Akhirnya Jati Diri Aprilia Manganang Dapat Dipastikan, Inilah Cara Bersyukur dalam Perspektif Islam!

0
75

Aprilia Manganang – Nama yang populer dalam dunia olahraga, tepatnya dalam berbagai turnamen voli, kini jati dirinya terungkap. Selama 28 tahun lamanya Aprilia Manganang menunggu momen di mana ia dapat memastikan jati dirinya.

Berdasar pada hasil observasi dokter yang berkaitan, dirinya dinyatakan seorang laki-laki. Hal ini pun menjadi momen yang membahagiakan bagi Manganang. Dirinya amat bersyukur, karena hal yang dinanti-nanti, kini tercapai.

Sobat Cahaya Islam, setiap muslim diajarkan untuk senantiasa mengucap syukur terhadap nikmat dan rezeki yang Allah SWT berikan. Hal ini dapat diaplikasikan dalam bentuk ucapan maupun perbuatan.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengungkapkan rasa syukur, salah satunya dengan banyak mengingat Allah SWT. Lalu, apa saja cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan syukur? Yuk simak informasinya!

Cara Bersyukur dalam Perspektif Islam

Ungkapan rasa syukur merupakan salah satu perwujudan terima kasih terhadap Allah SWT atas segala nikmat yang telah dicurahkan. Perbuatan yang satu ini selain mudah dilakukan juga akan mendapatkan karunia yang berlipat ganda. Hal itu merupakan salah satu keutamaan dari bersyukur. Banyak keutamaan lainnya yang akan didapatkan.

Firman Allah SWT dalam surat Ibrahim ayat 7:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim : 7)

Mengingat keutamaan bersyukur yang amat berharga, maka Sobat Cahaya Islam hendaknya senantiasa bersyukur kepada Allah SWT. Banyak cara yang bisa dilakukan guna mengungkapkan rasa syukur. Di antara cara yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut:

1. Senantiasa Mengingat Allah SWT

Cara pertama dalam mengungkapkan rasa syukur yakni dengan mengingat Allah SWT. Di mana pun, kapan pun senantiasa mengingat Allah SWT guna mensyukuri atas nikmat yang telah diberikan.

Mulai dari udara yang bisa dihirup, kenikmatan ketika makan, tidur dan sebagainya. Bersyukur dari hal terkecil dengan menyertakan Allah SWT dalam pikiran dan hati akan membantu seseorang terhindar dari serakah dan sombong.

Mengingat Allah bisa dilakukan dengan banyak berdzikir, melafalkan kata-kata indah serta pujian terhadap Allah SWT. Hal ini dapat dilakukan dengan banyak mengucapkan kalimat tasbih, tahmid, takbir dan tahlil. Selain menenteramkan hati juga akan membantu menikmati karunia dan nikmat Allah yang berlipat ganda.

2. Meningkatkan Ketaqwaan

Selanjutnya, bersyukur dapat dilakukan dengan perbuatan yakni dengan cara meningkatkan ketaqwaan. Senantiasa berusaha menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Sebagai contoh, yakni dengan mendirikan shalat fardhu, membaca Al-Qur’an, berpuasa, menjauhi perbuatan yang dilarang, seperti berzina, berjudi, minum khamr dan sebagainya.

3. Senantiasa Membantu Orang yang Membutuhkan

Suatu nikmat yang diberikan oleh Allah hendaknya disikapi dengan penuh rasa syukur. Cara yang bisa dicoba yakni dengan cara membantu sesama yang membutuhkan. Semisal, jika diberikan harta berlebih, maka jangan lupa untuk bersedekah kepada orang lain yang membutuhkan. Hindari sikap serakah yang tak pernah puas terhadap apa yang telah dicapai. Jangan ragu untuk menolong sesama.

4. Mengedepankan Ikhlas dan Menghindari Iri

Tidak sedikit manusia yang merasa dirinya kurang. Hal ini sebagai salah satu tanda bahwa tidak bersyukur terhadap nikmat yang telah Allah SWT berikan.

Perihal duniawi, berhentilah melihat ke atas, agar terhindar dari rasa iri. Sebaliknya, menunduklah dan lihatlah orang lain yang amat membutuhkan pertolongan. Jadi, senantiasa bersyukur dan ikhlas terhadap apa yang Allah takdirkan.

5. Senantiasa Menjaga Nikmat yang Telah Diberikan

Jangan lupa untuk menjaga nikmat yang telah Allah berikan. Sebagai contoh sederhana yakni nikmat diberikan sehat, maka hendaknya menjaganya dengan baik.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara berolahraga, makan dan minum yang sehat dan bergizi, menyeimbangkan diri antara aktivitas dan istirahat yang cukup. Diberikan kekayaan alam yang melimpah, hendaknya dijag dengan tidak membakar hutan, membuang sampah sembarangan dan sebagainya.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah beberapa cara yang hendaknya diterapkan untuk bersyukur kepada Allah SWT terhadap nikmat yang telah diberikan.

Semoga senantiasa dapat keistiqomahan dalam melakukan kebaikan serta menjaga nikmat yang telah diberikan. Aprilia Manganang yang kini mendapatkan kenikmatan yang tiada terkira, semoga dapat menyikapinya dengan penuh rasa syukur. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY