisa juga mencoba dulu secara berkala dan rasakan. Substansi utama nya tetep satu yaitu kesehatan. Bila diet ini malah bikin sobat sakit dan kurang nyaman, mungkin bisa lebih di moderasi atau bahkan sobat skip aja.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY