Qoriah Disawer Uang Menyalahi Adab Mendengarkan Bacaan Al Quran

0
307
Qoriah disawer uang

Qoriah disawer uang – Heboh di sosial media soal Qoriah disawer uang yang membuat banyak orang merasa miris dan menyayangkan hal tersebut. Tak heran jika video yang menampilkan seseorang menyawer Qoriah viral di sosial media.

Dalam agama Islam, ada beberapa adab yang patut umat perhatikan ketika mendengarkan bacaan Al Qur’an. Apalagi, bacaan Al Qur’an adalah kitab suci yang berisi petunjuk dari Allah langsung.

Kronologi Video Viral Qoriah Disawer Uang

Belum lama ini, ramai perbincangan tentang warganet yang menampilkan video seorang Qoriah disawer uang oleh sejumlah jamaah dengan uang. Di mana Jemaah menyawer Qoriah tersebut ketika melantunkan ayat suci Al Qur’an di atas panggung.

Dalam postingan video yang viral itu, seorang Qoriah bernama Ustazah Nadia Hawasyi mendapat saweran ketika peringatan Maulid Nabi. Kabarnya peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 20 Oktober 2022 lalu di kawasan Kabupaten Pandeglang, Banten.

Qoriah disawer uang

Dari video yang viral itu, banyak warganet mencibir sampai mengutuk keras tindakan kurang pantas yang jamaah tersebut lakukan untuk menyawer seorang Qoriah.

Adab Mendengarkan Bacaan Al Qur’an

Aksi Qoriah disawer uang pun mendapat sorotan dari banyak pihak. Pasalnya, islam sendiri mengajarkan beberapa adab yang harus umatnya lakukan ketika mendengarkan lantunan ayat suci Al Qur’an.

Sobat Cahaya Islam, berikut ini ada beberapa sikap yang seharusnya umat islam lakukan ketika mendengarkan bacaan ayat Al Quran:

1. Mendengarkan dan Berdiam Diri

Ketika ada seseorang yang membaca lantunan ayat suci Al Qur’an, seharusnya umat islam diam dan mendengarkannya. Hal itu tertulis dalam QS. Al A’raf ayat 204 yang berbunyi:

وَاِذَا قُرِئَ الْقُرْاٰنُ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ وَاَنْصِتُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

Terjemahan

Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat.

Karena itu, Anda wajib melakukan sikap tersebut dan jangan pernah mengabaikan saat lantunan ayat suci. Jangan sampai Anda berbicara ataupun menyibukkan diri dengan hal lain.

Dengan begitu, semua umat islam akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

2. Jangan Berbuat Kegaduhan

Adab saat seseorang melantunkan ayat suci Al Quran, Sobat Cahaya Islam sudah sepatutnya tidak berbuat kegaduhan. Hal itu tertuang dalam QS. Fushilat ayat 26 yang berbunyi:

 وَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَا تَسْمَعُوْا لِهٰذَا الْقُرْاٰنِ وَالْغَوْا فِيْهِ لَعَلَّكُمْ تَغْلِبُوْنَ

26. Dan orang-orang yang kafir berkata, “Janganlah kamu mendengarkan (bacaan) Al-Qur’an ini dan buatlah kegaduhan terhadapnya, agar kamu dapat mengalahkan (mereka).”

Jika Anda berbuat kegaduhan saat terdengar lantunan ayat suci Al Quran, maka itu merupakan hal yang tidak pantas. Apalagi, ayat suci Al Quran sesungguhnya sangat menenangkan dan membuat hati tenang.

3. Memaknai Ayat Suci Al Quran

Di dalam ayat suci Al Quran, terkandung bacaan yang bermakna dan menjadi pedoman hidup manusia. Bahkan ayat tersebut berasal langsung dari Allah SWT.

Karena itu, saat mendengarkan ayat suci Al Quran sebaiknya Anda juga memaknai apa yang terkandung di dalamnya. Caranya yaitu dengan memperhatikan bacaan, merenung, memahami, menghayati serta mengamalkannya.

4. Merasakan Keimanan Bertambah

Bacaan dalam Al Quran selalu bermakna positif dan mengarahkan manusia untuk selalu berada di jalan Allah. Oleh sebab itu, saat mendengar bacaan Al Quran sudah sepatutnya umat islam akan merasakan keimanannya semakin bertambah.

Karena itu, penting untuk selalu berdiam diri, merenung dan meresapi setiap ayat Al Quran sehingga Anda akan merasakan keimanan semakin bertambah.

Sudah sepatutnya, aksi Qoriah disawer uang tidak pernah terulang lagi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY