Tanggapan Islam tentang Ms. Marvel sebagai Superhero Muslim

0
958
Ms. Marvel

cahayaislam.id – Selasa, 15 Maret 2022 kemarin, baru saja Disney+ Hotstar merilis trailer dan juga poster terbaru dari serial Ms. Marvel. Salah satu seri dari Marvel Studios ini akan ditayangkan mulai Rabu, 8 Juni 2022 mendatang di platform tersebut.

Dalam trailer yang dirilis, tampak penampilan dari superhero terbaru Marvel Cinematic Universe (MCU), YAITU Ms. Marvel. Dia berusaha menyeimbangkan kegiatan dalam kehidupan yang dijalaninya, mulai di sekolah, di rumah, dan di berbagai tempat sambil mengendalikan kekuatan super miliknya,

Tentang Serial Film Ms. Marvel

Ms. Marvel akan memperkenalkan Kamala Khan, seorang remaja Muslim di Amerika yang lahir juga tumbuh besar di Jersey City. Kegemarannya adalah bermain video game dan menulis cerita fan-fiction.

Selain itu, Kamala juga menjadi penggemar berat Superhero yang sangat kuat dan imajinatif, yaitu Captain Marvel. Selama hidup, remaja ini selalu diabaikan oleh orang-orang di sekitarnya hingga suatu saat dia mendapatkan kekuatan super layaknya superhero yang dia idolakan.

Kamala Khan akan diperankan oleh Iman Vellani, serial ini juga dipenuhi dengan beberapa bintang terkenal. Mulai dari Aramis Knight, Rish Shah, Zenobia Shroff, Matt Lintz, Sagaar Shaikh, Mohan Kapoor, Laith Nakli, Azhar Usman dan masih banyak lagi.

Serial Ms. Marvel disutradarai oleh Adil El Arbi dan Billal Fallah, Meera Menon dan Sharmeen Obaid Chinoy.

Nah, Sobat Cahaya Islam, ulasan di atas menyebutkan bahwa Kamala Khan menjadi seorang Muslim berkekuatan super. Hal ini tentunya membuat Sobat penasaran dengan pahlawan perempuan pada jaman dahulu yang membela agama Islam. Siapa saja?

Ada banyak peperangan yang terjadi pada masa hidup Rasulullah SAW. Beberapa pejuang mati-matian berlaga di medan perang untuk membela agama Allah SWT.

Salah satu dari mereka ada juga kaum hawa yang menginspirasi, karena keberanian mereka yang tidak kalah dibandingkan dengan kaum adam.

Dalam QS Al Furqan ayat 52 menyebutkan:

وَلَوْ شِئْنا لَبَعَثْنا فِي كُلِّ قَرْيَةٍ نَذِيراً فَلا تُطِعِ الْكافِرِينَ وَجاهِدْهُمْ بِهِ جِهاداً كَبِيراً وَما أَرْسَلْناكَ إِلَّا مُبَشِّراً وَنَذِيراً

“Jika mau, kami utus di setiap perkampungan seorang pemberi peringatan. Jangan patuhi orng-orang yang kafir. Dan jihadi mereka dengannya dengan jihad besar. Dan kami tidak mengutusmu kecuali sebagai pemberi kabar bahagia dan peringatan.”

Pahlawan Perempuan Islam yang Berlaga di Medan Perang

Sebagaimana Ms. Marvel yang bertarung melawan penjahat, jaman dahulu pun ada banyak perempuan yang terjun ke medan laga yang tak kenal takut pada kematian. Siapa saja?

Shafiyyah binti Abdul Muthalib

Yang pertama, Shafiyyah binti Abdul Muthalib adalah bibi dari Nabi Muhammad SAW. Bahkan Shafiyyah mendapatkan julukan Ibunda Hawari, yan artinya pengawal setia.

Ms. Marvel

Awalnya Shafiyyah hanyalah pengantar air bagi pejuang yang haus di medan perang, dia juga mengobati orang yang terluka dan mempersiapkan panah bagi mereka.

Namun saat pasukan dari Rasulullah SAW kewalahan dan banyak yang tumbang hingga mundur, justru Shafiyyah maju dan tak tinggal diam. Dia meraih tombak dan mengacung-acungkannya kepada kaum Muslimin yang lari berhamburan meninggalkan Rasul.

Demi melindungi benteng pun, Shafiyyah berjuang membunuh kaum Yahudi yang ingin merusaknya. Wanita ini disebut juga Muslimah pertama yang membunuh orang musyrik.

Khaulah binti Azur

Yang kedua, Khaulah binti Azur adalah wanita yang dengan gagah berani menunggangi kuda dengan memakai cadar. Dia bertempur tanpa lelah tanpa menebas musuh barisan kaum Romawi demi menyelamatkan saudaranya yang tertawan, yakni Dhirar bin Azur.

Ms. Marvel

Demikian di atas adalah ulasan mengenai Ms. Marvel yang menjadi superhero muslim di serial terbaru serta pahlawan perempuan yang ikut berlaga di jaman Rasulullah SAW.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY