Viral Video Truk Pengangkut Kayu di Lumajang Ugal-ugalan, Inilah Cara Menjaga Keselamatan Diri di Jalan Raya!

0
73

Truk Pengangkut Kayu di Lumajang – Baru-baru ini terdapat sebuah video viral yang memancing banyak perhatian warganet. Sebuah video berisikan Truk Pengangkut Kayu di Lumajang yang dikendarai dengan ugal-ugalan.

Terlihat truk ungu dijejali kayu melaju dengan kecepatan tinggi, berkelok-kelok membentuk zig-zag. Berdasar laporan, Kasat Lantas yang bertugas pun dengan segera mengamankan sang sopir dan memberikan peringatan agar tidak mengulang aksi membahayakan tersebut.

Sobat Cahaya Islam, keselamatan merupakan hal yang harus diutamakan ketimbang kecepatan. Islam pun mengajarkan untuk senantiasa menjaga diri dari berbagai hal yang dapat mengancam serta membahayakan tubuh manusia. Hal ini dijelaskan secara tegas dalam ayat suci Al-Qur’an yakni:

Firman Allah SWT:

 وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (QS. Al-Baqarah:195)”

Cara Menjaga Keselamatan Diri di Jalan Raya

Keselamatan diri merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan, salah satunya ketika menjaga keselamatan di jalan raya. Untuk menjaga ketertiban lalu lintas adalah tanggung jawab bersama yakni oleh setiap pengguna jalan. Ada beragam cara yang mesti diterapkan guna menjaga keselamatan diri di jalan raya. Di antara cara tersebut yakni sebagai berikut.

1. Memahami dan Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Salah satu cara dalam menjaga keselamatan diri di jalan raya yakni dengan memahami dan mematuhi rambu lalu lintas. Sebuah alat perlengkapan jalan yang memiliki beragam bentuk, mulai dari lambang, angka, huruf, hingga kalimat.

Maka dari itu, memahami rambu lalu lintas amatlah penting. Selain itu, jangan lupa untuk mematuhinya guna tetap aman dan selamat. Ketika pemahaman terhadap rambu-rambu dapat diterapkan sebaik mungkin, maka peluang untuk selamat pun akan lebih tinggi.

2. Saling Menghormati Sesama Pengguna Jalan

Senantiasa saling menghormati sesama pengguna jalan. Hal ini dilakukan guna menghindari perselisihan yang biasanya terjadi di antara pengguna jalan.

Tidak jarang ditemukan kasus perselisihan di jalan raya yang penyebab utamanya adalah karena melanggar rambu lalu lintas. Seperti yang disinggung sebelumnya, rambu-rambu yang ada bukan hanya untuk dipelajari melainkan untuk dipatuhi.

3. Menerapkan Sikap Disiplin serta Kontrol Diri yang Kuat

Sebagai pengguna jalan yang baik hendaknya menerapkan sikap disiplin serta mampu mengontrol diri lebih baik dalam menggunakan jalan. Pastikan setiap perlengkapan dalam berkendara disiapkan dengan tertib tanpa terkecuali. Selain itu, kelengkapan perihal surat-menyurat pun mesti diperhatikan sebagai salah satu langkah untuk berkendara dengan baik.

4. Jangan Lupa Berdoa Terlebih Dahulu

Sobat Cahaya Islam jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu. Dalam berbagai aspek, Islam senantiasa untuk memulai segala sesuatu dengan niat yang baik serta melafalkan doa yang tepat.

Cobalah untuk membaca doa naik kendaraan, dengan harapan diberikan perlindungan oleh Allah SWT selama perjalanan yang dilakukan.

5. Tidak Menimbulkan Kemacetan

Siapa yang suka dengan kemacetan? Tentu tidak seorang pun menyukai kemacetan di jalan. Selain melelahkan tentunya mengganggu aktivitas atau pun agenda yang akan dilakukan. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari kemacetan, sehingga bisa berkendara dengan aman dan baik.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan singkat terkait cara menjaga keselamatan diri di jalan raya. Apa yang dilakukan sopir Truk Pengangkut Kayu di Lumajang bukankah suatu hal yang tidak patut untuk ditiru. Maka dari itu, mari berlomba-lomba untuk bisa menjadi pribadi yang baik dan lebih baik lagi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY