Bolehkah Muslim ikut Kelas Yoga? – Perspektif Islam dan Gaya Hidup Sehat

0
77
Bolehkah Muslim ikut Kelas Yoga Perspektif Islam dan Gaya Hidup Sehat

Kelas Yoga – Alhamdulillah circle tim cahaya islam udah mulai banyak banget yang melek soal kesehatan. Banyak yang diskusi buku Kesehatan islami dan saling memotivasi kegiatan kegiatan positif dalam rangka olahraga. Kegiatan olahraga ini pun juga banyak banget variasinya. Ada komunitas gym muslim yang baru baru ini ngajakin workout bareng setiap minggu. Tim cahaya islam juga ada yang ikutan kegiatan running bareng dan ikutan event 1k hingga marathon. Nah, dari banyaknya jenis olahraga yang tim cahaya islam lakukan. Ada satu nih yang kita ragu ragu soal hukumnya: YOGA

Daripada kita bingung, pada akhirnya kita tanyain aja soal hal ini kepada alim ulama yang kita kenal. Dari beberapa yang udah kita ajukan, ternyata perspektif Islam terhadap aktivitas yoga sebagai gaya hidup sehat dapat bervariasi lho. Hal ini tergantung pada bagaimana yoga dipraktikkan dan tujuan di balik praktik tersebut. Secara umum, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan ketika mengevaluasi yoga dari perspektif Islam. Kita bakal ulas lengkap di bawah ya. Biar nggak maju mundur lagi kalo mau ikutan kelas yoga.

Aspek Utama adalah Kembali Pada Tujuan dan Niat dalam Berlatih Yoga

Istilah Semuanya kembali ke niat memang banyak menjadi satu jawaban. Secara sederhana, jika yoga yang sobat cahaya islam praktikkan semata-mata untuk tujuan kesehatan fisik. Seperti meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan relaksasi, maka hal ini BOLEH. Hal ini tak lain dan tak bukan karena islam mendorong umatnya untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Dalam Kitab Bulugh Al Maram dan Riyad As Salihin misalnya. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih Allah cintai daripada mukmin yang lemah.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ‏- رضى الله عنه ‏- قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ ‏- صلى الله عليه وسلم ‏-{ اَلْمُؤْمِنُ اَلْقَوِيُّ خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَى اَللَّهِ مِنْ اَلْمُؤْمِنِ اَلضَّعِيفِ

Hukum bolehnya melakukan yoga ini masih berlaku pula jika yoga dipraktikkan dengan niat untuk meditasi atau pencarian spiritual yang selaras dengan ajaran Islam. Misalnya saja dengan mengingat Allah dan merenungkan kebesaran-Nya, maka hal ini juga bisa diterima. Namun, jika yoga melibatkan praktik atau filosofi yang bertentangan dengan akidah Islam, seperti mantra-mantra tertentu atau konsep-konsep yang berasal dari agama Hindu, maka ini harus kita hindari.

Catatan – Ada beberapa jenis yoga (contohnya: Vinyasa, Yin Yoga, Power, Swing dll) sobat cahaya islam bisa menghindari jenis jenis yoga yang menggunakan konsep meditasi / mantra mantra dan lebih fokus pada yoga untuk benefit kesehatan dan kebugaran badan.

Perhatikan Juga Kelas yoga dari Sisi Konten dan Praktiknya ya

Yoga memang terkenal dengan banyak istilah pose atau gerakan tertentu. Perlu juga sobat cahaya islam untuk menelisik soal ini. Gerakan fisik dalam yoga yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran biasanya tidak menjadi masalah asalkan tidak melibatkan ritual atau tindakan yang bertentangan dengan ajaran Islam. Yang jelas prinsipnya sederhana ya. Gerakan apapun dalam yoga yang berunsur mantra atau ritual tertentu dalam yoga yang berhubungan dengan kepercayaan agama lain tidak diperbolehkan dalam Islam. Umat Islam dianjurkan untuk mengganti mantra dengan dzikir atau bacaan yang islami jika memungkinkan.

