Suara Dentuman Di Jawa Tengah, Ingat Kisah Kaum Nabi Syuaib?

0
89

Suara Dentuman – Warga di beberapa wilayah Jawa Tengah digegerkan oleh suara dentuman pada Senin 11 Mei 2020 dinihari. Suara dentuman misterius terdengar saat warga sedang tidur. Daerah yang mendengar suara dentuman tersebut meliputi Sragen, Boyolali, Solo, Salatiga, dan Purwodadi. Hingga saat ini belum diketahui suara apa itu.

Suara seperti dentuman juga pernah terjadi tepat sebulan lalu di wilayah Jabodetabek. Pada tanggal 11 April, warga di wilayah Jabodetabek mendengar dentuman misterius. Ada berita yang mengatakan bahwa suara tersebut berasal dari aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau.

Beberapa hari lalu ada berita-berita yang membuat heboh warga. Isu yang beredar luas tersebut menyebutkan kemunculan dukhan disertai bunyi dentuman keras di pertengahan bulan Ramadhan. Padahal berita itu bersumber hadist palsu yang menyebut adanya kabut asap (dukhan), dan dentuman di tanggal 15 Ramadhan.

Bunyi dentuman misterius yang mengagetkan warga di beberapa daerah di Jawa Tengah memunculkan berbagai persepsi. Ada yang mengatakan suara itu berasal dari Gunung Merapi. Ada juga pendapat bahwa suara misterius tersebut merupakan tanda-tanda gempa besar akan terjadi. Sambil tetap waspada, warga diminta menunggu keterangan resmi mengenai penyebab suara dentuman itu.

Suara Dentuman Yang Membinasakan Negeri Madyan

Suara dentuman yang terjadi di beberapa daerah Jawa Tengah mengingatkan Sobat Cahaya Islam tentang kisah kaum Nabi Syuaib. Nabi Syuaib diutus Allah ke sebuah negeri bernama Madyan. Beliau ditugaskan untuk mengajak kaum Madyan ke jalan Allah.

Kehidupan masyarakat Madyan waktu itu menyimpang dari tauhid. Mereka menyembah berhala, melakukan ritual adat yang sesat, dan pergaulan yang munkar. Nabi Syuaib berdakwah kepada kaumnya agar mengakui dan menyembah Allah.

Meskipun Nabi Syuaib selalu mendapat cacian dan makian, namun dia tetap berusaha mengajak kaumnya pada jalan yang benar. Dari sekian banyak kaum Madyan, hanya sedikit saja yang mau mengikuti Nabi Syuaib.

Nabi Syuaib dan pengikutnya selalu mendapat ancaman dan cacian dari orang-orang kafir Madyan. Bahkan Nabi suaib beserta pengikutnya diancam akan diusir. Namun, beliau dan pengikutnya tetap semangat berdakwah mengajak orang-orang menyembah Allah.

Azab Dari Allah Untuk Kaum Nabi Syuaib

Nabi Syuaib selalu sabar menghadapi ancaman dari penentang dakwahnya. Berbagai cara dakwag dia lakukan untuk menyadarkan umatnya. Nabi Syuaib pernah dituduh sebagai penyihir saat menyampaikan kebenaran dari Allah yang didukung dengan dalil dan bukti nyata. Bukannya beriman kepada Allah, mereka malah menantang Nabi Syuaib untuk memperlihatkan azab dari Allah.

“Maka tatkala mereka melupakan apa yang diperingatkan kepada mereka, Kami selamatkan orang-orang yang melarang dari perbuatan jahat dan Kami timpakan kepada orang-orang yang zalim siksaan yang keras, disebabkan mereka selalu berbuat fasik.” (QS. Al-A’raf ayat 165)

Nabi Syuaib pun menyetujui permintaan orang-orang yang hatinya telah tertutup itu. Tidak ada harapan untuk mengajak lkaumnya agar meninggalkan pergaulan buruk, kesyirikan serta kemaksiatan. Dia pun memohon kepada Allah agar menurunkan azab bagi kaumnya.

Allah mengabulkan permintaan Nabi Syuaib. Pertama, Allah membuat suhu udara menjadi panas di negeri Madyan. Suhu panas itu bisa membuat kering tenggorokan yang tidak bisa diobati dengan minum air. Panasnya juga dapat membakar kulit orang-orang dan tidak ada obatnya.

Kemudian Allah menurunkan awan hitam. Orang-orang Madyan kemudian berebur untuk berteduh di bawahnya. Tidak disangka oleh siapapun di sana, ternyata awan itu menurunkan percikan api, bukan air. Percikan api dibarengi dengan suara petir dan bunyi dentuman hebat. Tanah di bawah mereka juga ikut bergoncang keras. Mereka saling berjatuhan dan tertimbun dengan satu dan lainnya.

Peristiwa itu menjadi peringatan bagi kita semua bahwa azab Allah itu ada. Suara dentuman yang terjadi di berbagai daerah hendaknya menjadi peringatan bagi kita semua. Jauhi perbuatan maksiat dan selalu memohon ampun kepada Allah. Allah tidak akan mendatang azab bagi orang-orang yang bertqwa kepada-Nya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!