Yoga dan Kesesuaian dengan Nilai-nilai Islam (Soal Mode dan Sikon Kelas Yoga)

Dengan konten kelas yoga yang cenderung menitik beratkan pada fleksibilitas. Tak ayal banyak orang menggunakan Apparel atau baju yang cendrung ketat dan cocok untuk itu. Islam sendiri merupakan agama yang mengajarkan modestitas dalam berpakaian dan berperilaku. Ketika berlatih yoga, pastikan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan sesuai dengan ajaran Islam. Dengan tetap mempertimbangkan kaidah islami.

Selain itu, praktik yoga tidak boleh mengganggu waktu-waktu ibadah wajib seperti sholat. Pastikan bahwa waktu berlatih yoga tidak berbenturan dengan waktu sholat dan aktivitas keagamaan lainnya. Ada beberapa gym atau sasana olahraga yang memberikan list jadwal Yoga secara fleksibel. Sehingga kita bisa lebih leluasa untuk memilih kapan waktu yang tepat untuk kita bisa ikut. Pilih dengan cermat dan bijaksana aja soal waktunya ya. Lebih mantab lagi kalo misalnya ada fasilitas yang menyediakan kelas yoga for Women only. Ya memang sih kebanyakan orang yang ikut yoga adalah kaum hawa. Namun tidak menutup kemungkinan ada cowok juga yang ikut, atau malah menjadi instruktur dari kelas itu.

Masih Kurang Yakin? – Bisa kok Konsultasi Lebih Dalam dengan Ahli Agama / Cari Alternatif Lainnya yang Lebih Islami

Memang sih, kalo soal beginian banyak banget perspektifnya. Ada banyak berbeda-beda pandangan ulama tentang yoga ini. Beberapa ulama mungkin lebih menerima praktik yoga dengan syarat tertentu, sementara yang lain mungkin menolak secara holistik. Sobat cahaya islam bisa kok, samperin ke ulama kepercayaan sobat untuk mengkonsultasikan dengan ulama atau cendekiawan Islam terpercaya untuk mendapatkan pandangan yang lebih mendalam dan spesifik.

Ada juga kok yang memiliki pendapat bahwa Sholat juga memiliki beberapa gerakan gerakan yang melatih kelenturan tubuh. Ya emang bener sih, tapi secara pribadi kami tim cahaya islam lebih suka untuk tidak mencampur kegiatan ibadah dengan kegiatan tertentu di luar itu.

Ada banyak bentuk latihan fisik yang dianjurkan dalam Islam seperti senam, berenang, atau berjalan kaki. Latihan-latihan ini bisa menjadi alternatif jika terdapat keraguan tentang kehalalan praktik yoga. Islam juga memiliki bentuk meditasi sendiri kok. Kayak contohnya tafakur (merenungkan ciptaan Allah), dzikir, dan doa. Atau di bulan Ramadhan misalnya sobat bisa join kegiatan itikaf di masjid sembari mendekat pada Allah. Sobat juga bisa bangun di sepertiga malam untuk sholat tahajud dan berkomunikasi dengan Allah kemudian. Hal hal Ini bisa dijadikan sebagai pengganti praktik meditasi dalam yoga yang mungkin memiliki unsur spiritual dari agama lain.

***

Pada akhirnya begini. Secara umum, Islam tidak menentang aktivitas fisik dan praktik yang bermanfaat bagi kesehatan asalkan tidak bertentangan dengan ajaran dan prinsip-prinsip agama. Yoga dapat diterima dalam Islam sebagai gaya hidup sehat selama niat dan praktiknya difokuskan pada kesehatan fisik dan mental, tanpa melibatkan ritual atau konsep yang bertentangan dengan akidah Islam. Untuk memastikan praktik yoga sesuai dengan nilai-nilai Islam, konsultasikan dengan ulama atau ahli agama yang terpercaya untuk mengatasi kegelisahan sobat semua. Semoga artikel ulasan kali ini bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY